Loading...

Semua yang perlu lo tau dari iPhone 6S dan iPhone 6S Plus #AppleEvent


Setelah begadang semaleman nontonin Live Streaming #AppleEvent, ternyata hasilnya worth it. Buat gue, melihat sebuah inovasi baru dan teknologi baru adalah sebuah pengetahuan yang sangat berharga banget, terutama untuk orang seperti gue yang suka banget dengan perkembangan dunia teknologi.

Suasana #AppleEvent 9 September 2015 di Bill Graham Civic Auditorium - San Francisco


Jadi apa aja yang perlu lo tau tentang #AppleEvent semalem, terutama tentang iPhone barunya? Kelebihan dan kekurangannya? Apakah elo harus beli? Apa aja yang beda iPhone 6 dan iPhone 6s? Ini dia:
1. iPhone 6s dan iPhone 6s Plus warna baru, Rose gold.


Ki-Ka: Silver, Gold, Space Gray, Rose Gold.
Yup, warnanya mirip kayak warna yang Gold. Soft gitu warnanya, tapi bedanya ini semacam pink tapi agak lebih light sedikit. Cewek-cewek feminim pasti banyak yang lebih suka sama iPhone 6s/iPhone 6s Plus yang warna ini deh.


2. Kamera iSight dan Facetime baru.

Kamera iSight atau kamera belakang iPhone 6s dan iPhone 6s Plus sekarang 12 Megapixel.

“Yailah udah tahun segini baru aja 12 megapixel? HP yang lain udah lama!!”

Banyak orang yang bilang gitu, tapi, gue tau banget Apple dari zaman nenek masih remaja dulu, Apple itu nggak akan ngeluarin produk yang bagus sampai bener-bener BAGUS banget baru dikeluarin. Sensor kameranya boleh jadi 12 Megapixel, tapi bener-bener true 12 Megapixel. Nanti kalo gue udah punya bakalan gue share lagi di sini, so jangan lupa follow gue di instagram/twitter: @benakribo.




Hasil foto dari iPhone 6s sangat tajam, tanpa editan sama sekali (kecuali lighting dari sananya)
Dengan sensor baru ini, auto focus jadi lebih cepet, cahaya yang masuk juga lebih banyak jadi hasilnya bakalan lebih terang dari sebelumnya, lower noise dan juga hasil warna fotonya semakin akurat dengan warna asli yang kita lihat dengan mata kita sendiri. Kalo pake Flash juga hasilnya nggak lebay kayak ada petir, berkat True Tone Flash.




Hasil foto iPhone 6s di tempat dengan kondisi sangat gelap. Noisenya tidak begitu kelihatan.
Kamera Facetime atau kamera depan juga udah upgrade dari HD ke 5 Megapixel. Dan sekarang kamera dengan juga ada Flash-nya yaitu Retina Flash. Apa itu? Jadi saat kita ambil foto selfie dan flashnya ON, nanti layar iPhone-nya juga bakalan nyala. Bedanya apa? Layarnya nyala nggak sekedar nyala, tapi nyalanya sesuai dengan warna yang ada di sekitar kita, jadi nggak melulu warna putih. Supaya hasilnya tetep bisa sesuai dengan warna aslinya dan nggak lebay terangnya.
3. Prosesor baru.
Seperti biasa tiap tahun Apple ngeluarin produknya dengan prosesor yang baru, dan selalu 2x lebih cepat dari sebelumnya. Yup, prosesor di iPhone 6s dan iPhone 6s Plus adalah prosesor A9 chip.

Prosesor M9 di dalam A9 chip.
Prosesor graphic-nya gimana?

Prosesornya juga baru, M9 chip, bahkan ukurannya lebih kecil lagi dari sebelumnya sampai-sampai bisa di-embed kedalem prosesor A9 chip! Gile bener!!!



