Loading...

WD My Cloud EX4100: Punya ‘DropBox’ pribadi di rumah!

“Skripsi udah mau kelar, tiba-tiba laptop gue kemalingan. STRESSSSSSS” – Handoko. Mahasiswa ...


“Skripsi udah mau kelar, tiba-tiba laptop gue kemalingan. STRESSSSSSS” – Handoko. Mahasiswa semester tiga-belas yang lagi-lagi terhambat untuk lulus kuliah.
“Mau bikin video unyu surprise anniversary buat pacar, foto-foto dari zaman pacaran dulu ilang….” – Michelle. Gagal romantis.
“AAAKKKK TUGAS-TUGAS GUE, FOTO-FOTO LIBURAN GUEEEEE!!! ARRGGGHHAEHJAHKJGLKEWHGGSADFWEF” – Syaipul AKA Ipul The Traveler. Traveler yang stress kehilangan foto-foto liburan keliling dunia.

Dari zaman dulu sampe sekarang, masih sering gue denger kasus tentang komputer atau laptop temen gue yang hilang, rusak, kemalingan, kebanting, jatoh, atau ketelen. Dan rata-rata mereka nggak terlalu mempermasalahkan rusaknya komputer tersebut, tetapi mereka stress setengah mati karena semua data yang ada di dalem komputer tersebut antara hilang, atau corrupt alias nggak bisa dibuka lagi alias TAMAT.


Berangkat dari situ, sejak kuliah dan juga sejak laptop gue pernah kemalingan beberapa tahun lalu, gue mulai simpen data-data penting gue di dalem awan. Yoi di dalem awan, alias menggunakan sebuah Cloud Service seperti DropBox. Supaya gue bisa akses data-data gue dari mana aja. Dari rumah, kampus, kantor, laptop temen, bahkan dari handphone sekalipun. Hati langsung lega banget karena kalo amit-amit komputer gue rusak lagi, gue akan tetep bisa akses data-data gue di komputer yang lain atau di komputer yang baru.

Tapi, ada beberapa kekurangan dari memakai sebuah Cloud Service. Terutama buat kita yang tinggal di Indonesia. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Internet speed di Indonesia masih belum stabil. Terutama Upload Speednya. Karena saat kita mau taro data-data ke Cloud Service, kita andalinnya kecepatan Upload. Dan rata-rata di Indonesia masih pelan banget. Contohnya, bisa makan waktu lebih dari 30 menit untuk upload data berukuran 100MB atau lebih.
2. Untuk orang yang profesinya mirip-mirip kayak gue, butuh banyak banget memori untuk nyimpen data-data/file-file video, dan ukurannya bisa gede-gede banget sampai berGiga-Giga. Bakalan lama banget kalo gue upload file tersebut ke Cloud Service.
3. Butuh biaya bulanan/tahunan untuk menggunakan Cloud Service. Semakin gede memori yang kita pake, bisa semakin mahal juga biaya maintenancenya.
4. Data kita bisa dibilang aman, selama perusahaan Cloud Service itu tetep ada dan tanpa masalah.

That’s why sekarang gue lagi seneng banget karena dapet mainan baru, alias gadget baru yang namanya WD My Cloud EX4100.


Buat lo yang udah familiar sama DropBox, ini sebenernya mirip sama dia, cuma DropBox-nya ini punya kita sendiri, ditaro di rumah/kantor kita, dan kita sendiri yang manage.
Kelebihan dari menggunakan Personal Cloud seperti WD My Cloud EX4100 antara lain:
1. Kalo di rumah kita udah ada internet yang terhubung ke WiFi (pastinya pake Router juga), kita nggak perlu pake koneksi internet lagi buat pindahin data ke dalem Personal Cloud. Cuma tinggal pindah-pindahin data kayak biasa aja! Apalagi kalo colok langsung ke WD My Cloud EX4100-nya, mau transfer data berpuluh-puluh atau beratus-ratus GB juga nggak masalah, jaaaaauh lebih cepet!!
2. Nggak ada biaya perbulan/pertahun. Sekalinya punya Personal Cloud yaudah selamanya punya kita.
3. Tingkat keamanannya sesuai dengan rumah/kantor kita. Kalo perlu digembok sekalian biar nggak kenapa-kenapa hehe.
4. Tetep bisa pake DropBox!

