Monday, November 4, 2013

Bongkar Dapur Benablog: Cara Bikin Domain .com!

Cara gampang bikin blog dengan domain .com

updated march, 12th 2014
Bongkar Dapur Benablog!
Selama ini banyak banget yang nanya-nanya tentang gimana caranya alamat website/blog biar jadi ada (dot) com nya. Sebenernya gue udah jawab sih, tapi emang agak susah kalo cuma dijelasin pake tweet atau email doang. Jadi sekarang gue mau bongkar sedikit sejarah blog gue saat alamat blog gue berubah dari yang lama ke yang baru (benablog.com).

Mungkin banyak diantara kalian yang belum punya blog, atau udah ‘pernah’ punya blog (iseng bikin atau karena tugas sekolah), tapi sekarang nggak pernah dibuka lagi, entah karena males atau bingung mau tulis apa. Nah sebelum gue mulai kasitau cara bikin alamat blog dengan .com atau .net atau yang lainnya, gue mau share

beberapa alasan kenapa kamu harus punya blog!
NUMERO UNO!
Ini juga adalah alasan pertama gue untuk bikin blog. Yaitu adalah gue suka menyimpan momen-momen indah (nggak harus indah doang sih) di dalam blog gue, jadi saat gue udah tua nanti, gue bisa ngebaca lagi kisah perjalanan hidup gue. Bacanya bisa bareng anak-anak dan cucu-cucu deh. Hehe.
NOMBOR DUA!
Blog adalah tempat yang paling tepat untuk kita berkarya! Kenapa? Karena blog itu kan basically sebuah website. Dan kita bisa taroh apaaaaaaaa aja dari mulai Cerita, Foto-foto, Animasi, Suara, sampe Video. Karena kalo kamu punya karya, jangan diumpetin, tunjukkin ke seluruh dunia supaya semua orang bisa liat dan bisa menikmati karya itu. Kamu juga bisa dapetin berbagai pendapat, saran dan kritik dari orang banyak, terutama dari temen-temen kamu sendiri!
NUMMER DREI!
Kamu bisa punya banyak kenalan baru. Bisa jadi temen baru, sahabat baru, atau mungkin pacar baru, mantan baru, sampe temen-temen bisnis! Kenapa? Karena kalo kamu ngeblognya fokus ke suatu topik tertentu, jadinya pembaca blog kamu pun juga adalah orang-orang yang memang tertarik dengan tulisan yang kamu tulis. Saat mereka kunjungin blog kamu, atau tinggal komen di blog kamu, kalian bisa tau siapa mereka dan bisa kenalan deh! Siapa tau dia juga punya blog, atau juga punya akun social media lainnya.

Seru lho kalo punya temen-temen yang minatnya sama, kalo ngobrol pasti nyambung. Dari situ bisa tumbuh ide-ide baru deh yang bisa dikerjain bareng! Limitless possibilities! :D
NUMéRO QUATRE
Banyak orang yang suka mendem-mendem perasaan. Ya kan? Kamu pasti pernah banget kayak gitu. Menulis bisa jadi salah satu solusinya lho, daripada kamu bingung mau curhat sama siapa, daripada dipendem, lebih baik dikeluarin aja dalam bentuk tulisan yang khusus kamu tulis untuk diri kamu sendiri. Private. Orang lain nggak bisa baca. Dengan begitu perasaan kamu bisa jadi lebih lega. Siapa tau bisa jadi buku kayak Habibie Ainun. :)

Nah, semoga 4 alasan tadi bisa menggetarkan hati kamu untuk bikin blog! 
benamoticons sipbenamoticons sip

Caranya bikin blog itu super duper gampang. Tinggal daftar aja ke www.blogger.com (gue pake ini) atau www.wordpress.com, atau kalo suka yang lebih simpel bisa ke www.tumblr.com. Cuma modal internet, ngetik sama klak klik klak klik, dalam beberapa menit kamu bakalan punya blog kamu sendiri ! That’s so easy, right ?!
Balik lagi ke masalah .com. Gue sering ngedapetin pertanyaan seperti ini:

“Gimana cara bikinnya? Pasti ribet ya bang?”
“Ihh punya website sendiri, udah pake .com, keren!! Gimana caranya?? Mahal yaa???”

Padahaaall…. Gampang banget! Nggak harus eksklusif atau gimana-gimana, siapa aja bisa punya! Maksud gue pake “.com” disini adalah kita punya domain sendiri. Domain artinya adalah alamat website kamu (misal: pipisberdiri.net, botaktapikribo.org, takutkecoaterbang.com).

Zaman gue dulu, alamat blog gue adalah benazio.blogspot.com. Gue pengen ilangin ‘blogspot’nya, supaya lebih keren, personal, (keliatan) serius dan biar lebih pendek aja biar orang juga nggak capek ngetiknya. Jadilah sejak tahun 2008, nama blog gue jadi www.benablog.com sampe sekarang kayak yang kamu suka baca :D
Sekarang saatnya penjelasan yang teramat jelas dari gue soal ganti domain blog khusus Blogger/Blogspot:
1. Mesti punya blog dulu (udah gue jelasin caranya di atas)
2. Daftarin domain kamu! Kalo blog gue, selama ini gue percayakan ke sebuah perusahaan Domain dan Web Hosting asli Indonesia yang namanya Qwords. Gue sendiri udah 5 tahunan sama Qwords. Kenapa Qwords? Karena bisa diandalkan. Service dan prosesnya cepet, harganya oke, dan 99.9% nggak pernah down. Intinya blog gue nyaris nggak pernah error deh.

