Loading...

[ARTICLE] Bimbingan Belajar versi Online?! Beneran ada??


Jadi beberapa waktu lalu gue baru aja main ke launchingnya Quipper Video di Grand Indonesia. Iya, fotonya udah sempet gue post di Instagram gue. Tapi di Instagram gue cuma bisa jelasin sedikit tentang Quipper ini, nah sekarang gue akan jelasin versi panjangnya karena menurut gue ini akan sangat bermanfaat buat kalian yang masih muda-muda masih sekolah, apalagi yang mau persiapan UN/SBMPTN.




Kalo kalian pembaca setia blog gue, mungkin udah tau kalo gue lumayan sering nulis tentang pendidikan. Nah, begitu juga apa yang bakalan gue tulis ini nih. Jadi Quipper Video itu adalah semacam Bimbel Online/e-learning, jadi kita belajarnya sambil nonton video, yang kontennya udah lengkap banget dan diajarin sama guru-guru yang udah berpengalaman. Asik banget! Nggak kayak zaman dulu, boro-boro nonton video, nyatet pelajaran aja nggak bisa pake handphone, kudu nulis puanjaaang sampe pegel. Jari pada kapalan semua, heuheu.


Terus kalo kita belajar dari Quipper Video ini, kita nggak harus dateng ke tempat les. Justru karena ini e-learning, kita jadi bisa belajar dimana aja kapan aja asal ada koneksi internet. Jadi bisa banget tuh buat belajar bareng temen-temen sambil nongkrong di Café, misalnya. Pasti jadi lebih comfortable dan nggak ngebosenin.



Zaman dulu waktu gue SMA sekitar tahun 2007, ikut bimbel bisa ratusan ribu sampe jutaan rupiah. Udah tempatnya jauh, Jakarta macet, belom lagi laper di jalan. Untung aja gue waktu itu pulang-pergi masih bisa nebeng sama temen gue, jadi masih lumayan hemat ongkos. Tapi yang gue keselin lah ini, si Quipper masa bayarnya murah banget! Cuma bayar sekali untuk langganan selama 10 bulan! Dibandingkan dengan bimbel biasa yang tiap bulannya harus bayar ratusan ribu. Gila banget sih, lumayan banget buat ngirit, malah siapa tau bisa dapet tambahan uang jajan dari orang tua buat banyakin quota internetan, hehe. Bener kan, tapi? :D


 

That’s why gue seneng banget buat share hal kayak gini. Temanya pendidikan, tapi juga memanfaatkan teknologi. Karena gue yakin, pendidikan adalah sektor utama yang paling-paling-paling harus dibenerin demi masa depan Indonesia yang lebih baik. Makanya, kalian semua yang lagi persiapan buat menuju universitas impian, manfaatin ini sebaik mungkin.

Gue jadi inget waktu gue mau kuliah dulu. Sebelum Ujian Nasional itu jadwal bener-bener sibuk parah. Sekolah dari pagi sampe sore, pulangnya bimbel sampe jam 7 malem, pulang macet (untung nebeng temen, hehe), sampe rumah jam 9 malem. Belom lagi kalo weekend, juga ada tambahan bimbel versi SMPTN (sekarang namanya SBMPTN), jadi nggak weekdays nggak weekend, belajar mulu kerjaannya. Dan menurut gue, apapun yang terlalu banyak atau berlebihan itu kurang baik, meskipun itu tentang belajar. Gue pernah baca sebuah artikel bahwa istirahat itu sangat diperlukan terutama disela-sela waktu bekerja, jadi otak kita itu nggak stress karena terlalu banyak berpikir. Istirahatnya itu juga bisa macem-macem. Bisa tidur sejenak, bisa ngelakuin sesuatu yang menyenangkan, makan, atau apapun yang kita senengin asal kita juga tau waktu, jangan sampe malah keasikan main eh belajarnya sampe lupa, heuheu.

ceritanya waktu masih SMA..

Beberapa tips gue untuk bisa fokus belajar itu adalah: 
1. Belajar di sebuah tempat yang comfortable.
Dengan makanan ringan favorit dan juga musik yang tenang. Kalo gue sih lebih suka musik instrumental, supaya nggak keganggu dengan ikutan nyanyi dan akhirnya nggak fokus.

Jadi belajarnya antara di kamar, atau di sebuah café yang sepi. Jangan lupa juga buat matiin dulu notifikasi handphone, supaya nggak mengganggu proses belajar. Oiya, selain itu gue juga biasanya belajar bareng sama temen-temen gue yang pinter-pinter. Jadi kalo kita bingung bisa sekalian nanya-nanya langsung deh!

2. Mengatur jadwal belajar gue. 
Gue nggak belajar sampe tengah malem yang bikin kantong mata gue sampe segede shopping bag. Biasanya gue belajar sampe jam 9 atau 10 malem aja, abis itu gue istirahat. Kenapa? Ya seperti yang gue bilang tadi, otak kita juga butuh istirahat.

jangan sampe kemaleman dan begadang melulu..

3. Terakhir! Jangan lupa untuk sarapan, dan juga minum vitamin. 
Sarapan itu penting banget buat ngebantu aktivitas kita di pagi hari (saat ujian pagi), dan vitamin juga biar kita tetep sehat. Kalo lo nggak biasa minum vitamin, bisa diganti dengan ngebiasain diri makan buah, atau minum madu biar setrong :D

By the way, E-Learning Quipper Video ini juga boleh banget buat dicoba lho, banyak banget hal-hal yang tadi gue sebutin di atas yang bisa digantiin dengan bimbel online. Belajar bisa dimana aja, kapan aja, sama siapa aja ☺

Semoga tulisan dan tips-tips gue bermanfaat ya buat kalian yang masih pada di sekolah! Semoga sukses ujian nasionalnya dan SBMPTN-nya!!!! PURSUE YOUR PASSION, REACH YOUR DREAM!!! :D

Buat yang penasaran sama Quipper, bisa langsung cek-cek aja ke akun-akun Quipper di bawah ini:

sbmptn 2317449919996975450

Post a Comment

  1. wah bagus gan :)

    benablog.com salah satuh blog terkemuka yah .. saim...hhe

    ReplyDelete
  2. Wah sebenarnya gue udah tau lama, jadi penasaran pengen coba.

    ReplyDelete
  3. e-learning ini mungkin akan menjadi salah satu cara pendidikan dimasa akan datang..jadi inilah permulaannya

    ReplyDelete
  4. makasih infonya bang ben. cusss langsung cek websitenya Quipper xoxo

    ReplyDelete
  5. Asik akhirnya bisa ikutan bimbingan belajar Online walaupun harus bayar. hahahahah... Oh ya Kak Bena, pernah ngalamin sakit perut saat ujian gak?

    ReplyDelete

Silakan bebas comment :) Promosiin blog sendiri di dalam comment lebih baik daripada nyebar Spam di dalam comment box blog orang. I really appreciate it! Thank you! :D

emo-but-icon

Home item

My Steller Stories

Random Posts

Blog Archive

Follow My Twitter

My Clothing Line

Statistics