Gimana gimana, pusing nggak? Nggak kan? Kalo misalnya pusing, ini gue kasih liat fotonya aja, sekalian gue kasih contoh-contoh dalam pemakaiannya :D


“Itu kok bentuknya gede banget gitu, Ben? Ada 4 slot itu buat apaan?”
Nah, ini yang bikin WD My Cloud EX4100 ini beda. Jadi Personal Cloud yang satu ini ada 4 slot buat masukin Harddisk (HDD). Mau size Harddisk-nya segede apa ya terserah kalian.
“Tunggu, tunggu. Berarti, kalo gue beli WD My Cloud EX4100 ini cuma dapet kotaknya doang gitu? Ga dapet Harddisknya?”
Bisa jadi! Maksud gue, ada beberapa pilihan saat beli WD My Cloud EX4100 ini.

- WD My Cloud EX4100 tanpa harddisk (artinya, kita bisa atur sendiri mau beli harddisk yang mana dan ukuran berapa)
- WD My Cloud EX4100 dengan memori kosong 8 TB.
- WD My Cloud EX4100 dengan memori kosong 16 TB.
- WD My Cloud EX4100 dengan memori kosong 24 TB.
Note: 1TB = 1 TerraBytes =~ 1000 GB (GigaBytes)

Kita bisa cek langsung settingan lengkap dan ngeliat gimana keadaan Personal Cloud kita saat berada dalam network yang sama (misal di rumah)

tampilan summary dari WD My Cloud EX4100 gue

tampilan keadaan dari masing-masing harddisk gue


Malahan, ada beberapa keuntungan lagi kalo kita pake Personal Cloud model WD My Cloud EX4100 ini:
1. Kita tetep bisa pake DropBox.
2. Terus, karena WD My Cloud EX4100 ini kita taro di rumah dan tersambung ke wifi rumah, jadi kalo kita transfer data ataupun ngelakuin hal lain seperti Streaming video/film bakalan super lancar selama di dalam jaringan wifi rumah!
3. Hemat listrik.
4. Colokannya banyak banget! Jadi bisa pake sekaligus banyak, ataupun kalo ada colokan yang rusak, masih ada cadangan satunya. NICE! TEPMAN!

“Terus kalo udah keluar rumah, nggak bisa diakses lagi gitu?”
Bukan gitu bosh! Kalo kita udah keluar rumah, tinggal download aja aplikasi WD My Cloud buat di laptop/komputer lain, atau aplikasi My Cloud di iOS ataupun di Android lo. Dari aplikasi itu bisa langsung akses tuh semua data dari WD My Cloud EX4100 yang ada di rumah! Dan nggak akan makan memori handphone lo kalo lo cuma akses doang! Makan memori kalo elo download data tersebut ke handphone lo (yaiyadong).

 kita bisa langsung dengerin lagu dan liat foto yang udah kita taro di My Cloud kita.

 kita bisa langsung liat video-video yang udah kita taro di My Cloud kita.


 kita bisa akses data apapun yang ada di Cloud kita, bahkan Dropbox, Google Drive dll.
contoh video streaming langsung dari aplikasi tanpa lemot

Kalo kalian pengen tau lebih jelas penampakannya, langsung nonton aja reviewnya dari youtube gue di Geektalks edisi Review WD My Cloud EX4100!
Selain WD My Cloud EX4100, ada lagi kok model Personal Cloud yang lain dari WD (Western Digital), mulai dari yang versi kecil sampe yang gede.


Semoga tulisan ini bermanfaat buat kalian semua! Semoga jadi tambah update, tambah pinter, dan semoga kalian nggak akan pernah lagi kehilangan data-data penting dalam hidup kalian! :D


Produk-produk My Cloud Expert Series didistribusikan oleh PT SisTech Kharisma di Indonesia.

benablog.com - life journal, what's trending and everything youth need to know.

wd 4358844621531409317

Post a Comment

  1. Alhamdulillah akhirnya ada juga yang kayak gini :sip:
    Thanks bang ben ! :metal:

    ReplyDelete
  2. weh bolah juga tuh alat nye bang.. keren tuh bang....

    ReplyDelete
  3. Harga sama cara dapetin / beli nya gimana bang beennnn

    ReplyDelete
  4. Harga sama cara dapet atau belinya bang beeen

    ReplyDelete
  5. Kayanya template bang bena bermasalah?
    kok tulisan komentarnya ga muncul :v


    visit back HZ

    ReplyDelete
  6. great! tapi, bujet nya berapa bang? :bengong:

    ReplyDelete
  7. Bang Ben, itu mycloud bisa dibikin jadi hosting gak sih?kalo bisa ane mau bikin blog download gratis nantinya, wkwkwkw

    ReplyDelete

Silakan bebas comment :) Promosiin blog sendiri di dalam comment lebih baik daripada nyebar Spam di dalam comment box blog orang. I really appreciate it! Thank you! :D

emo-but-icon

Home item

My Steller Stories

Random Posts

Blog Archive

Follow My Twitter

My Clothing Line

Statistics