3. Buka https://www.qwords.com/domain-name/ , lalu masukin nama domain yang kamu mau.
Qwords.com home page
4. Berdoa! Kalo ternyata tersedia, klik lanjutkan! Oiya cek juga harga domainnya, murah kok! Untuk .com, biasanya sekitar 100 ribuan aja, untuk 1 TAHUN lho. Murah! Kamu juga bisa pilih domain yang lain, nggak harus .com kok, tapi ada juga domain yang punya persyaratan sendiri untuk ngedapetinnya, contohnya .co.id. Untuk contoh ini, kita pake .com dulu ya!


5. Cek lagi pesanan kamu, kalo udah bener, klik Proceed to Checkout!

6. Selanjutnya kalo kamu belom jadi member, registrasi dulu, isi formnya yang lengkap. Nggak boleh males ya! Bentar doang kok, jangan mager hehe..


Jangan lupa di ceklis nih yang box di atas ini

 cek lagi udah bener apa belom~

submitnya di klik, jangan didiemin aja..

7. Abis di-Submit, cek email kamu! Kamu bakalan dapetin email berupa tagihan dari domain yang kamu pesen. Ada juga info nomor Invoice kamu, dan juga info tentang nomor rekening bank buat kamu transfer pembayaran kamu.


Jumlah uang yang ditransfer itu yang Total Charges (ya iyalah..)

8. Kalo udah transfer via atm/internet banking/sms banking atau apapun, sekarang saatnya kamu konfirmasi pembayaran kamu! Caranya klik aja di sini https://www.qwords.com/order-payment/ .

9. Isi formnya yang bener, jangan sampe salah isi! Tuh gue kasih contohnya. Kalo udah, tinggal tunggu email dari Qwords yang isinya kalo mereka udah terima pembayaran kamu! Cepet kok. Kalo lagi jam kerja, hanya sekitar sepuluh menitan, kamu bakalan dapet balasan.

10. Sambil nunggu balesan email, login ke http://www.blogger.com, lalu masuk ke menu Settings dari blog kamu. Klik bagian ‘Basic’, lalu isi seperti contoh yang gue kasih. Harus pake WWW ya, jangan lupa.


yang ini nih yang harus pake WWW ya.. don porget.

11. Pesan parking domain menggunakan free parking domain, jika sudah dipesan parking domain-nya, langsung aja ikutin tutorial berikut ini http://www.qwords.com/kb/2013/02/cara-pasang-blogspot-dengan-domain-sendiri/

jangan ditutup dulu tab browsernya, karena kamu bakalan butuh 2 data yg bawah itu!
12. Abis itu setelah kamu udah punya Free Domain Parking yang udah kamu daftarkan di langkah sebelumnya, kamu bisa login ke Cpanelnya (alamatnya akan di email ke kamu setelah kamu daftar Free Domain Parking). Lalu masuk ke menu Advance DNS Editor.



13. Di bagian "Add a Record", isi CNAME dengan kode seperti di gambar langkah 11. Liat contoh di bawah ini aja, kamu tinggal ganti data 'Name' sama 'CNAME' aja.




14. UDAH DEH! Biasanya mas-mas atau mbak-mbak Qwords bakalan bales yang isinya bahwa blog kamu sudah berhasil diatur sama dia. Kamu tinggal tunggu paling lama sekitar 1-4 jam, setelah itu blog kamu dengan alamat .com nya udah bisa dibuka ☺

SELAMAT! Kamu berhasil punya blog dengan domain yang kamu idam-idamkan! :D
benamoticons sipbenamoticons sip

Nanti kalo umur domain kamu udah 1 tahun, kamu akan ngedapetin email lagi dari Qwords yang ngingetin kamu untuk perpanjang domain kamu. Selanjutnya tinggal perpanjang aja deh, nggak perlu repot-repot setting ini itu lagi! Goodluck!

Kalo ada pertanyaan, silakan tulis aja di comment di bawah yaaa! ☺
Nah, kira-kira bagian dapur benablog yang mana lagi nih yang harus gue bongkar? Tinggalin pendapat kamu di comment box ya!

UPDATED

Halo semuanya, gue di sini hanya memberi tutorial awal saja, tapi kalo kalian mau tanya-tanya lebih lanjut soal domainnya, proses dan sebagainya yang mungkin udah berubah sejak pertama kali tulisan ini dipublished. Bisa langsung tanya ke pihak qwords ya. Kalo kalian buka websitenya itu langsung ada customer servicenya kok di bagian kanan bawah kalo ga salah. Biasanya dia bales kurang dari 24 jam.

Thanks!






Share:

251 comments:

  1. Makasi bang tipsnya! Aku bakal kasih tau mamah buat beliin aku domain buat kado ulang taun.

    Fertamax!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha okedeh mantappp!!! :sip:

      Delete
    2. Waaaaa thanks infonya.gw pikir ribet+mahaaaalllll bgt kalo bikin .com..

      Delete
    3. Bang kalo di blogger nya sipian.blogspot.com bisa dialihkan ke www.fhian.com kan bang?

