Loading...

#Benasaran? TANYA BENA! (Tema: All About Instagram)


"Bang, main ask.fm nggak bang?"
"Itu Benakribo di ask.fm punya bang bena?"

Sempet banyak yang nanyain soal Ask.Fm di twitter gue, dan buat yang nanya apakah itu akun gue yang ada di ask.fm, jawabannya adalah bukan. Gue nggak pernah bikin akun ask.fm sampai sekarang.

Menurut gue, ask.fm agak nggak perlu untuk gue, karena udah ada twitter, email, dan social media lainnya. Kalo mau tanya ya sebenernya bisa langsung tanya aja, nggak harus punya satu social media khusus nanya-nanya.

Nah, sebenernya dulu banget gue sempet bikin postingan khusus buat kamu-kamu yang mau tanya-tanya tentang hal apapun. Sekarang gue kepikiran untuk bikin itu lagi, mungkin enaknya mingguan atau setiap dua mingguan gitu sih. Hmm.. kira-kira apa namanya ya, gimana kalo as simple as..

#BENASARAN? TANYA BENA!

Biar in-line sama yang sering gue tanyain juga di twitter setiap gue penasaran, gue kasih hashtag #benasaran.

Sebelum gue mulai episode pertama di postingan ini, gue kasih tau beberapa hal terlebih dahulu ya!

#################################################
FOR YOUR INFORMATION

#################################################

Kalian boleh tanya ke gue tentang apapun, tapi kalo kamu mau jawaban gue yang lebih panjang, jelas dan spesifik, gue mempunyai pengetahuan yang cukup banyak tentang hal-hal berikut ini:

- Blogging
- YouTube
- Videografi (Produksi, Editing, dll)
- Fotografi
- Camera DSLR (terutama Canon)
- Stopmotion
- Instagram
- Teknologi



#################################################
PERATURAN
#################################################

Karena ini masih episode awal (trial), sistemnya gue akan coba untuk menjawab minimal 20 pertanyaan tercepat (kalo emang ada 20an lebih) yang emang oke (nggak di luar tema), jelas, dan sesuai dengan tema episode tersebut.

Nah untuk episode pertama ini, gue akan buka sesi
#Benasaran? Tanya Bena! dengan tema
INSTAGRAM.

Karena lagi hot-hotnya nih.

Buat kamu yang mau bertanya soal yang lain, simpen dulu pertanyaan kamu, nanti coba ditanyain saat temanya sesuai. Gue bakalan update jawaban-jawaban dari pertanyaan kalian, langsung di postingan ini. Jadi make sure kalian sering-sering cek ke sini untuk liat apakah pertanyaan kamu udah di jawab apa belum, sebelum gue tutup sesi Tanya Bena-nya!

Gue tunggu pertanyaannya ya! Langsung tulis aja di comment! Sebutin juga nama, dan username twitter/instagram kamu. :)

#################################################

#BENASARAN? TANYA BENA!
Edisi "Instagram"

1.
Dari: @kurniawankukuh
Pertanyaan: Gimana supaya menarik orang lain tau kalau kita (misalnya) punya konten yang (menurut kita) keren? (selain gabung @indovidgram heheheh) kan ig nggak punya fitur retweet bawaan. trus naroh hashtag banyak banyak perlu nggak sih?

Jawaban:
Jawaban: Kalo mau konten (terutama video) kamu diliat banyak orang, pastinya join @indovidgram (http://bit.ly/joinIVG), hehe. Tapi selain itu, kamu bisa manfaatin banyak social media lain untuk kamu promosi konten kamu. Misalnya share di Twitter, FB, dan yang lagi ngetrend sekarang Path yang udah bisa punya 500 temen, which mean kalo temen-teman kamu suka sama karya kamu, mereka akan sukarela nyebarin ke temen-temennya yang lain.

Instagram emang saat ini belum punya semacam fitur retweet bawaan, tapi kamu bisa ngelakuin hal yang lagi sekarang lagi gue lakuin juga, yaitu nyebarin info ke banyak orang kalo ada banyak lho aplikasi untuk Regram postingan Foto/Video di Instagram. Salah satunya "Repost", "InstaRepost", dan lain-lain.

Naroh hashtag memang bisa sebagai cara buat promoin karya kita sih ke orang yang memang suka juga dengan konten yang kita bikin (asal hashtagnya nggak ngaco, misalnya gambar selfie tapi hashtagnya #sky #nature #love). Tapi setau gue, foto/video yang masuk popular page, itu nggak pake hashtag banyak-banyak alias jadi semacam spam.

