Wednesday, September 10, 2014

Semua hal yang perlu kamu tau dari iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

semua hal tentang iphone 6 dan iphone 6 plus harga ukuran kamera design

Artikel yang gue tulis ini udah gue sesuaikan, khusus buat orang Indonesia, dan juga untuk orang awam yang nggak terlalu ngerti-ngerti amat tentang teknologi. Enjoy.

Apple baru aja ngumumin kalo dia ngeluarin beberapa produk baru, yaitu iPhone 6, iPhone 6 Plus, Apple Watch, OSX Yosemite dan juga iOS 8. Di sini gue cuma akan bahas semua hal yang perlu kamu tau tentang iPhone 6 & 6 Plus.

1. Design dan Ukuran

Ada sedikit perbedaan design dengan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus selain bahan metalnya yang makin kuat, yaitu tombol lock atau power-nya pindah dari atas ke samping kanan. Ukurannya sendiri lebih besar dari iPhone 5S (4 inch screen), yaitu 4.7-inch screen untuk iPhone 6, dan 5.5-inch screen untuk iPhone 6 Plus.

Kalo penasaran itu segede apa, coba bayangin aja, iPad Mini itu 7.9-inch screen, dan Samsung Galaxy S5 itu 5.2-inch screen. Jadi bakalan sedikit lebih besar dari S5. Waw, gede juga ya, nggak kebayang gimana nyimpennya di kantong nanti, kemungkinan juga bisa dipake buat nimpuk maling.

Beratnya sendiri cuma beda sedikit. iPhone 6 beratnya 128 gram dan iPhone 6 Plus beratnya 172 gram. Tapi untuk iPhone 6 Plus, ukurannya malah makin tipis jadi 7.1 mm, jadi lebih enteng dan… ya… makin ngeri jatoh sih, heuheu.

ketebalan iPhone 5S, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

Oiya, dua-duanya udah Retina HD Display, alias kualitas gambarnya jadi makin tajem deh, yang cakep makin keliatan cakep, yang jelek yaudah makin keliatan jelek.

2. Prosesor


iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pake 64-bit A8 Chip, bahasa manusianya, dia jauuhhhhhh lebih kenceng dari prosesor sebelumnya, si A7 Chip yang ada di iPhone 5s. Sekitar 25% lebih kenceng mikirnya, dan 50% lebih kenceng lagi grafiknya, which means, kalo maen game yang berat jadi makin mulus nggak ngelag.




Dan juga, Chip terbaru ini sekarang bisa ngedetect pergerakan naik-turun kita. Maksudnya gini, kalo biasanya kan iPhone bisa ngetrack jarak kita lari tuh, nah sekarang dia bisa ngetrack kita udah ngedaki gunung/tanjakan seberapa tinggi. Cocok banget buat yang suka olahraga, makin jelas informasi hasil olahraganya.

Oiya, sekalian, baterainya juga katanya sama atau lebih bagus dari iPhone 5S. Terutama untuk di iPhone 6 Plus, karena lebih tahan lama.


3. Kamera

Kualitas kamera iPhone 6 dan 6 Plus sama kayak iPhone 5s, yaitu 8-megapixel dengan diafragma f/2.2 yang artinya kalo kita ngefoto sesuatu yang fokus di jarak deket, belakangnya bakalan blur banget gitu, udah mirip-mirip kayak foto pake kamera DSLR. Sensor iSight-nya juga baru, jadi buat ngambil foto HDR bakalan lebih cepet prosesnya, buat ngefokus juga makin cepet dan hasilnya juga lebih mulus karena noise reduction-nya semakin bagus alias bintik-bintik yang suka bikin gambar jelek saat gelap itu semakin berkurang.


Selain itu, ada sedikit perbedaan kamera juga antara iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. iPhone 6 kameranya ada Digital Image Stabilization, atau sekarang kalo ambil foto dan video, bakalan nggak gampang goyang. Saat ambil video juga bisa stabil jadi efek filmnya tuh dapet banget.

Nah, sedangkan di iPhone 6 Plus, namanya Optical Image Stabilization. Artinya apa? Ya intinya lebih bagus lah performa stabilisasinya dari iPhone 6.