      Delete
  2. nah keren banget ini postingan. bermanfaat untuk orang orang yang pengen daftar domain.
    aku sendiri juga pakai qwords bang, pelayanannya memang oke. cuman bedanya aku nggak pakai domain.com tapi jadi kukuh.my.id. udah satu tahun juga pas perpanjangan juga mudah.
    mampir sis :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini bukti nyata juga nih! Hohoho. Yoi, bebas sih domainnya, cuma karena dominannya orang mau pake .com jadi gue kasih judul .com aja, padahal bisa bebas milih :D thanks udah mampir sis! :malu:

      Delete
  3. wah, nggak terlalu mahal ya bang. makasih informasi nya bang heuheuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, tahunan kok, santai jadinya bayarnya juga :sip:

      Delete
  4. bang, bahas (atau lebih tepatnya bikin tutorial) tentang cara nge apply template blog yg kita bikin sendiri di photoshop, supaya bisa di pake di blog kita. Tengkyu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu ribet banget sih, karena gue sendiri bukan web programmer, gue cuma modal utak atik code-codenya aja sambil googling nyari tau caranya :haha:

      Delete
    2. kalo benablog ini desainnya pake apa?

      Delete
    3. design apa layout? kalo design, headernya yang bikin kakak gue. layout gue semua, standar pake yang ada dari blogspot aja kok ngeditnya

      Delete
  5. :huahaha: :metal::huahaha: :metal::huahaha: :metal::huahaha: :metal::huahaha: :metal:

    ReplyDelete
  6. Makasih bang tipsnya, kalo misalkan ngetik domain yg lama, itu otomatis langsung diarahin ke domain baru? Ditunggu part 2nya bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu udah dijelasin kok di nomor 10 sama 11! goodluck! :sip:

      Delete
  7. wah informasi yang sangat menarik, terimakisih atas tipsnya yah....

    ReplyDelete
  8. bebas comment kan? :bengong: -_- ._. '-'

    ReplyDelete
  9. makasih bang bena, kok nggak migrasi ke hostingnya juga bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngapain bayar lagiii kalo di google gratis? hehe. lagipula ini google gitu lho :D

      Delete
  10. Kece nih blog postnya. Sekalian buat referensi beli domain baru.
    Eh, bang Ben. Kenapa sih pake blogger daripada platform lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi gue wordpress ribet, dan katanya banyak celah buat di hack.
      kalo tumblr terlalu simple.
      blogspot ya enak aja, hosting udah numpang sama google, dan bisa diotak-atik sebebas mungkin!

      Delete
  11. rencana mau beli sih, domain doang, ga pake hosting :p hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi kayak blog gue ini aja. hosting mah buat tambahan mainan aja hehehe

      Delete
  12. ngomongin dapur benablog yang mau dibuka sih dari awal penasaran sama cara bikin headernya aja sama yg dibawahnya menu itu, yang ganti2 setiap beberapa detik hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog gue ada tutorial bikin slider, gampang ko, kedepannya mau aku bikin tutorial bikin header kek punya bena :D

      Delete
    2. nah ini ada yang sharing nih hahaha.
      kalo header gue sih itu gambar. yang design kakak gue.
      kalo slider cari aja blog slider tutorial :D

      Delete
  13. Nice banget bang infonya. Ijin ctrl+D bang~

    ReplyDelete
  14. Waah makasi infonya bang ben. Dari kemaren mau beli domain cuma masih bingung namanya bagusan apa :haha:
    Ohya bang, kan ada tuh beli domain + hosting. Hosting itu maksudnya gimana ya bang? Gak ngerti :mikir: :malu:

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibarat kos-kosan. Kalo domain cuma beli nama kos-kosannya doang. Kalo hosting beli kamar-kamarnya gitu. Kalo di blogspot nggak perlu pake hostingan~

      Delete
    2. Hmmm :mikir: Okedeh mau beli domain ah! Biar semangat ngeblognya cihuy! :sip: Makasi infonya bangbeenn :cium: :haha:

      Delete
  15. saya blogger newbie bang . isi blog saya juga cuma cerita-cerita waktu kecil sampe sekarang desain blog nya juga cupuuu banget bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa, kalo jadi blogger kan yang penting nulis dan contentnya, tampilan sih belakangan :sip:

      Delete
  16. Makasih bang infonya! mau sih beli domain, tapi.... ane masih smp. duit juga pas2an huuu T-T ini aja bikin blog make imel emak *curhat* btw mampir ya bang ke blog ane :( nes-nes-ngenes.blogspot.com :malu

    ReplyDelete
    Replies
    1. santai aja lagi kan sekarang zaman udah berkembang, pinjem atm orang tua aja :haha:
      imel bikin sendiri donggg :huahaha:

      Delete
  17. Bang, cara buat template kayak benablog.com gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan2 gue akan share juga ya kalo sempettt hehehe

      Delete
  18. lengkap banget bang!, gua juga dulu pernah, cuma sama anak kaskus gitu, entah nama nya apa gua lupa haha, keren bang info nya :cium:

    ReplyDelete
  19. bang, share cara design responsive dong, haha, oh iya cuman mau masukan aja, kotak komentar nya kenapa ga pake disquss ? kayak nya lebih menarik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum ini udah coba pake disqus, tapi ribet harus login dulu orang-orang. dan susah ngecek komennya harus dari websitenya. dan ngeri lagi kalo ntar kapan2 dia bangkrut ya repot heuheu.