Tapi sekarang Explore Page terbagi 2 lho. Foto/Video yang ada di sana ada yang memang popular karena likesnya banyak. Ada juga yang masuk Explore page karena itu adalah foto/video temen lo, atau temennya temen lo, atau yang temen lo like. Now you know! :D

2.
Dari: Ade Nuri Dermawan (@adeqyuw)
Pertanyaan: Kalo misalkan video yang lo buat ternyata lebih/kurang dari 15 detik cara ngatasinnya gimana bang ?
Jawaban:
Instagram memang membatasi video lo dengan durasi minimal 3 detik dan maksimal 15 detik. Dan kalo dari pertanyaan lo, kalo emang video lo kurang dari 15 detik tapi isi dari video tersebut sudah sangat jelas dan diprediksikan 'pesannya' bakalan nyampe ke penonton, ya fine aja, nggak ada masalah. Tapi kalo video lo lebih dari 15 detik, itu yang biasa jadi masalah, gue juga sering begitu.

Mau nggak mau, lo harus edit lagi video lo detik demi detik sampe durasinya bisa masuk ke 15 detik. Tapi jangan sampe ngilangin materi penting dari video tersebut. Kalo ternyata setelah dipendekin jadi 15 detik malah jadi aneh videonya, well, lo harus coba pikirin lagi sebelum bikin video, bagian mana yang bisa dipersingkat, kontennya tetep dapet dan bisa pas atau kurang dari 15 detik.

Beberapa tips yang biasa gue lakuin di video gue adalah:
1. Ngomong dibikin cepet
2. Kalo lo bikin sebuah percakapan, edit video + suaranya biar lebih efisien dan dinamis. Buat liat contohnya, tonton video yang bakalan gue upload minggu depan di akun IG benakribo.
3. Apus hal-hal yang nggak penting. Misalnya, saat lo ngomong panjang, kalo misalnya ada jeda berhenti buat napas, cut aja napasnya, jadi lo bisa save at least 0.1 second. lumayan lho.

3.
Dari: @ayyuaqilah
Pertanyaan: Bang, aplikasi android yg bagus buat edit video apa ya bang? aku udah coba videoshow, tapi kurang bagus karna setiap kita merge video gitu mesti ada jeda hitamnya gitu bang :( kalo video bang bena dkk tuh kan gak ada jedanya kan yaa.. jadi gagal remake mulu deh aku bang gara-gara gak ada aplikasi yg bagus :(

Jawaban:
Sejujurnya aja gue kurang tau tentang Android. Tapi sekarang gue lagi pelajari seluk-beluk tentang mobile editing di Android. Sebenernya aplikasi editing di Instagram itu sendiri udah powerful, bisa langsung ambil video dari gallery, tapi kalo ga salah versi Android belum bisa ya? Semoga aja nanti bakalan ada update terbaru buat IG Android ya..

Kalo dari yang gue browsing sih, ada tuh namanya VidTrim, terus juga Video Maker Pro Free. Coba browsing-browsing aja dulu "android video editing app", cari dulu yang gratisan. Banyak-banyakin coba aja :D

4. Dari: Billy Sinaga
Pertanyaan: Cara lu bisa sisipin tulisan / backsound di video Instagram itu gimana, bang? Apa perlu diedit di pc lagi atau ada aplikasinya di gadget (iOS / Android)? Kalau ada aplikasinya, kasihtau yaaa..

Jawaban:
Kebanyakan video gue di Instagram (@benakribo), itu semua prosesnya dilakukan hanya dari iPhone. Mulai dari rekamnya, editnya, warnainnya, tambahin tulisan dan lagu itu semua pake bermacam-macam aplikasi.

Kalo aplikasi buat ngasih tulisan / subtitle, yang paling bagus itu pake Gravie. Kalo buat nambahin backsound itu ada banyak banget salah satunya Lumify (Gratis), terus ada instaVM, dll. Gravie pun bisa kok nambahin lagu. Tapi kalo mau lengkap bisa semuanya, download iMovie buat iPhone. Emang sih agak mahal, tapi worth it banget.

5. Dari: @deaashanur (twitter & ig)
Pertanyaan: Bang, aku #benasaran bgt sama bersin teleportnya. Kok bisa halus bangeeeeet gitu pergantian dari video awal trs "teleport" ke video keduanya? Pengaruh cara pengambilan videonya atau pas ngeditnya?