4. 4K video.
Ini dia salah satu yang paling gue suka!!! 4K video!!!! Kalo Apple udah berani ngeluarin iPhone yang bisa 4K video, itu berarti 4K videonya bener-bener bagus, nggak cuma sembarangan 4K! Yup, dengan 4K video, hasil video kita sampai at least 10-20 tahun ke depan bakalan aman banget dan pastinya siap dengan perkembangan teknologi yang masih akan terus meningkat di tahun-tahun depan.


Total ada 8 juta pixel dalam satu frame.
Pilihan setting rekam videonya bakalan jadi:
- 720p HD at 30 fps
- 1080p HD at 30fps
- 1080p HD at 60fps (1 menit video akan makan memori 200 MB)
- 4K at 30fps (1 menit video akan makan memori 375 MB)
- dan untuk Slo-mo - 720p at 240 fps

Yang lebih asik lagi, ngedit 4K video di iMovie yang ada di iPhone itu bakalan lancar banget, nggak ngelag berkat prosesor A9 dan M9 chip.


5. 3D Touch
Ini dia inovasi terbaru dari Apple untuk iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. 3D touch ini seperti ‘Force Touch’, yaitu iPhone bisa mendeteksi seberapa besar tekanan jari kita saat menyentuh layar. Sentuhan pelan dengan sentuhan lebih kenceng bakalan beda efeknya. Dan 3D touch ini fungsinya macem-macem banget.




Mulai dari ngintip/preview sesuatu (seperti contoh di gambar), tekan lebih kencang untuk multitasking/pindah apps, bahkan saat di homepage, saat kita 3D Touch icon sebuah aplikasi, bisa keluar sebuah menu shortcut, mirip-mirip kayak ‘Klik Kanan’ gitu deh. Kayak contohnya kalo kita 3D Touch icon Camera, bisa langsung ada pilihan untuk Selfie, Video Camera, ataupun Slo-mo.



1. Ini contohnya lagi ngeliat chat di iMessage. Dia ngirim 'Jam', 'Flight Number' sama 'Link'.
Nah pas di 3D Touch/teken sedikit, bakalan jadi...
2. 3D touch ke jam, bakalan langsung preview ke Calendar.
3. 3D Touch ke Flight Number, langsung keluar info penerbangan.

4. 3D Touch ke link, akan preview link tersebut. Gile!
Begitu pula untuk Instagram, bisa langsung ada pilihan shortcut untuk Upload photo/video, masuk ke Activity, ataupun Search. Banyak banget deh yang bisa diulik dari sini! Pasti ke depannya bakalan makin efektif! Gokils!



6. Strongest Cover Glass & 7000 series aluminum.
Seperti biasa, upgrade terus Cover Glassnya. Segimana kuatnya? Kita tinggal tunggu aja ada orang-orang yang bikin drop test dan test-test lainnya di Youtube! Dan dari bodynya itu sendiri, ada sedikit upgrade (lebih tebel dikit tapi tetep ringan) yang katanya jadi lebih kuat dari sebelumnya yang bisa sampe bengkok!
7. Live Photos
Ini juga salah satu feature yang baru. Live Photos. Jadi nanti saat kita pake aplikasi Camera, bakal muncul satu simbol baru di bagian atas, bulet-bulet gitu. Nah itu buat Live Photos.




Kita akan ambil foto seperti biasa, 12 megapixel foto. Tapi berkat Live Photos ini, iPhone kita sekalian ngambil video singkat momen yang terjadi saat kita ambil foto tersebut. 1,5 detik sebelum kita ambil foto dan 1,5 detik setelah kita ambil foto. Buat apa? Supaya saat kita lihat foto ini nanti dari Camera Roll, dengan 3D Touch, kita bisa inget kembali momen singkat saat kita ambil foto tersebut. Satu lagi, Live Photos ini juga ada suaranya, langsung bisa diliat dan didengerin dari Camera Roll dengan 3D touch (semacam Force Touch). I love it. Gue suka banget cara Apple bener-bener menghargai setiap momen yang terjadi dalam hidup kita, salah satunya dengan Live Photos ini.