      design responsive gue nggak ngerti, punya gue ini nggak responsive kok, tampilan standar sama tampilan mobile yang standar juga

      Delete
  20. Replies
    1. nggak ada yang segitu bro. godaddy yang segitu ada terms and conditionnya, biasanya harga segitu dengan paket hosting atau paket lainnya yang ditotal-total jadi mahal

      Delete
  21. gue pake domain*esia bang,. buat setting blogger udah ada tutor dari sana nggak pake request CNET. bagus nih buat yang mau ngikutin jejak lau bang :D

    ReplyDelete
  22. Yeayyyy...ternyata ga semahal yang gue kira. Thanks bang!! Sekarang gue bener-benerin isi blog dulu dah baru gue daftarin~~

    Anyway kalo sewaktu2 kita lupa bayar buat perpanjangan bang (misalnya, soalnya jujur gue jarang cek email dan gue orangnya lupaan), nanti blognya langsung ga bisa diakses apa gimana?? Apa balik lagi pake alamat yang lama yg pake blogspot.com, wordpress.com gitu?

    Arigatou~~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. bakalan nggak bisa dibuka nantinyaaaa.
      mendingan taro di calendar hp, terus di alarm setiap tahunnyaa.
      :huahaha:

      Delete
  23. Bang Bena,, Ada gak hostinger yg nyediain domain DOT COM gratiis? Males beli soalnya "̮ Æ—Æ—É‘Æ—Æ—É‘Æ—Æ—É‘Æ—Æ—É‘ "̮ :D

    Btw, thx inpoo nya yahh :D | razattazar.blogspot.com

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. wah, bang Bena bikin postingannya juga.. padahal kemaren agak bingung gitu pas rubah domain. tapi alhamdulillah sekarang udah ganti, jadi sedikit lebih semangat nih ngeblognya. :p>
    mampir dong bang : http://rizqikautsar.com

    btw, pengen banget deh ikutan acara ngeblog bareng abang yang hari ini di senayan. Tapi gue belom ngirim email bang, kirain gak harus ngirim email gitu (bisa langsung dateng aja). Secepatnya dong bang adain acara kaya gitu lagi, kalo weekend seru sih kayanya. Pengen banget bisa ngobrol/nanya-nanya ama bang Bena, ngobrolin blog gitu. Abis selama ini masih naik turun semangat ngeblog gue bang. Kadang semangat banget nulis beberapa postingan, kadang nulis satu postingan juga gak kelar-kelar. Hufftt..

    Duh kan jadi curhat bang, maap yak.. Abis pengen banget bisa kaya bang Bena, Alitt yang bisa serius ngeblog gitu. Soalnya gue juga yakin sih sama kata-kata bang Alitt, "gue yakin suatu saat blogger akan jadi pekerjaan yang keren banget." :sip:

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan nambah sedikit doang dong semangat ngeblognya! haha..

      Iya sorry ya, soalnya emang dadakan banget, itu aja nyari kafe yang tempat duduknya banyak, bener-bener on the spot banget. Next time kalo ada lagi jangan sampe ketinggalan ya! :sip:

      Delete
  26. Saik bener nih tipsnya. Thankyou bang Ben!

    ReplyDelete
  27. ben ditunggu banget tutorial ngatur layout XML di blogspot!
    XML frustrating bangettttt :nangis:
    gue coba install2 XML yg diunduh di internet, tp gak bisa di-custom di blogspotnya..
    masih jauh lebih mending HTML, tapi HTML kurang WYSIWYG gituuu~


    http://subtersidera.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. huy! pakabar lo! hahahah

      Wah.. gatau kapan deh gue bisa bikin tutorialnya, gue aja masih nanya sana sini googling sana sini, puyeng minta ampun XML!

      Delete
    2. Hahahaa baik2 ajaaa, sekarang mencoba aktif ngeblog lagi di rumah baru.. Pindahan sejak akhir desember thn lalu...
      Mampir2 yak, layoutnya masih cupu banget gara2 linglung make XML :)))

      Delete
  28. Bang, kalo domainnya dari tumblr ke (dot) com turorialnya sama aja gak sih sm yg td dijelasin di atas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, tapi settingannya ada yang beda dikit. coba aja googling how to set domain on tumblr :sip:

      Delete
  29. di bookmark dulu bang hwhwhwhw :sip:

    ReplyDelete
  30. Keren bang, sekalian bongkar tentang template baru abang dong :3 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah banyak yang request begini, tapi teknis banget hahaha kalo bisa deh kapan-kapan... :nangis:

      Delete
  31. Bang Ben, mau tanya nih. Mungkin gak penting, tapi saya bener-bener penasaran. So, mohon dijawab ya.

    Di tutorial ini, yang menyangkut screenshot, Bang Bena kan nulis kayak gini, "Selamat sore, saya ingin minta tolong untuk mengubah CNAME blog saya (www.mampirsis.com) menjadi seperti foto yang saya lampirkan."

    Nah, "menjadi seperti foto yang saya lampirkan" itu maksudnya gimana, Bang? Maksud saya, kalau saya mau daftarin blog saya menjadi domain com, foto apa yang harus saya sebutin sebagaimana yang Bang Bena sebutin dalam pemberitahuan itu? (Saya udah baca berkali2 tutorial ini, tapi soal "foto" itu kok nggak ada penjelasannya).