Jawaban:
Okeh, begini nih langkah-langkah mau bikin video #bersinteleport.
1. Rekam video pake kamera depan, lalu mulai ngomong sesuai skenario elo. Terus saat bersin, pastiin bersinnya kenceng, lalu bersin SAMPAI KE DEPAN KAMERA (kenain aja kepala lo ke kamera) dan lakukan itu semua dengan sangat cepat. Kalo pas bersin kamera ketutupan, itu pas banget, karena kalo nggak ketutupan, bakalan keliatan keputus-putus dan nggak mulus hasilnya. Pas bersin sambil gerakin hpnya dengan cepet juga boleh banget.
2. Rekam video ke-2 nya di tempat tujuan lo teleport. Nah, mulailah dari bersin seperti video ke-1, lalu ngomong aja sesuai skenario video lo.
3. Kalo udah, buka Instagram (for iOS), masukin video pertama (ambil dari camera roll), terus potong pas bersin, pas kepala kita nutupin kamera, atau sampe gelap deh. Kalo udah, masukin video ke-2, sambungin pas bersin saat kameranya ketutupan kepala, lanjut sampe ending.
4. Udah selesai! Nggak perlu aplikasi editing lainnya. Kalo kamu pake Android yang setau gue nggak bisa ambil video langsung dari gallery, berarti kalian harus edit dulu videonya pake aplikasi video editing di Android salah satunya Video Maker Pro, VidGram dll. Semoga berhasil!

6.
Dari: Hanna Ridha (@hannardh)
Pertanyaan: Bang sebelumnya makasih banget udah ngadain segmen beginian. Saya mau nanya software yang dipake buat video thank to followers pake apasih? adobe premiere? Kalo boleh ada saran lain ga softwarenya selain itu, terutama buat pengguna windows xp atau 7. Oh iya ide-idenya juga keren, dapat darimana?

Jawaban:
Di video ini: http://instagram.com/p/mAXWfUpEC0/, gue editnya pake software Adobe After Effects, itu pake teknik 3d motion tracking. Ribet kalo dijelasin di sini, tapi kalo kamu mau belajar, bisa search aja di youtube, "After Effects 3d tracking tutorial", dan software ini bisa dijalanin di Windows kok. Download langsung aja di Adobe, free trial! :D

Kalo ide-ide, pastinya ide itu datangnya dari mana-mana. Kadang dari kehidupan sehari-hari, kadang dari temen-temen, kadang dari apa yang gue liat di internet, di youtube, di TV, di berita, di jalanan, di mall, di cafe, semuanya. Salah satu hal yang penting adalah banyak browsing, banyak baca. Terutama tentang yang kamu minatin. Cari siapa orang-orang yang jago di bidang yang kamu suka, baca-baca artikel tentang dia, cari karyanya, serap ilmunya, gunain kreativitas untuk bikin sesuatu yang beda dari dia, meskipun inspirasi datang dari dia! good luck!

7.
Dari: @accill
Pertanyaan: Bang Ben biasanya bikin video buat instagram ngedit di hp / laptop? Pake aplikasi apa yg oke bang? Trus yang video Mekel Jekson Cpirit itu ngeditnya pake aplikasi apa bang?
Makasih bang benaaa

Jawaban:
Rata-rata video Instagram gue itu edit di iMovie. Atau kalo mau lebih lengkapnya begini.

1. Gue rekam video (pastinya udah gue pikirin kalo video yang akan gue buat ini bisa dijadiin sebuah video yang berdurasi 15 detik atau kurang), dan gue save di camera roll. Gue nggak pernah rekam langsung dari aplikasi Instagramnya, karena hasilnya ntar nggak mulus. (kecuali bikin Vine)
2. Gue edit dan potong-potong semua hasil rekamannya di iMovie. Gue tambahin sound effect, backsound, dan juga transition semuanya di situ.
3. Setelah gue render di iMovie, gue pindah ke Videon. Ini aplikasi untuk kasih efek-efek ke video, mulai dari efek warna, brightness, sharpness, highlight, semuanya deh. Gue biasa pake Videon untuk ngewarnain, nerangin (kalo gelap bisa jadi terang lumayan), dan membuat video gue jadi lebih Sharp.
4. Setelah render dari Videon, gue pake InstaSize biar video gue hasilnya kotak, tapi tetep keliatan semua hasil videonya (nggak ke-crop).
5. Kadang kalo gue mau taro Thumbnail, gue edit foto yang mau gue jadiin thumbnail, lalu gue bikin foto tersebut menjadi slideshow / video, pake aplikasi Flipagram. Kalo udah, gue balikin lagi semuanya ke iMovie, gue susun dari mulai Thumbnail (0,3 seconds), lalu tambahin hasil video dari Instasize tadi. Render di iMovie, kelar deh, tinggal upload langsung di Instagram!