Ngerekamnya tetep sama di 1080p, tapi sekarang nggak cuma di 30 fps (frame per detik) tapi juga bisa ngerekam video 60 fps. Dan slow-motion-nya juga bisa dari 120 fps, sampai 240 fps. Yang artinya, semakin gede fps-nya, semakin video itu bisa dibikin slow-motion yang mulus. Kalo saat mode video biasa, 30 fps terlihat lebih seperti efek film daripada yang 60 fps yang akan terlihat seperti sinetron videonya.


Satu hal lagi yang paling penting dari kamera iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Kamera depannya makin canggih, makin terang, dan bisa BURST SELFIES alias bisa SELFIE BANYAK SEKALIGUS SEKALI PENCET! CREK CREK CREK CREK CREK CREK CREK CREK CREK CREK CREK!



4. Pilihan warna dan memori

Kalo warna, piilhannya sama yaitu “Space Grey” (abu gelap), White, and Gold. Tapi untuk pilihan memory, sekarang adanya cuma 16GB, 64GB dan 128GB.



 
5. Harga

Kalo kalian liat di beritanya, harganya itu mulai dari $199, nah bukan berarti harganya itu sekitar Rp 2 juta. Itu adalah harga dengan kontrak sama provider sono selama 2 tahun. Nah terus berapa harganya nanti di Indonesia?

Prediksi gue, harganya nggak akan jauh beda dari harga yang udah rilis semalem untuk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang unlocked (nggak perlu kontrak sama provider).

iPhone 6 16GB: S$988 =~ Rp 9.200.000
iPhone 6 64GB: S$1.148 =~ Rp 10.700.000
iPhone 6 128GB: S$1.288 =~ Rp 12.000.000

iPhone 6 Plus 16GB: S$1.148 =~ Rp 10.700.000
iPhone 6 Plus 64GB: S$1.288 =~ Rp 12.000.000
iPhone 6 Plus 128GB: S$1.448 =~ Rp 13.500.000


Ini adalah harga di Singapore, jadi setelah pajak dan kawan-kawan, harga iPhone 6 dan iPhone 6 Plus di Indonesia mungkin nggak akan naik terlalu jauh dari harga tersebut di atas. Oiya, dengan keluarnya iPhone baru ini, berarti harga iPhone 5S dan adek-adeknya bakalan turun juga meskipun akan makan waktu agak lama, karena iPhone 6 masih lumayan lama masuk secara official ke Indonesia. Prediksi gue sekitar akhir tahun 2014, atau awal tahun 2015.

6. Gue perlu beli nggak?

Sebagai pengamat teknologi dan juga pengguna produk Apple, menurut gue ada beberapa spesifik orang yang bakalan bisa lebih produktif dan lebih bermanfaat dengan punya iPhone 6 atau iPhone 6 Plus di Indonesia. Mereka adalah:

1. Videographer/Film Maker. Seperti gue, bikin video udah jadi bagian dalam hidup gue. Dan dengan adanya iPhone 6 atau iPhone 6 Plus kapasitas 128 GB, juga dengan Optical Image Stabilizer, bakalan berguna banget buat bikin-bikin video yang lebih professional dan cinematic look.

2. Orang yang nggak suka handphone lemot. iPhone 5S menurut gue udah cepet prosesornya, nyaris ga lemot sama sekali, nggak kebayang kalo pake iPhone 6 di zaman sekarang, pasti main handphone makin luwes SAT SUT SAT SUT~ jempol kesana kemari.

3. Orang tua dengan mata yang 'plus'. Dengan iPhone 6 Plus cukup yang 16GB aja, gue yakin bakalan digandrungi banyak ibu-ibu/bapak-bapak yang pengen punya iPhone dengan layar lebar tapi tidak selebar iPad Mini. Karena ukuran font juga bisa diperbesar. Apalagi kalo prosesornya kenceng dan nggak lemot, mereka akan berhenti bertanya "ini kok lama banget?" :D

4. Kalo kamu adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang menggunakan handphonenya untuk Chatting, Selfie, Email, Video, Instagram, Twitter, Facebook, Path, SnapChat, Google Drive, Dropbox, dan sebagainya. Di tahun 2014 ini menurut gue iPhone 5 dan iPhone 5S udah sangat cukup sih. Kualitas kamera nggak jauh beda, dan kecepatan prosesornya bisa dibilang oke kok, belom dibilang lemot pada zamannya. :)

5. Instagrammer. Yoi, seperti gue. Bikin banyak video dalam 1 minggu, capek banget ngebackup video setiap minggu kalo memori isinya cuma 16GB atau 32GB. Dengan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, bakalan bisa bikin video dengan kualitas makin gokil. Bakalan masuk ke era Mobile Filming dan Mobile Editing.