Oiya, Live Photos ini juga bisa dijadiin Wallpaper. Jadi saat kita 3D Touch (teken agak kenceng) di lock screen/saat iPhone terkunci, nanti wallpapernya bakalan gerak-gerak. Cocok buat naro Live Photos gebetan pas lagi unyu-unyunya, biar bisa diliat terus setiap ngeliat handphone.
8. Casing iPhone 6 gue muat nggak di iPhone 6S?
iPhone nggak ngasih info apa-apa tentang casing. Tapi kalo kita liat dari spesifikasi iPhone 6 dan iPhone 6S juga yang Plus. Ada sedikit perbedaan.

Seperti di iPhone 6 dan iPhone 6S, tinggi dan lebarnya tetep sama. Tapi iPhone 6S lebih tebel 0.2mm dari iPhone 6.

Kalo iPhone 6S Plus, tinggi, lebar dan ketebalannya nambah sedikit banget sekitar 1-2mm.



Casing / Accessories original dari Apple.
Jadi casing iPhone 6 yang lama muat nggak? Bisa jadi iya bisa jadi nggak. Tapi kalo casing iPhone 6 / iPhone 6 Plus lo terbuat dari bahan Silikon atau yang agak bisa stretch, mungkin aja masih muat. Amin…… Daripada harus beli casing lagi kan capek gila heuheuheu
9. iOS 9 kapan?
iOS 9 juga bakalan muncul sebentar lagi yaitu tanggal 16 September 2015. Apa aja fitur barunya gue bakalan jelasin di artikel yang berikutnya yaa. Oiya, semua iPhone 6S juga sudah pre-installed iOS 9.


10. Harga
Good news banget. Harga iPhone 6s dan iPhone 6s Plus dibikin sama dengan harga iPhone 6 dan iPhone 6 Plus saat keluar tahun lalu. Jadi otomatis harga iPhone 6 juga bakalan turun.


Tapi, harga di atas itu adalah harga dengan 2 tahun kontrak sama Provider di Amerika.

Nah berapa harganya pas masuk Indonesia?

Harganya bakalan mirip sama iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Kira-kira kisarannya seperti ini:

iPhone 6s (16GB) =~ Rp 9.500.000
iPhone 6s (64GB) =~ Rp 10.800.000
iPhone 6s (128GB) =~ Rp 11.500.000
iPhone 6s Plus (16GB) =~ Rp 10.500.000
iPhone 6s Plus (64GB) =~ Rp 11.800.000
iPhone 6s Plus (128GB) =~ Rp 12.700.000

=~ artinya ‘sekitar’

11. Apa gue harus beli?

Banyak orang yang bilang masih banyak handphone lain yang Spesifikasinya lebih bagus dari iPhone 6 ataupun iPhone 6 Plus. Tapi spesifikasi lebih bagus bukan berarti kualitasnya lebih oke. Lebih tepatnya lagi, kalian harus cobain langsung gadget tersebut baru deh bisa nilai sendiri.

Well, gue sendiri dulu anak Nokia banget. Bahkan dulu gue nggak mau punya iPhone dan belum tertarik ke Android. Tapi sejak gue beli iPhone 3GS beberapa tahun lalu, gue langsung nempel dan nggak mau pindah lagi. Udah PeWe banget. Performa iPhone itu mulus banget, nggak lemot, aplikasinya banyak banget yang powerful, durable, fotonya bagus banget, dan lain-lain. Lagipula sekarang kalo misalnya iPhone rusak udah banyak tempat buat ngebenerin iPhone, terutama kalo baterenya misalnya bermasalah.

Memang sih iPhone itu mahal, tapi kalo kalian belum pernah nyobain iPhone, jangan ngejudge dulu, mending cobain dulu aja paling nggak iPhone 5, yang bakalan turun lagi harganya akhir tahun 2015 ini.

