Sunday, May 22, 2016

Apa Aja Yang Harus Siap Sebelum Nikah? - (Before) Married Life Part 4


Penasaran banget perasaan orang mau nikah kayak apa?

Hi guys, back with me Benakribo. Setelah gue beberapa kali upload video di youtube tentang perjalanan pernikahan, gue memutuskan untuk cerita juga dalam bentuk tulisan di blog ini, karena nggak semua bisa direkam dan juga divisualkan. That’s why ‘TEXT’ is still and will always be powerful.

Sejak beberapa tahun terakhir, gue sering banget ketemu sama temen-temen gue yang udah pada nikah. Hampir tiap minggu gue ada acara kondangan, yup, kalo kalian di umur-umur 22-24, itu weekend kalian biasanya bakalan kalian habiskan di acara nikahan temen kalian, terutama kalo temen lo banyakan cewek. Karena biasanya yang nikah duluan banyakan cewek :D

Dari situ gue udah berpikir dan ngebayang-bayangin, “kapan giliran gue ya?” “bakalan ribet banget nggak ya ngurusnya?” soalnya kalo kita cuma dateng ke nikahan temen saat hari H, kita sama sekali nggak tau perjuangan apa aja yang udah dilewatin para pengantin baru itu.

Sampai akhirnya tiba saatnya gue yang ngerasain hal itu. Tahun 2015, gue bilang ke Vendryana kalo gue mau menikah sama dia di tahun 2016. Dan gue juga udah ngelamar dia which was 3x, seperti yang mungkin kalian udah liat di video yang gue posting di youtube beberapa bulan lalu. Sampai tanggal 31 Januari 2016 gue resmi ngelamar Vendryana bersama keluarga.



Setelah lamaran, semuanya jadi berasa cepet. Waktu berjalan begitu cepat, meskipun saat itu hari pernikahannya masih beberapa bulan ke depan, tapi rasanya udah deket banget. Dan dari situ, mulailah bermunculan list-list yang harus gue persiapkan dan lakukan sebelum melangsungkan pernikahan. Nah gue mau share ke kalian, siapa tau bermanfaat buat kalian yang nanti bakalan ada di posisi gue. Tenang, gue orangnya detail kok, jadi gue akan share beberapa hal penting dan juga perintilan yang (biasanya) harus dilakukan sebelum pernikahan:

What’s the plan?

Sebagai cowok, lo harus udah pikirin rencana lo beberapa tahun ke depan setelah menikah. What to do, where to live, what’s the plan, where to go, when, why, and of course how to do it. Sebagai cewek, lo harus udah yakin bahwa lo menikahi seorang cowok yang sudah punya rencana dan mau bertanggung jawab penuh atas apa yang sudah gue tulis di atas barusan.

Kenalan sama keluarga besar pacar.

Mulai dari keluarga inti, keluarga besar, sampai sodara-sodara yang begitu banyak sampe begitu abis lo kenalan lo udah lupa namanya. Meetup demi meetup, pelan-pelan mulai akrab dan menjalin tali silaturahmi yang baik buat kedepannya.

This part for me personally is very hard. Karena gue sebenarnya adalah orang yang pendiem, sulit untuk berkomunikasi. So, I tried so hard supaya bisa ngeblend dan pelan-pelan akrab dengan semuanya. Even if necessary, gue siapin catetan tentang obrolan.. Iya agak lebay, but that's what I did.

Ngincer gedung.


It’s not as easy as 1 2 3. Saat lo mau menikah, lo nggak cuma menikah sama calon lo, tapi lo menikah juga dengan seluruh keluarganya. Keputusan nggak lagi cuma di elo berdua, tapi harus diomongin sama kedua belah pihak keluarga. 

“Apa aja tuh bang kalo soal gedung?” 

Mulai dari lokasinya, harganya, indoor/outdoor, available nggak tanggalnya? ada tempat nunggunya nggak? Ber-AC nggak? Ada tempat mandinya nggak? (ini dibutuhin kalo acara akad dan resepsi berlangsung di 1 hari, kadang banyak yang perlu mandi untuk ganti outfit dari akad ke resepsi), kapasitas berapa? Keluarga kejauhan nggak ke sana? Macet nggak? Gampang dikunjungi tamu nggak? Catering rekanannya siapa aja? Pengurusnya ‘enak’ nggak? Pembayarannya bertahap nggak? Tempat parkirnya dimana? Bisa berapa mobil? Ada satpam atau yang aturin parkir nggak? Parkir bayar nggak? Dan lain-lain.