6. Banyak duit? Yowes beli aja, tinggal lompat ke Singapore, beli yang banyak terus jualin yang murah ya di Indonesia!!!!!

7. Beli dimana?

Buat kamu yang mau beli duluan, paling deket adalah nyari temen atau saudara atau siapa gitu kek yang buka lapak di Singapore, karena tanggal 12 September ini udah bisa Pre-Order Online (yang pastinya bakalan rebutan parah), dan bakalan diterima tanggal 19 September, saat iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sudah mulai bisa dilihat di Apple Store Singapore, dan juga berbagai negara lainnya seperti Hong Kong, Amerika, Kanada, Perancis, Inggris, Jerman, Australia, dan Jepang.



Kalo kamu mau beli murah, nitip aja seseorang yang ada di Hong Kong, karena di sana harganya nggak kena pajak, which means, biasanya harganya bisa lebih murah Rp 500.000 dari harga normal.

---

That’s it! Semoga bermanfaat! Kalo kamu mau tau tentang iOS 8, Apple Pay, dan juga Apple Watch, kalian bisa googling aja ya!


Komentar dong gimana menurut kalian iPhone baru ini? Kalian bakalan beli nggak? Atau kalian berdoa supaya harga iPhone 5 atau 5S cepet turun? Share yuk! :D

Sumber foto: theverge.com
Share:

83 comments:

  1. Yang pastinya bakal terus berdoa agar harga iPhone 5 atau 5S ini cepet turun. Semoga saja.. :malu:

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih gitu, biar makin banyak orang yang bisa punya iphone heuheu

      Delete
  2. Berdoa, terus ngumpulin duit buat iPhone 6 Plus bg :D daripada ke singapore, udah habis berapa cobak buat ongkosnya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue pengennya sih nitip kakak gue yang ada di sana heheheheh

      Delete
    2. brooo kalo nitip diluar ada DUSnya gak...
      bukannya juga bakal kena cukai masuk indo...

      Delete
    3. Kalau beli di luar mah, pas beli dapat kotak , pas masuk ke Airport, gua sih biasanya buka kotaknya, hape nya gua kantongin. Uda pernah kejadian gua beli hape 3 biji titipan temen, eh disita T_T. Terakhir nebus baru bisa keluar itu pun uda dengan kepala panas

      Delete
  3. Yah, iPhone 5 nya udah keburu di discontinue :(( yang baru ini tinggal pasrah aja gimana nanti.

    ReplyDelete
  4. nitip ama org batam aja kaya gue hahah singapore mah 40mnit ajaa

    ReplyDelete
  5. Gue bisa beli iPhone 6 kalo iPhone 15 udah keluar keknya, bang. Ahahahaha
    Menurut gue designnya kurang asik lagi. (Pinggirnya itu loh)
    Karna kayak design iPhone 2,3G,3GS-iPod touch.
    Tapi selera juga sih. Hehe
    Selera gue ya suka yang pinggirnya kotak-kotak kek iPhone 4-5S.
    Hihihi

    ReplyDelete
  6. Aku bersyukur pakek iPhone 5 aja deh kak Ben. Udah cepet juga kok. Puas gitu. Kecuali ada yg mau beli iPhone 5 ku dengan harga beliku yg baru dulu sih, aku mau deh nambahin buat beli iPhone 6. Tapi ya mana ada yg mau beli iPhone seken pakek harga baru?

    HUAHAHAHA..

    ReplyDelete
  7. Lengkap banget bang, dan bagian "Gue perlu beli nggak?" poin nomor 4 itu bener banget yaa kalo cuma sekedar media sosial, foto dll ngga terlalu butuh pake yang baru ini. Kecuali sih kalo emang banyak duit =)) hehe

    ReplyDelete
  8. Ini asli keren. Tapi kudu tunggu sponsor dulu kalo gue pengen punya iphone6. Haha. :cium:

    ReplyDelete
  9. Wooh keren. Iphone 5 aja udh sadis bgt spek nya. Apalagi iphone 6!

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Wah, kebetulan semalem gue juga ikutan nonton #AppleLive ini. Selama gue nonton cuma bisa bilang Wow, Anjrit keren, Keren parah asle, Wah kampret nih Tim Cook! Bikin ngiler aja. Duh, iPhone 4 sekarang berapa? Ada kuis iPhone 5 gak ya? Nyari ah. Ah, kerja dulu aja deh yang bener.