    Trus, umpama nih. Kita pakai QWords untuk urusan pendaftaran domain dan perpanjangannya. Jika suatu hari, umpama (sekali lagi umpama lho ya!) QWords bangkrut atau nggak lagi beroperasi, trus nasib domain blog kita gimana? Bisakah kita perpanjang domain kita ke perusahaan lain? Kayaknya ini penting ditanyakan, karena menyangkut nasib blog kita di masa depan.

    Demikian Bang, mohon maaf kalau kepanjangan. Tolong dijawab ya. Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya adalah screenshot foto yang dilampirkan, seperti gambar yang gue tulis di atasnya.
      yup, kalo kenapa-kenapa sama perusahaan web hosting / domain, bisa ditransfer kok ke perusahaan yang lainnya. tapi ya jangan sampe bangkrut ntar kita juga yang repot hehe. semoga menjawab!

      Delete
  32. Pak, bikinin tutorial buat Labels Menunya pak, yang ada efek mouseovernya gitu deh :haha: :haha:

    ReplyDelete
  33. Om..., gw udah punya domain dot com dan bentar lagi udah habis masa aktifnya (1 tahun), gw rencana mau ganti hosting tapi dengan nama alamat blog gw yang sama, bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi mau ganti hosting apa domain nih? domain dan hosting itu 2 hal yang berbeda lho..
      kalo domain udah mau abis, ya diperpanjang aja. kalo mau pindah hosting dan mau tempat hosting+domainnya di tempat yang sama, bisa 'Transfer Domain' namanya. Jadi domainnya dipindahin ke tempat yang baru, jadi ntar bayarnya ke tempat yang baru. Alamat blog tetep sama kok asal nggak telat bayar dan expired domainnya
      :sip:

      Delete
  34. Ben.. Kalo kita beli domain, visitor kan bakal di redirect menuju ke domain kita yang baru (cth nomor 10 dan 11), tapi kalo dari contoh lu diatas, itu namanya dari mampiris.blogspot.com ke mampiris.com, gimana kalo kayak punya lu, dari benazio ke benablog (bukan cuma blogspot-nya aja yang ilang, tapi namanya jg bener2 berubah), apa visitor juga bakal otomatis di redirect (terutama visitor yang nemu artikel kita via google)..?? Soalnya gue kalo ganti domain blogspot, terus iseng2 buka artikel blog gue via google, itu gue dibawa ke halaman yang tulisannya blog sudah tidak exist..

    Terus pertanyaan kedua adalah.. Kalo setelah setahun kita enggak mau perpanjang (bukan karena lupa yah), apa bisa ?? Ada prosedur yang harus dijalanin lagi ato otomatis balik ke domain blogspot.com ???

    Thanks in advance, Ben (",)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1) domain apapun, bisa diubah jadi apapun kalo emang available (belom dipake orang). Jadi mau benazio.blabla.com mau benakribo.bloblo.com lalu diganti jadi apapun.com tetep bisa kok. Settingan redirectnya dari blogger.com langsung seperti gambar diatas itu.

      2) Kalo nggak perpanjang ya expired domainnya, dan bakalan jadi domain public lagi which means bisa dibeli orang lain. Dan nggak otomatis balik ke blogspot, kamu harus setting lagi di halaman yang sama kayak di atas untuk ngehilangin redirectnya :D

      semoga berhasil!

      Delete
  35. Makasih infonya Bang Bena
    Insyaallah langsung buat nih, hehe :)

    ReplyDelete
  36. Ikut request ah, bongkar dabur bena soal ngedit template blognya dong, pake aplikasi apa dan bagaimana cara menggunakannya, makasih banyak OM!!! - www.sanggundah.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh.. semoga deh ya di bongkar dapur berikutnya hahaha susah soalnya jelasinnyaaa

      Delete
  37. Wuuw keren. Penjelasannya enak dibaca, gak belibet kayak yang lain hehe..
    Tuh banyak yang request masalah template, coba dishare ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip thank you feedbacknya! iya soalnya gue sendiri suka bete baca tutorial kalo nggak lengkap dan detail hehe.

      template? amin deh kalo bisa haha

      Delete
    2. kece banget nih langsung dibales semua haha, jadi kepengen bikin review blog .. oiya, sempet baca yang diatas, gak usah pak disques apalah itu ya om, bete banget loginnya.. :D mampir disini ya : http://ilhambacha.blogspot.com/

      Delete
  38. bang tadi udah daftar dan udah sampe ke proses pembayaran, tapi gak jadi.. takutnya gak bisa gunainnya. mungkin lebih ribet dari blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. laaaah kok nggak jadi? hahaha ini udah detail banget kok penjelasannyaaa :huahaha:

      Delete
    2. cara gunain nya itu bang? sebagai mahluk yang baru mengenal blog saya prihatin kalo nantinya itu domain gak sukses di blog saya.. nanti blog nya putih sebening sokl*n pemutih hanya ada bercak tulisan-tulisan aneh, tampa template keren =:dadah:

      Delete
    3. cara gunain nya itu bang? sebagai mahluk yang baru mengenal blog saya prihatin kalo nantinya itu domain gak sukses di blog saya.. nanti blog nya putih sebening sokl*n pemutih hanya ada bercak tulisan-tulisan aneh, tampa template keren :dadah:

      Delete
  39. Wah thanks Ben! :cium:
    Berpikiran pengen serius blogging dan vlogging mulai tahun depan, jadi definitely posting kamu satu ini bermanfaat banget buat aku hehehehe maatih eaaa :malu:

    ReplyDelete
  40. wah kapan2 nih berminat beli domain :D

    makasih bang :D

    ReplyDelete
  41. bang ben cara buat blockquote kaya punya bang ben gimana sih? apa cuma didomain [dot]Com aja ya? soalnya diblogger gak kaya gitu? kalau css editnya diamana? ._.