Perawatan Diri Sendiri.

Namanya juga salah satu hari yang paling sepesial dalam hidup, pasti pengen tampil seganteng dan secantik mungkin kan? Yak. Mulai dari nurunin/naikin berat badan, perawatan muka, ngecilin perut, ‘rontokin’ ‘bulu’, ngilangin jerawat, putihin gigi, pedicure-manicure dan lain-lain.

"Kalo elo apa aja bang?"

Ehem, gue juga melakukan hampir semuanya yang gue tulis di atas barusan. Diet sih nggak terlalu, tapi gue coba ngurangin gorengan, ngurangin nasi, ngurangin karbohidrat, ya paling nggak gue ngebatesin deh makannya jangan barbar banget. Kalo muka, jerawat, gigi dan teman-temannya, gue udah sering share di Twitter, Instagram dan Snapchat. Gue ikut pre-wedding treatment dari Beautylosophy Clinic gitu namanya The Clinic di Cipete.


ini Vendryana lagi treatment Laser Spectra buat kecilin pori-pori, bikin kulit awet muda sama hilangin jerawat.
Mulai dari bersihin muka, bunuh bakteri penyebab jerawat, ngecilin pori-pori, ngilangin bekas jerawat, ngecilin perut, sampe ngerapihin dan ngeputihin gigi. Itu buat cowok, kalo buat cewek lebih banyak lagi treatmentnya terutama treatment yang ‘khusus untuk wanita’ banget. Alhamdulillah udah berjalan 3 bulan terakhir ini dan perubahannya signifikan dari gue yang dulu berantakan banget, hehe.

ini gue lagi treatment Vampire Facial / Fractional, buat ngilangin bekas jerawat, kecilin pori-pori dan bikin kulit awet muda.
Nah, kalo pedicure-menicure juga butuh, meskipun gue cowok. Kenapa? Buat apa? Pas akad nanti kan gue pake adat Jawa, dan gue juga bakalan menggunakan tangan gue untuk banyak hal seperti ijab kabul, pasangin cincin dan lain-lain saat acara. Apalagi kaki, gue ada prosesi panggih dimana kaki gue nanti nginjek telur dan dibersihin sama calon gue. Jadi kaki dan tangan gue harus bersih, karena bakalan di-shoot terus juga sama kameramen dan videografer kan..

Minta Izin sama orang tua calon

Balik lagi. Komunikasi buat gue adalah salah satu hal yang sulit. Di sini gue sangat men-challenge diri gue untuk harus bisa ngomong dan minta izin ke wali nikah untuk menikahi calon gue. Belum lagi kalo ditanya-tanya “Kenapa milih dia?” “Kamu kerja apa?” “Apa rencananya nanti?” Nah, itu harus udah bisa jawab. Jadi emang namanya mau menikah itu harus siap, nggak cuma sekedar pengen doang.


Mental yang kuat

Bukan cuma mental kalo kita itu udah bener-bener siap buat menikah, tapi juga mental saat kita ditanya sama orang tua, sodara atau kakak atau siapapun, tentang seberapa siap kita untuk menikah. Dan kita harus udah punya jawabannya, terutama cowok, harus tegas dan bener-bener nunjukkin kalo emang udah punya rencana jangka panjang buat kedepannya.


OKEH, Napas dulu guys. Semoga abis baca tulisan gue nggak pada takut ya buat nikah! Karena disini gue bukan mau nakut-nakutin, justru cuma ngasih gambaran aja tentang hal-hal yang bakalan kalian lewatin. Tenang aja, kalian pasti bisa ngelewatin semuanya kok. 

Orang mau nikah itu cobaannya banyak, tapi rejeki juga Insya Allah makin banyak juga.

Saran gue, buat kalian yang umurnya udah 20 ke atas, kalo udah punya pacar, harus udah pikirin kedepannya mau gimana. Karena cewek itu saat umur 20an adalah fase-fasenya pengen menikah. Kenapa? Karena memang masanya dan karena temen-temen terdekatnya juga pada nikah, jadi kebawa juga hahaha. Kalo udah di umur 25an, banyak cewek yang lagi produktif-produktifnya berkarir dan bisa jadi memilih untuk menunda menikah. Nah ini agak susah ini kalo udah di umur segitu, jadi saran gue sih, saat kalian emang udah siap dan punya rencana, jangan ditunda-tunda. Tapi kalo belum siap, ya jangan dipaksakan.