    Seriously, i really want to have iDevice. Gapapa yang jadul dulu aja kayak si MBW ini nih. Karena si Apple ini barangnya bandel banget. Awet. Ah, gue harus beli. Harus punya. Bismillah.. :)) (maap tsurhat) :p

    Salam, ThrwBlog

    ReplyDelete
  12. wowwww kerenn.. ngga sabar pengen beli iphone 5 yang harganya ntar pada turun xD wkwkwk

    ReplyDelete
  13. Wahh iPhone 4 aja belum punya, malah udh keluar yang baru T_T

    Yah, gue sih mau aja beli tapi duitnya kgk ada xP

    ReplyDelete
  14. :kaget: Rp.12 jt , nggak salah tuh bang ben ? kalo beli hp yang 1 jt, udah dpt 12 biji

    ReplyDelete
  15. Kalo soal desain, masih bagusan iPhone 5S deh bang, kalo yang iPhone 6 kesannya bunder-bunder gemuk gitu :\

    ReplyDelete
  16. kok murah ya, pesen 5 ah.. dibungkus, Bang!

    ReplyDelete
  17. 3G atau 4G?

    ReplyDelete
  18. Malem all. Gw tgl 21 mw k spore. Tp cm buat liburan backpakeran. Gw kira klo hrga normal $199 - $399 sihh mw aja skalian. Klo preorder ada yg te mekanismenya?

    ReplyDelete
  19. Thank you for the info, I am proud to visit your site ...

    http://goo.gl/5B5Dzs
    http://goo.gl/B7wuIu

    ReplyDelete
  20. Busseett.. mahal banget bang ben, tnggu sampai turun harga aja deh...

    ReplyDelete
  21. Mksh bnyak mas bro bwt info ya bsok sya beli d miami aja soalnya kbtulan sya krja d kapal pesiar n kbtulan brngkt bulan ini...
    Sya kmren check d apple store US Hrga iphone 6 16gb = 650$ , iphone 6 Plus 16gb =750$
    Mksh ia mas bro

    ReplyDelete
  22. Iphone 6 Keluar juga nih..gak lama pasti Iphone 5s turun harga
    dan Akhirnya gw bisa beli Iphone 4
    :D

    ReplyDelete
  23. Nunggu iphone 5s turun harga aja deh baangg:')

    ReplyDelete
  24. harganya sangat cocok dengan kantong mahasiswa

    ReplyDelete
  25. Design nya jadi kelihatan mirip S5, masih bagus 4 - 5S. Dan tipis nya bikin orang dag dig dug kalo jatuh.
    Cuma fiturnya itu... keren habeez...

    ReplyDelete
  26. ane mh beli mito pantasi aja deh nyahaha...

    ReplyDelete
  27. pengen sih tapi ..... yaa begitulah

    ReplyDelete
  28. Untuk saat ini msh cukup puas dgn samsung galaxy note 3 yg ane punya :)

    ReplyDelete
  29. Kudu musti wajib iPhone 6plus:")

    ReplyDelete
  30. ulun pakai nokia 2300 aja bang udah cukup :3

    ReplyDelete
  31. Nabung nabung...
    iPhone 6 bikin ngiler da ahh.

    ReplyDelete
  32. yang lucunya kenapa iphone 6 plus layarnya 5.5-inch screen , padahal dlu steve jobs bilang kalo ga ada yg beli handphone ukuran besar , sekarang apple menelan kata2nya , tapi gapapa , iphone 6 tetep keren sih !!

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Maen kesini ya kak bena :-D www.rizkiabsurd.blogspot.com

    ReplyDelete
  35. kepingin punya hp yang kauyak gitum moga dapat, amin,,

    ReplyDelete
  36. makin kesini harga smartphone yang satu ini makin merajalela. 1 iphone 6 bisa buat beli 1 motor. haha
    tapi balik lagi ke kualitas. ada harga ada kualitas.

    ReplyDelete
  37. Itu kalo beli iphone 6 plus 128GB bisa buat beli motor ya bang :D

    ReplyDelete
  38. ijin nyimak aja daah, semoga artikelnya bermanfaat ya gan :)

    ReplyDelete
  39. Masih setia deh sama smartprett Andr*max i jadul gw. :)

    ReplyDelete
  40. waw iphone 6plus harganya keren bgt. nunggu harganya turun aja deh baru beeli :)

    ReplyDelete
  41. Nunggu iphone 5s turun harga dulu deh bang, ntar kalo ini jg uda turun pasti icip icip

    ReplyDelete
  42. Rugie gue kalau beli iPhone 6
    Mungkin 7 bulan lagi akan mau keluaran iPhone 7
    iPhone 5S dirilis tanggal berapa ?, masuk Indonesia aja tanggal berapa?

