Loading...

[STORY] Bantu Bena Bikin Thumbnail Youtube??


Hai guys,

Jadi gue pengen ngerapihin thumbnail di channel YouTube gue, soalnya gue ngerasa beberapa kali gue gonta-ganti template dari kemaren-kemaren masih kurang cocok dan kurang greget aja. Nah karena itu, gue pengen bikin semacem sayembara gitu nih buat kalian yang suka design, siapa tau mau bantu gue untuk edit thumbnail video gue.


Tapi sebelum gue milih siapa yang bakalan bisa join bareng team gue untuk jadi freelance designer, gue mau bikin ujiannya dulu nih! :))

Langsung aja gue jelasin gimana caranya ya!

Ketentuan thumbnail:
1. Ratio foto 16:9
2. Foto/thumbnail terlihat jelas meskipun dari layar handphone kecil (close up)
3. Tulisan/Judul video terlihat jelas meskipun dari layar smartphone kecil
4. Pemilihan warna yang sesuai, tidak terlalu mencolok dan tidak terlalu banyak warna.
5. Pemilihan font yang cocok, gampang dibaca konsisten dan tidak terlalu banyak.
4. Hindari tulisan di bagian ujung kanan bawah (seperti contoh berikut) karena akan ketutupan sama durasi video.
hindari tulisan di ujung kanan bawah thumbnail


Thumbnail yang bagus itu yang seperti apa sih bang?

Thumbnail yang bagus itu adalah yang gambarnya jelas, menarik perhatian (tidak misleading), tulisan/judulnya terlihat jelas meskipun dilihat dari layar smartphone kecil, nggak terlalu banyak tulisan.

Di bawah ini adalah beberapa contoh foto yang bisa kalian gunakan untuk jadi thumbnail, begitu juga dengan judulnya.

Kalo kalian udah selesai bikin thumbnailnya (boleh kasih beberapa alternatif), kirim ke benazio.rizki[at]gmail.com dengan subject "THUMBNAIL - Nama Kalian".

Judul/Tulisan: BENA POTONG RAMBUT?!?! atau BENA UDAH NGGAK KRIBO?!?!

Judul/Tulisan: BENA MAU NIKAH?! / Short Story of Bena & Vendry

Gue tunggu thumbnail versi kalian ya!
Terima kasih banyak!



Updates 20 Januari 2016:

Udah ada lumayan banyak nih yang kirim ke gue, jadi gue taro di sini ya beberapa dan sekalian gue kasih komentar juga tentang thumbnailnya, itung-itung sekalian belajar bikin thumbnail youtube kan, hehe. Biar nggak merasa gimana-gimana, gue nggak tulis namanya ya, :).

Basicly udah oke. Templatenya jelas, bisa dipake di berbagai video. Tulisannya terbaca, tapi karena dia ambil thumbnail dari video gue yg sama aulion, kurang menunjukkan lagi Main Game-nya. 

Sori, tapi ini masih belum yah. Foto nggak diedit, buletan biru juga tidak berbentuk lingkaran, pemilihan font masih kurang pas dan juga mestinya jangan di-stretch, dan penempatan tulisannya tidak pas. Kalo nanti judulnya panjang-panjang bakalan susah.

Cukup oke. Templatenya juga jelas. Penempatan tulisan dan spasi antar kata kurang enak, dan ada satu kesalahan sangat fatal. Apa itu? Ya coba liat aja sendiri. :))

Lumayan asik nih. Tapi buat gue sih masih agak terlalu dark, mungkin bisa jadi lebih bright lagi, kayak gunting-gunting di belakang bisa ganti warna or something, but you did a nice job, apalagi dengan ngasih kumis, jenggot dan tangan wolverine. Kreativitasnya udah dapet gitu. :D

I like this one. Simple, rapi, templatenya oke. Fontnya juga bagus, pake kapital dan keliatan tegas banget dan gampang dibaca. Ga pake terlalu banyak warna bahkan warna backgroundnya dimiripin sama warna baju gue, which jadinya senada. Oiya, judulnya sengaja dia bikin beda, tapi gue ngerti kok maksudnya. Cuma sebagai contoh aja.

Asik juga nih. Rambut gue di-Blur instead of dibuletin kasih tanda tanya kayak thumbnail aslinya. Bagus tapi kurang menarik perhatian sih karena kalo dari layar kecil blur2nya itu kurang keliatan. Dan pemilihan background kertas itu bagus karena ceritanya kan gue ngeVLOG, jadi kayak semacam Diary, dan tulisannya juga oke. Agak mirip kayak Diary Komediannya Raditya Dika sih, tapi bisa lebih dibedain kok. :))

Too simple. Kalo kayak gini gue bisa bikin sendiri juga hehe. Designnya kurang berkonsep, but it actually quite good.

Background merah dan pinknya agak kurang jelas bentuk apa, dan fontnya kurang pas dan fatal sekali kalo font itu di-stretch. Terus belajar ya!

Simple, tapi masih mirip-mirip kayak yang udah gue punya sekarang, masih butuh konsep yang beda lagi dari yang udah ada sekarang :)

Boleh juga dia ngebentuk thumbnailnya dan ngasih tulisan di situ, tapi yang kurang dari sisi pemilihan font, warna dan penempatan tulisannya aja yang kurang rapi. :D

Pertama, tulisannya nggak tepat di tengah. Padahal dia bisa aja zoom dikit foto yang gue kasih, terus di ketengahin. Terus overall terlalu gelap dan susah diliat. Mungkin lo jago untuk bikin design yang dark dan gothic. :D

Mirip kayak punya gue yang udah ada tapi lebih berkonsep dengan bentuk kribo-kribo. Tapi tulisannya masih terlalu kecil. Terus kok foto gue jadi pixelate gitu? What's wrong?

Ini pasti cewek deh yang bikin. Keliatan dari warna, rapi, dan juga stylenya. Btw itu judulnya maksudnya pilih salah satu. Terus tulisannya masih terlalu kecil untuk dibaca di smartphone berlayar kecil. Tapi nice!

Masih kurang nih, tulisan judulnya lebih kecil daripada kategori videonya. Dan warnanya juga terlalu dark untuk nunjukkin kalo gue lagi mau ngasih surprise kalo gue abis potong rambut. Terus belajar ya!

The Chosen One!

Thank you banget yang udah ngirim thumbnail ke email gue! Gue udah liat semua sampe yang terbaru juga udah gue liat, tapi Alhamdulillah, gue udah menemukan satu yang gue suka dan gue pengen coba realisasiin di youtube gue. Jangan kecewa ya! Terus berkarya, atau kalian bisa pake skill kalian buat bikin thumbnail youtube kalian sendiri! thank you yang udah pake waktunya buat ikutan bikin ya! I really appreciate you guys! :)

Follow social media account gue yang lain:
Snapchat, Instagram, Twitter - @benakribo


benablog.com - life journal, what's trending and everything youth need to know.
youtube 2508654908279943179

Post a Comment

Silakan bebas comment :) Promosiin blog sendiri di dalam comment lebih baik daripada nyebar Spam di dalam comment box blog orang. I really appreciate it! Thank you! :D

emo-but-icon

Home item

My Steller Stories

Random Posts

Blog Archive

Follow My Twitter

My Clothing Line

Statistics