"Takaran siap atau nggaknya menurut bang bena gimana?"

Kalo dalam agama Islam yang gue pelajari (cmiiw), saat kita udah siap, dan sebagai cowok juga udah bisa menafkahi dan punya penghasilan, dan udah pengen cepet-cepet nikah (untuk menhindari hal-hal yang tidak diinginkan), itu hukumnya Wajib. Sama halnya kalo udah punya penghasilan, udah bisa menafkahi, tapi tidak ada ‘alasan’ mendesak untuk menikah, itu hukumnya Sunnah. Kalo misalnya belum punya penghasilan tapi mau menikah, itu hukumnya Makruh atau tidak dianjurkan.

Kami insya Allah siap! (edited by: @benedictustjiptoadi)
Kira-kira segitu dulu yang bisa gue share saat ini, lain waktu gue akan share juga lanjutan dari perjalanan gue menuju ke pernikahan, terutama nanti tuh saat udah nikah, disitulah awal dari hidup yang baru, new chapter, saat biasanya orang cuma rame-ramean sampe hari H pernikahan, tapi nggak tau gimana kelanjutannya setelah udah serumah.

Tenang guys! Gue pasti bakalan share lagi nanti, apalagi kalo udah serumah, gue dan Vendryana sama-sama suka sharing dan suka nulis, jadi pasti nanti lebih asik lagi karena bisa ngerjain hal-hal yang kita suka dan bareng-bareng.

Kalo ada pertanyaan boleh banget kalian tulis di komen ya! I’ll be more than happy to answer it!

Benakribo signing out! Ha ha ha hatchuh!

Follow social media account gue yang lain:
Snapchat, Instagram, Twitter - @benakribo | Steller @benazio
Youtube - http://youtube.com/benazio

Benablog.com - Life Journal, Geektalks, Tips & Tricks and Videos.

Share:

75 comments:

  1. mas bena sekarang lebih rapih ya,,,makin ganteng deh..heheheh

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mampir ke blog saya ya mas cerita seru saat mengurus surat numpang nikah, semoga bermanfaat --> http://rejiaqubardinal.blogspot.co.id/2014/09/episode-ketiga-kantor-urusan-agama.html

    Yang ini cerita seru hunying souvenir --> http://rejiaqubardinal.blogspot.co.id/2014/09/alfiandra-souvenir-episode-ke-empat.html

    Hunting undangan di pasar tebet --> http://rejiaqubardinal.blogspot.co.id/2014/09/hunting-undangan-di-pasar-tebet-wedding.html

    ReplyDelete
  4. My Favorite Couple !! Bang Bena Ka Vendry, semoga bahagia selamanyaaa..
    Ternyata nikah gak semudah yang diliat yaaa :') Banyak stepnya huhu. semoga bisa ketularan hehe ke aku :D

    ReplyDelete
  5. Gue agak sedikit merinding sih bacanya wkwk mungkin karena sambil ngebayangin juga. Nikah itu ceremonial yang sakral banget menurut gue. Jadi harus bener-bener mateng prepare-nya as you did.

    Umur gue udah 23. Masih belum kepikiran serius sih. Masih sebatas pengin doang nikah. Calonnya pun belum ada haha. Penginnya sih yang satu passion juga, sama kayak kalian. Biar saling ngerti satu sama lain termasuk antara kedua keluarga.

    Semoga selalu diberi kelancaran ya sampai hari H dan hari-hari setelahnya..

    ReplyDelete
  6. Mantap nih bang bena, selamat ya :)

    ReplyDelete
  7. Hahahaha..pedicure manicure itu wajib banget. Fotografer itu sering banget motretin printilan jari-jemarinya penganten, dan bagian itu sering mereka expose secara berlebihan. Dan foto itu kan hitungannya abadi, jadi jangan sampai deh ada cacat sedikit pun pada jari tangan biarpun cuman bekas kegores sedikit aja.

    ReplyDelete
  8. itu ngincer gedungnya kagak pakai BAZOOKA kan bang?
    mbuehehe...