    ReplyDelete
  43. Sudah pesen Yang Iphone 6 plus,tinggal Nunggu barangnya datang ....hmmmm

    ReplyDelete
  44. Sudah pesen iphone 6 plus gold,tinggal Nunggu barang nya datang..hmmmm

    ReplyDelete
  45. semangat punya smartphone yg makin canggih dan bermanfaat.
    great blog, bang bena :D

    ReplyDelete
  46. Kalau Samsung note 4 sama iPhone 6 lebih bagus mana spesifikasinya?

    ReplyDelete
  47. masih pake iphone 4s gue lom kesampean beli iphone 6 lah harga nya tinggi bgt

    ReplyDelete
  48. thun berapa ya iphone 5s trun hrg jd 1,5 ky 3gs?????

    #wakwauuuuu

    ReplyDelete
  49. blog ini luar biasa, banyak ilmunya dan tulisannya berkualitas
    maksih gan infonya, semangat bacanya
    salam kenal dan sukses untuk agan...
    ditunggu info terbarunya

    ReplyDelete
  50. Iphone 5s skrg dipasaran 10 jt..

    Iphone 6 .. harga pasaran nanti sekitar 15 jt..

    ReplyDelete
  51. mau beli tapi blm resmi dirilis di Indonesia :((
    BTW, artikel nya bermanfaat dan menarik bro..

    ReplyDelete
  52. Bagusan iphone 5 dari pada iphone 6

    ReplyDelete
  53. :mikir: nunggu harga 5s nyavturun aja sah hahah..

    ReplyDelete
  54. klo beli sblm rilis/resmi di indonesia sebenernya aman gak sihh??

    ReplyDelete
  55. gue sih mau iphone 5 tapi layarnya agak kecil , jadi pingin beli iphone 6

    ReplyDelete
  56. Makasih atas informasinya mas... semakin tahu skrg

    ReplyDelete
  57. baah mahal banget yaaak iphonenya :(

    ReplyDelete
  58. yang beberapa hari ini menggangu pikiranku :p
    :bengong:

    ReplyDelete
  59. Aku humble ajalah jadi orang, pake hp butut ini. wkwkwk

    ReplyDelete
  60. minn.. maaf nii aku orangnya bego2 oon gt lah..haaha..nyokab beli ip6+ kardusnya tulisanya cuman iphone ga pakek 6sedangkan aku sering liat yg kardusnya ip6 bedanya apa :D terimakasi..

    ReplyDelete
  61. hahaha.. iphone hanya bisa sekedar membayangi saja ,,wkwkwkw
    Obat Kencing Berdarah

    ReplyDelete
  62. Hape canggih ini. Abis liat review videonya..
    pake direndem di air pula
    :D

    ReplyDelete
  63. If this article provides information in a sincere, heartfelt thanks then you will get.

    ReplyDelete
  64. pingin punya i - phone yg bisa kredit tiap bulannya 100 rb......

    ReplyDelete
  65. bener - bener keren deh.... mau banget beli iphone 6 yang fiturnya udah kece badai .... apalagio memory dah ... bikin iri aja sama laptop gw ..
    bdw bisa gak ya mas buat nyimpen film??? hehehehe

    ReplyDelete
  66. masih mahal, beli kl punya uang deh .....

    ReplyDelete
  67. udah 2016 pasti nanti iphone 7 lebih canggih...

    ReplyDelete
  68. Pengen sih beli mbak tapi harganya itu lho mahal..

    ReplyDelete
  69. Nice info gan, saya juga punya tips-tips bagus, bagi agan-agan yang mau membeli iphone 7. yang akan di rilis bulan depan ☺

    Sebelum ganti ke iPhone 7 apa saja yang perlu kita ketahui?

    ReplyDelete
  70. sekarang malah banyak iphone yang pada meledak tuh di amrik sana. Jadi mikir2 ulang mau beli (padahal mah ga ada duitnya :D)

    ReplyDelete

Silakan bebas comment :) No SPAM Please. Thank you!