    ReplyDelete
  42. ka bena.. maaf kalo pertanyaannya gak mutu, hosting itu apa ya? bedanya apa sama domain? ._. daritadi mantau komen yang ada di sini nggak ngerti sama maksudnya yang itu.

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Bg bisa bantuin gue nggak ? Saya bingung nih pas mau ganti CNAMEnya

    ReplyDelete
  45. Thank you for such an honest and informative post! This is the first time I've stumbled upon your blog, and I am so happy that I did.Online Travel Agencies

    ReplyDelete
  46. Keren Infonya tapi ini bukan bagian dari promosi qwords kan , hehehehe

    by the way, domain .com yang 50rebu juga ada, makannya sebagai pengguna internyet di jaman skrng jangan pasif, coba cek sendiri .. goodluck

    yang gratis juga ada, cuman nunggu proses submitnya sekitar 7-10 Day.
    anyway comentar pake anonymous seru juga, ngumpetin privasi kayak hekel-hekel terkenal itu..

    salam anonyingus

    ReplyDelete
  47. bang mending bagi html buat desain blognya deh. :))
    di share ya bang...

    ReplyDelete
  48. bang bena, binusian 2011 kan ya ? peminatan ambil apa dulunya bang ?

    ReplyDelete
  49. bang, ane udah nyoba nih baru aja, biasanya besoknya udah langsung bisa di pake?

    ReplyDelete
  50. Bang itu header ada link homenya dari sononya ato bikin sendiri ? pakek apa bang ?

    ReplyDelete
  51. Aku pakai wordpress bang, dan beli domainnya langsung ke sana. Prosesnya simpel, nggak sesulit yg dibayangkan sebelumnya, hehe....

    Bongkar cara bikin emoticon dong!

    ReplyDelete
  52. Aku pakai wordpress bang, dan beli domainnya langsung ke sana. Prosesnya simpel, nggak sesulit yg dibayangkan sebelumnya, hehe....

    ReplyDelete
  53. wihh nice info nih bang ben, di bookmark yaak :))

    ReplyDelete
  54. wihh nice info nih bang ben.. di bookmark dulu yakk.. :))

    ReplyDelete
  55. Makasi bang. Aku udah coba. Nunggu konfirmasi aja, udah ga sabar buat nulis :)

    ReplyDelete
  56. Makasi bang. Aku udah coba, tinggal nunggu konfirmasi. Udah ga sabar nulis di blog yang pake .com :)

    ReplyDelete
  57. Wooh ikut nimbrung sambil ngopi bro.. eh ane juga baru bikin blogcepot.. lumayan baru.. langsung deh ane dandani pake domain.com hahah lumanyun keren...

    ReplyDelete
  58. Wah keren nih!, sumpehhh sampe tumpeh tumpeh gue baru tau caranya nice tips broh. ijin CTRL+D yeee... :haha: :huahaha::bengong:

    ReplyDelete
  59. Huuuaaaahhh, Selesai ngikutin tutor nya. Semoga bisa cepet dipake domainnya :D
    almuhblog.com

    ReplyDelete
  60. MAKASIH BANYAK BANG BEN AHAHAHAH AKHIR NYA DAPET INFORMASI YANG ENAK DI BACA& MUDAH MEMANG BENABLOG.COM TDK PERNAH MENGECEWAKAN BANG BENNN (LAGI BUTUH DOMAIN)

    ReplyDelete
  61. itu kalo blog kita di jadiin [dot]com postingan kita sebelumnya gak hilang kan bang?

    ReplyDelete
  62. Kalo dari blogspotnya sendiri (misal blognya di blogspot) nyediain domain dan proses lebih cepat gak ya? hehe Sapa tau gitu Om..ada yg tinggal sekejap mata *nyengir

    ReplyDelete
  63. Hadoh, jadi pengen beralih lagi ke blogspot nih. Tapi udah terlalu nyaman ngeblog di tumblr. Gimana donk? Padahal kalo pake blogspot lebih usefull, tapi kalo pake tumblr enaknya bisa ngepost tanpa harus ngasih judul. Tapi saya pengen tampilan kayak yang ada di blogspot... Jadi dilema, bang.

    Anyway, keren sharingnya. Ditunggu kali-kali mau bikin sharing buat pengguna platform tumblr.

    Thank u...

    ReplyDelete
  64. bang blog gue masa ada content warningnya gitu bang dari google. padahal gue ga pernah ngepost aneh aneh. itu cara ngilanginnya gimana bang?