    ReplyDelete
  9. Selamat buat pernikahannya ya bang ben dan mbak ven. semoga selalu dalam lindungan Allah SWT AAMIIN....

    ReplyDelete
  10. Jadi kepengen nikah gw.. Muahaha

    Modalnya,, modalnyaaa

    ReplyDelete
  11. Kudu siapin cincin kak! hehe

    ReplyDelete
  12. terimaksih informasi jelang pernikahannya, saya jadi pengen cepat menikah..hehe umur saya juga udah 21 hehee

    ReplyDelete
  13. wah mantap bener nih benablog, keren ...

    ReplyDelete
  14. hmm tempatnya kece banget tuh, jadi pengen hehehe

    ReplyDelete
  15. mas bena skr makin ganteng aja nih,,,kumisnya mantap dah kayak joe taslim. hehehe

    ReplyDelete
  16. sabar-sabar bena...saya sudah merasakannya...sukses terus yaa...jangan lupa persiapan agama :)

    ReplyDelete
  17. Siapkan segalanya, kalo bisa jangan terburu buru kalo belum mateng hheee...

    ReplyDelete
  18. Maaf bang, kalau part 1 & 2 di mana ya? Yang ini juga belum di baca sih, hehe. Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  19. wah emang byk cobaaan apalagi klo deket- deket hari H. jadi saling pengertian dan mengalah biar ttp on the track. sukses mas

    ReplyDelete
  20. Selamat Yah buat pernikahannya bang.. :)

    Semoga ane nyusul :(

    ReplyDelete
  21. yang jelas harus siap lahir batin

    ReplyDelete
  22. Selamat buat pernikahannya ya bang ben dan mbak ven. semoga selalu dalam lindungan Allah SWT AAMIIN....
    Blog Viedo Lucu

    ReplyDelete
  23. Menurut saya yang paling penting dipersiapkan adalah uang. Klo ga ada ada uang ga bisa nikah.

    ReplyDelete
  24. lamarannya seru banget bang. Dapet konsep dari mana?

    ReplyDelete
  25. www.benablog.com memang keren

    ReplyDelete
  26. ane pernah mau nikah tapi batal gan,,,,gara2 calon ane direbut atau ditikung sahabat sendiri...

    best regard :
    Jasa air mampet di bekasi

    Jasa air mampet di karawang

    ReplyDelete
  27. Wah, seru juga baca tulisannya.
    Walau persiapannya banyak, tapi semoga semuanya terbayar setelah melewati hari H.

    ReplyDelete
  28. Wah, jadinya kalau mau nikah emang harus bener-bener matang yaa bang persiapannya. Soalnya ini untuk hubungan sehidup semati. :D

    https://susahngomongr.wordpress.com/

    ReplyDelete
  29. wew...banyak banget persiapannya yak, btw thank buat infonya dan selamat menempuh hidup baru bang, hehehe...

    ReplyDelete
  30. Semoga menjadi keluarga yg SMAWA ya bg bena. Aamiin.

    ReplyDelete
  31. Prikitiw.. jadi pengen rencanain buruan

    ReplyDelete
  32. baru baca lagi blog ini, rambutnya udah gak keribo y.haha Barakallah bra atas pernikahanya

    ReplyDelete
  33. selamat ya semoga selalu bahagia
    o ya jangan lupa kunjungi blog saya ya sob di www.judikasinobet.blogspot.com

    ReplyDelete
  34. selamat om atas pernikahannya. semoga langgeng yess

    ReplyDelete
  35. Wow..banyak juga ya persiapannya, tapi untuk yang diharapkan terjadi sekali dalam seumur hidup ini, persiapan kudu dilakukan dengan baik.

    ReplyDelete
  36. yang pertama sama sama memiliki visi, sama sama cinta, trus yang terpenting sudah siap secara mental dan finansial menurut ane gan...ahahaha

    best regard :
    Jasa air mampet di bekasi

    Jasa air mampet di karawang

    ReplyDelete
  37. Anjrit ngakak gw bacanya hahahha untuk aja gw belum punya cewe kalo udah mungkin gw kebelet banget pengen nikah juga hahahahahaha.....

    ngumpulin dulu duitnya ahhh

    Thanks for shareing ^^ you in advance for the tips that have inspired me .....