Nah kalo kalian adalah orang-orang yang dengan mobilitas tinggi, butuh segala sesuatunya bisa dikerjain cepet, canggih, selalu update sama inovasi baru, suka banget bikin video, dan pengen hasil fotonya tetep bagus diliat untuk minimal 10 tahun ke depan, dan pastinya punya duit lebih, silakan beli iPhone 6s atau iPhone 6s Plus.

Gue saranin lebih baik iPhone 6S 64 GB. Itu menurut gue udah paling pas. Ukurannya nggak terlalu gede, dan memorinya pas banget. Kalo kepenuhan tinggal copy aja ke komputer. Kalo butuh layar gede (plus video stabilization/gymbal) baru belinya iPhone 6S Plus. Selamat nabung! :D

12. Masuk Indonesia kapan?


Apple iPhone 6S dan iPhone 6S Plus sudah bisa di pre-order tanggal 12 September 2015 tengah malem waktu setempat. Dan akan mulai muncul di Apple Retail Store tanggal 25 September 2015, di beberapa negara besar, tidak termasuk Indonesia, hiks.

Summary dari spesifikasi iPhone 6S dan iPhone 6S Plus yang baru.
Kira-kira kapan masuk Indonesia? Seperti iPhone 6 tahun lalu, masuk Indonesia sekitar akhir tahun 2015 atau awal tahun 2016. Jadi agak sabar sedikit ya! Kalo misalnya nggak sabar silakan langsung aja nyeberang ke Singapore, dan beli di sana, oke! Titip satu ya!

Di #AppleEvent semalem nggak cuma ngomongin iPhone baru aja, tapi juga ngomongin tentang beberapa hal lainnya seperti Apple Watch OS 2.0, new iPad Pro, new Apple TV, new Apple Pencil dan lain-lain. Cek artikel lainnya tersebut dari homepage www.benablog.com soon!

benablog.com - life journal, what's trending and everything youth need to know.
video 1880992211179691449

Post a Comment

  1. Udah nunggu dari pagi post tentang ini...

    ROSE GOLD IS A MUST!
    Girang banget gue liat warna + harganya. Bwahahaha
    Oiya dan jangan lupa, RAM nya 2GB, Beeen. Udah confirmed tadi. YESSS!

    Tapi emang bener banget, sekali ngerasain pakai iPhone emang beda. Dulu gue pake nokia juga sebelum iPhone, sampai sekarang sih belum pernah nyentuh Android. Tapi dikasih Android juga belum minat sih *Android user dilarang protes :p*
    Ditunggu tentang Apple Watch OS 2.0, new iPad Pro, new Apple TV, sama new Apple Pencil yaaa.

    ReplyDelete
  2. sayang sampe sekarang belum ke beli bang, moga aja dapet yahhh,, hiks2, maklum di bagi2 buat yang lain

    ReplyDelete
  3. Wah, kak Bena gila banget produk Apple nih, hehe.

    ReplyDelete
  4. Gue punya ipod touch 5 generation dan emang performanya beda bgt sih sama android atau hp2 lainnya. Biarpun memori tinggal 200MB, ngga pernah ngelag atau jd lemot. Karna kalo android gue internal memory sisa dibawah 500MB jd lemot dan sering hang. Urusan kamera juga gue msh ngandelin ipod touch gue, karna warnanya lebih real dan tangkepan cahayanya jauuuuh lebih baik dr android gue. Pengen upgrade ke iphone tp bugdet blm bisa kesitu, mesti sabar2 dulu nunggu harga iphone 5s jd sejuta hahahaha

    ReplyDelete
  5. Kepengen banget punya iphone 6s yg gold ... tapi paling nanti gw akhirnya cuma bisa melongo donk sih, kaga mampu belinya juga .. beliin dun Ben .. satu aja .. atau lu bikin kuis kek supaya gw bisa dapet .. hehehe...

    ReplyDelete
  6. Yah, belom punya rejeki lebih sih buat nyicipin produk apple. Yah, kalo udh ad duitnya sih dah lgsg sikat.



    Mendingan dikasih tips nabung sekalian bang ben. Tips nabung ala bang bena.