    ReplyDelete
  65. bang gue pernah ngutak atik template dari blogskin tapi susah euy. belum jago hwhwhw kapan kapan bikin tutorialnya ya yang terbaru. kalo yang di youtube abang itu mesti pake classic template blogger yang lama kan sekarang udah ga ada tuh template itu dari bloggernya, jadi agak bingung gue :))

    ReplyDelete
  66. bang ben. kalau feed rss dan sama webmasternya gimana? perlu diganti lagi ga?
    blog saya : ahyarramadhan.blogspot.com mau beralih ke ahyarramadhan.com

    ReplyDelete
  67. Lengkap banget tutorialnye...klo udeh jadi ntu blognye jangan lupe ye..ngedaptarin di mariii.....:)
    Salam kenal mas kribo....

    ReplyDelete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. blog saya sudah jadi http://www.ahyarramadhan.com terimakasih bg ben. hehe

    ReplyDelete
  70. salam. bang ben. kalau buat deskripsi penelusuran di google kaya punya abang gimana? saya ko singkat? punya abang ko lengkap gitu kalau search di google? pengen kaya gitu. :(

    ReplyDelete
  71. maaciw abang bena tips nyaa, tapi masih pewe sama blogspot bang hehe :D betewe, template blog ada yang di renov ya bang

    ReplyDelete
  72. nice info bang ben. terima kasih banyak sudah berbagi ilmunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mampir ke www.qwords.com ;)

      Delete
  73. Makasih bang bena tipsnya, mohon izin nih mau nyoba dulu *sungkem* hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mampir ke www.qwords.com utk info lebih lanjut ;)

      Delete
  74. Baru tau Qwords bang.. nanti di coba deh.. :) :3

    ReplyDelete
  75. nah kalo misal bikin alamatemail@domaingue.com gimana tuh bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mengikuti tutorial berikut http://www.qwords.com/kb/2010/04/cara-membuat-email-account/ ;)

      Delete
  76. bang bena.. gw ga pandai design blog :( males jg sih. gw lbih suka posting. bang bena mau jd make over blog gw ga? hahaha biar kece juga kea blog bang ben :metal: :huahaha:

    ReplyDelete
  77. nice tips:) Simple tapi jelas dan bisa langsung di mnegerti! lain kali kasih tips tentang desain blog seperti bang bena yang super duper kreatf ini!

    ReplyDelete
  78. Bang Ben... bloggernya pake hosting juga ga?

    ReplyDelete
  79. Ampuuhh..
    Semoga ilmu lo barokah bang..
    Keep Blogging..

    ReplyDelete
  80. Bang bang apa sama kalo kita mau bikin toko online? :mikir
    minta pencerahannya juga dong bang :cium

    ReplyDelete
  81. Makasih bang bena, abang banyak nginspirasi aku untuk betah jadi blogger.

    Rasanya kalo udah mampir di blog abang, gue kayak mandi di es, dapat penyegaran. Thank's bg bena.

    Aku sih udah lama jadi pembacanya abang, tapi baru ini berani koment. :D

    ReplyDelete
  82. very useful bang :D
    top bnget dah hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kunjungi www.qwords.com ;)

      Delete
  83. Bang, kalo bikin banner yang kayak dihome benablog paling atas itu gimance bang? Tutornya bisa kallliii *kecup basah*

    ReplyDelete
  84. Ben ini tema blog nya pake apa ya??

    ReplyDelete
  85. thanks banget mas bena infonya....slam kenal

    ReplyDelete
  86. Terima kasih bang buat infonya.
    selain itu bisa juga bisa ngehosting di
    JaringanHosting.com
    :D

    ReplyDelete
  87. terimakasih masbroo, sangat bermampaat, buat saya dat kawan kawan , izin pake ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kunjungi www.qwords.com ;)

      Delete
  88. Ganti jadi domain (dot).com di tumblr masih harus bayar yah?
    Sayang juga platfom blog yang make-nya lebih gampang daripada blogger itu engga bisa dijadiin (dot)com secara gratis :((

    ReplyDelete
  89. Thank you Ben, berkat postingan ini blog aku sekarang punya domain sendiri kisasindahood.com
    Tapi pas ngalihin dari blogspot ke domain sendiri agak ribet Ben, kita yang ngatur dengan dikasih tutorial dari qwordsnya, bukan mas2nya yang nyettingin..

    ReplyDelete
  90. artikelnya bermanfaat banget bang..makasih banyak bang...langsung meluncur ke TKP..izin comot ilmunya bang..

    ReplyDelete
  91. Wow, terimakasih postingan keren-nya. semoga dicatat sebagai amal ibadah yang bermanfaat di dunia dan akhirat kelak, aamiin...

    ReplyDelete
  92. Mau tanya cara bikin header supaya kaya punya bena.. gimana yaa ??

    ReplyDelete
  93. Mau tanya klo mau buat header blog seperti punya benablog, gimana caranya yaa ??

    ReplyDelete
  94. mau tanya bagaimana cara bikin header keren kaya bena yaa ??

    ReplyDelete
  95. mantap gan, terima kasih banyak ya atas ilmunya :)

    ReplyDelete
  96. Bang, desain blognya keren banget bang. Cara nge desain2 gitu gimana?