    ReplyDelete
  38. Ow dari sisi cowok ternyata seperti itu ya, hehehe. Berarti suamiku dulu juga kaya gitu kali ya :D Nice share ^^

    ReplyDelete
  39. nikahnya ngga terlalu sulit, tapi duitnyaaaa...:D

    ReplyDelete
  40. gillaaa... Slamet ya bang ben dan mbak ven. G nyangka gua. haha

    ReplyDelete
  41. Tipss ini harus saya simpen sampai hari bahagia itu datang bang.. salam kenal dari medan...
    mampir di sini ya bang : http://christianfridhobenz.blogspot.co.id/ tengkyiuu

    ReplyDelete
  42. "Siap mental" - setuju banget itu - ternyata banyak hal dalam pernikahan yang pasti ga kepikiran sebelum nikah

    ReplyDelete
  43. Yang penting cari pasangan nya dulu, hehe

    ReplyDelete
  44. Izin berkunjung dan nyimak langsung artikelnya gan?

    ReplyDelete
  45. hahaha sepertinya agak sedikit ribet persiapannya, tapi jadi pengen cepet nikah


    kunjungi juga BLOG GUE

    ReplyDelete
  46. kenalan sama keluarga pacar itu yang paling deg-degan min. hehe

    ReplyDelete
  47. wow.... ternyata Nikah ribet jga yah... harus persiapkan ini dan itu...

    ReplyDelete
  48. kalo waktu persiapan pasti ekspetasinya yang indah2, tapi ketika sudah selesai acaranya, ya tau gimana asli perjalanannya menikmati hidup berdua, menikah itu asam manis pokoknya, sudah cukup gitu aja, soalnya sudah ngerasain hehe

    ReplyDelete
  49. modal nikah juga lumayan besar, kalau ingin menikah, seharusnya persiapan dimatangkan terlebih dahulu ..

    seperti kata serupedia, mas bena sekarang memang terlihat lebih rapi dari sebelumnya :D,, iklan gojek nya juga mantap

    ReplyDelete
  50. Baaang, ditunggu tulisan-tulisan after wedding-nya di sini. Menginspirasi banget dan bahasanya juga ringan buat dibaca kita-kita yang udah masa-masanya 'kepengen' nikah huehuehue. :p

    ReplyDelete
  51. Lengkap sekali ulasannya, selamat menempuh hidup baru ya :D

    ReplyDelete
  52. Jadi kepengen nikah, etapi belum cukup umur. wkwkw.

    ReplyDelete
  53. Wow....Before Merried, Sepertinya moment paling mengerikan bagi saya adalah pas lagi lamaran, Mas Ben. Hanya dugaan awal, sih, belum mencoba.

    Salam Baur Abjad

    ReplyDelete
  54. Ane sempet berhenti baca blog bena, karena yang kemaren tulisannya dikit2 kya gak niat. Tulisan yang lama tu panjang kalau nulis, bahkan hampir udah gue baca semua. Tapi sekarang lumayan panjang lagi tulisannya,jadi ane kayanya harus baca lagi. Kalau bs tetap konsisten kaya bang alit.
    Opini aja.

    ReplyDelete
  55. Masih terlampau jauh untuk gue ngebayangin apa-apa saja yang harus gue siapin sebelum nikah. Tapi nggak ada salahnya juga sih nyiapin semuanya dari sekarang juga, agar kedepannya tinggal mengeksekusinya lagi.

    ReplyDelete
  56. hahaha... ane udah alamin itu semua gan, tp nikahan ane ga pake gedung2an, modal pas pasan... :D

    ReplyDelete
  57. mantap yah, sebentar lagi saya juga mau nikah nih...
    jadi makin gak sabar nih nunggu waktunya, terima kasih mas dan slam kenal

    ReplyDelete
  58. Kalau liat Bang Bena sama Mbak Vendryana jadi pengen nikah dah. Pasangan seru sih.

    ReplyDelete
  59. bang bena belum update lagi? T_T

    ReplyDelete
  60. Wah bagus nih buat persiapan nanti kalau udah ada calonnya yang tepat.. lagipula nikah itu bukan cuma sekedar menyatukan dua hati, tapi dua keluarga juga.. jadi emang bener harus dipersiapin mateng-mateng...

    http://mytruestory12.blogspot.com/

    ReplyDelete

Silakan bebas comment :) No SPAM Please. Thank you!