    Gitu.

    ReplyDelete
  7. inovasi apanya gan,, yang gini udah ada semua dari 2013

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah beberapa tahun terakhir udah bisa menikmati produk Apple. Dan yak bener apa kata Bang Bena, kalo udah pernah pake, nggak bakalan pindah ke lain hati. Malah pengin upgrade aja terus. BTW nice info, lupa nggak streaming. Biasanya nonton tapi kemaren nggak. Hiks. Paling nanti aja di channel youtube-nya Apple.

    ReplyDelete
  9. Artikelnya mantab banget....kayak iphone terbarunya...juga mantab. Emang apple kalau udah ngeluarin produk dijamin bagus, yang jelas perkembangan processor M9 chip more faster dan simple. Congrat-lah buat Apple iPhone 6S dan iPhone 6S Plus

    ReplyDelete
  10. BONUS FREECHIP Rp 15.000
    1. minimal depo 40.000,(40.000+15.000)
    2. khusus NEW MEMBER!
    3. minimal Turn Over 3x dari deposit + bonus
    4. Like Fanspage PokerJvb88 dan SHARE Postingan ini
    5. Setelah Like dan Share , silahkan copy paste link ke livechat WWW.JAVABET.NET untuk ketersediaan FREECHIP (KONFIRMASI TERLEBIH DAHULU SEBELUM REGISTER)
    6. Apabila FREECHIP masih tersedia maka anda berhak untuk mendapatkan FREECHIP,
    7. silahkan register dan beritahukan user id kepada cs kami
    8. Diharuskan Pemilik Akun Facebook Aslinya
    9. Mempunyai minimal 100 teman Facebook
    10. Withdraw hanya akan di proses ke bank yang terdaftar di account pemain
    11.Support 4 BANK (BCA, BRI, BNI, MANDIRI, )
    12.Promo ini hanya berlaku untuk 50 orang pendaftar pertama.

    Klik Link Disini http://www.jvb88.com/ref.php?ref=AST12

    ReplyDelete
  11. gua make ipad 2 dari 2011 gak ada lemot *walaupun udah diservice gara-gara kebanting* tapi cepet banget, 64 gb, download file sebesar 25 mb secepet kilat, cuma 4 menit.

    ReplyDelete
  12. para pengguna android sih pasti mencibir phoduk iphone karena pasti mereka belum mencoba, tapi ketika mereka mencoba pasti mereka tertarik untuk menggunakan iphone.
    investasi cerdas itu seperti apa sih?? yuk simak di sini

    ReplyDelete
  13. iphone udah 6s.. gw beli iphone 5s aja masih gak sanggup.. ampun dah...

    ReplyDelete
  14. Itu keren euuyyy ada live photos gitu.
    Pengeeeeeennnnn. Langsung mupeng.
    Punya gue aja masih yang iPhone 4, itu dulu nabungnya juga lama banget. Hahaha. Sekarang keluar yang 6S. Harganya bikin geleng-geleng.

    ReplyDelete
  15. isi artikelnya lengkap sekali dan terperinci, sharing informasi yang bagus, jadi tertarik mau pake iphone6 deh...fitur2nya keren...

    ReplyDelete
  16. Artikelnya keren banget kabena, ane baru tau klo IPhone 6 secanggih itu
    suka sama yang 3D touch :)

    btw, izin blogwalking kak bena.. Siapa tau blog ane bisa secanggih Iphone 6/? lol

    akmalshldn.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  17. aku udah beli kemarin, Walaupun masih nyicil... (hadiah nilai bagus disekolah tanpa les satu semester ini) ^_^

    ReplyDelete

Silakan bebas comment :) Promosiin blog sendiri di dalam comment lebih baik daripada nyebar Spam di dalam comment box blog orang. I really appreciate it! Thank you! :D

emo-but-icon

Home item

My Steller Stories

Random Posts

Blog Archive

Follow My Twitter

My Clothing Line

Statistics