    ReplyDelete
  97. Gak perna sukses mengarahkan DNS domain ke blogspot. sampe akhirnya nyerah dan pake selfhosting
    :D

    ReplyDelete
  98. di add record kan ada NAME (name ini di isi dengan nama domain baru kita atau domain hheheh.blogspot.com ? ),TTL (kalo ttl semuanya memang 14400? ) ,TYPE,CNAME (cname itu yang ghs.google.com atau kode yang panjang itu? )

    mohon bantuannya bang bena plissss

    ReplyDelete
  99. Bang gak ada yang sekali bayar yah ?? -_-

    ReplyDelete
  100. keren abis tutorialnya, isinya hal teknis tentang domain, tapi cara menulisnya menghibur bur burr
    mas benaa...jadi betah di mari mas...

    ReplyDelete
  101. bang, cara daftar free parking domain nya gimana sih?di bagian yg sini ngestuck, pdhl aku udah bayar

    ReplyDelete
  102. Widih... Rame ya nyang komen hehehe... Wajar aja sih, tulisannya bagus banget. Dah gitu lengkap lagi hehehe... Terus berkarya ya mas... Salam kenal dari saya :D

    ReplyDelete
  103. wah bisa di test ni hahahhaha lumayan .com dari pada domain ane yang lama .co.vu itu sih gratis selamanya tapi gak asek mw nya pake .net gw kira pake domain .com/.net itu mahal soalnya ane tanya tanya di blog blog lain di atas 300k hadeh ternyata di bawah 200k makasi bang ane bokmark dulu

    ReplyDelete
  104. Itu font blog nya apa namanya? Gmna cara gntinya?

    ReplyDelete
  105. keren bang, gue udah jadi nih. ni coba liat http://www.salaminzaghi.com/

    ReplyDelete
  106. Makasiih Bang untuk tip nya yg supeer sekali, ini mau dicoba dulu...

    ReplyDelete
  107. blog ente keren banget bro ,,, turotial cara mudah merubah domain blogspot menjadi .com dll asik .. sukses selalu y :d

    ReplyDelete
  108. mantsb ni informasinya. pengen bikin domain sendiri

    ReplyDelete
  109. nah ini yang gue cari!! thanks kak benaaa :haha:

    ReplyDelete
  110. Makasih infonya, lain kali design blog nya ya ben, heheee

    ReplyDelete
  111. Bang gue udah coba kenapa ngga dikirim alamat login ke Cpanelnya ya?

    ReplyDelete
  112. Wah infonya sangat bermanfaat sekali gan. izin nyimak ya gan dan jangan lupa update terus artikelnya. Oh iya sob, kapan-kapan saya akan mampir lagi jika ada waktu luang. hehehehehe. jangan lupa di update terus ya blognya. salam kenal.
    Cara Menerapkan Template Johny Wuss
    Thanks.

    ReplyDelete
  113. haha alasan yang pertama bener-bener alasan jangka panjang... Salam kenal bang bena. cara membuat blog yang keren

    ReplyDelete
  114. mantap gannnnn gue jadi penggen

    http://catatansutradaragokil.blogspot.com/

    ReplyDelete
  115. bang w mo buat web ni tpi w msih awam nbuta sama sekali.. w leh mnta pin u n no u bang.. ya buat sharing" aj.. :)

    ReplyDelete
  116. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  117. nice share, oh iya ngomong saya sudah selesai ngikutin tutornya sampai tahap akhir, nah kira2 berapa lama y domainnya bisa digunakan. soalnya semenjak di bikin udah 3 hari masih under construction

    ReplyDelete
  118. makasih banyak gan infonya.kalo misahin artikel dalam satu pus biar ga nyampur caranya gimana ya gan?

    ReplyDelete
  119. mantap abeeeeeeeeeesssssssssss,,,
    makasih bang,,,
    langsung ke tkp neh,,,,,
    oh iya salam kenal dari gorontalo,,,,,

    ReplyDelete
  120. kalo gak punya duit bisa cari yg gratisan.. kayak gue.. :3 hahaha ==> www.slemutblog.tk

    ReplyDelete
  121. Iyaaaah si om keribo kasi tips ujung ujung bayar juga ya om. Gahahahahak

    ReplyDelete
  122. Thanks ya bg bena... jadi ga ragu lagi sekarang untuk buat domain di qword. dan jelas seklai penjelasannya :D

    ReplyDelete
  123. Menurut saya cara membuat domain TLD yang bagus itu yang tentunya harus memiliki ranking tinggi menurut google, domain gratis sih nggak papa kalau menurut saya (nggak harus bayar) :)

    ReplyDelete
  124. bang gimana caranya bikin tulisan benablog di dalam kacamata itu ? mohon bantuanya

    ReplyDelete
  125. wah keren nih bang, biar tambah semangat hahay

    ReplyDelete
  126. Mas Bena, Mau nanya boleh?
    Setelah ganti domain dot com, artikel lama dari blog tetap bisa dilihatkan..melalui alamat domain baru.

    ReplyDelete
  127. bang, gue kan mau daftar nih. terus ada tulisan kek gini (belum termasuk hosting blablabla). klo kagak pake hosting bisa? biar kagak bayar mahal.

    ReplyDelete
  128. gileee salut ama yg punya blog rajin banget nulisnya... EMotnya bisa jdi foto authornya lagi
    I really appreciate it! :D

    ReplyDelete
  129. bang, kok punya ku malah munculnya "index of ... " gitu?
    udah nunggu 4 jam..

    ReplyDelete

Silakan bebas comment :) No SPAM Please. Thank you!