Untuk video gue yang Mekel Jekson Cpirit itu pake aplikasi MadPad di iOS.

8.
Dari: Ilham Prabaswara (@IlhamP_)
Pertanyaan: Bang, cara bikin #SeriSiri itu pake Text To Speech di Mac? Kalo iya gimana cara nyimpen file audio nya?

Jawaban:
Yup. Video #SeriSiri seperti yang ini: http://instagram.com/p/m5AgGrJEKm/, itu ngeditnya di iMovie, dan suara Siri-nya pake teknik Text To Speech (ada settingannya di General, Accessibilities). Cara nyimpen file Audionya? Gue rekam lagi pake hp lain, terus audio filenya gue kirim ke email di iPhone. Kenapa kirim ke email? Karena kalo file audio dibuka dari email, bisa langsung "Open with iMovie." Kalo dari iMovie langsung nggak bisa ambil file audio dari audio recorder.


9.
Dari: Rasyida (@rsydaind)
Pertanyaan: Bang Bena cara bikin instavideo yang Raisa sama Maudy itu dari awal mulai sampe akhir pas efek hitam putih sama backsound beda itu gmna?

Jawaban:
Video ini http://instagram.com/p/m5AgGrJEKm/, gue rekam pake iPhone dengan tangan gue sendiri (selfie mode), terus gue edit videonya di iMovie. Yoi, iMovie bisa naro foto atau video gitu di samping atas kiri atau di posisi lainnya. Terus kalo nambahin tulisannya pake Gravie. Lalu untuk efek item putihnya itu gue edit video yang sama, tapi gue kasih efek item putih di Videon. Terus gue gabungin deh 2 video tersebut di posisi efek item putih yang gue mau, pake Transition yang dramatis di iMovie langsung. :)

10.
Dari: @rafinaldiputra
Pertanyaan: Bang bena aplikasi yang mendukung buat bikin indovidgram apa aja ya? thanks bang

Jawaban:
Silakan dicatet ya, tapi sementara gue tulis untuk yang iOS aja. Ada yang gratis dan ada yang berbayar.
1. iMovie (buat video editing, sound effect, backsound, title text, transition, live audio recording, video theme, dll)
2. Videon (buat efek-efek video seperti coloring/filter warna-warni, brightness, sharpness, cutting video, highlight, resize, slowmotion fastmotion, dll)
3. Gravie (buat taro-taro tulisan, subtitle, bisa juga buat tambahin lagu, dan juga buat editing title text. Dia ada tema-temanya gitu, bisa ada animasi-animasi kecil yang lucu buat di video)
4. InstaSize (Kalo kita ngerekam video kan lebar tuh alias landscape, nah Instagram kan Kotak. Pake aplikasi ini supaya video landscape tetep bisa jadi kotak)
5. Rookie (aplikasi editing foto paling macem-macem dan paling lengkap menurut gue)
6. Lumify (aplikasi editing video yang gratis, ada efek salju juga)
7. Flipagram (buat bikin video slideshow dari foto-foto)
8. Repost (buat ngeregram video orang lain sekalian ngasih 'credits' untuk sumber videonya)
9. TimeLapse (buat bikin video timelapse yang keren)

11.
Dari: @fadhlyaziz
Pertanyaan: Dari mana aja sih bang biasanya inspirasi abang saat mau buat video di youtube, ig sampe kebentuknya indovidgram? Thanks bang

Jawaban:
Video di youtube, panjang sih ceritanya, tapi beberapa orang yang menjadi inspirasi gue adalah MysteryGuitarMan, Freddie Wong, Ray William Johnson, Corridor Digital, CommunityChannel, Smosh, Pew Die Pie. Googling aja nama-nama itu dan lo akan mengerti kenapa bikin video itu menyenangkan hehe.

Kalo Indovidgram, wah lebih panjang lagi nih ceritanya, gue sebenernya mau tulis satu postingan sendiri tentang Indovidgram, tapi gue ceritain sedikit di sini ya.

Jadi awalnya itu gue semacam memprediksikan bahwa Instagram akan populer di masa depan (waktu itu bulan juli 2013). That's why gue mulai bikin video di instagram sejak Juli 2013 juga. Vine sebenernya sudah sangat populer di luar negeri, tapi di Indonesia belum begitu populer makanya gue lebih memilih untuk bikin video di Instagram, salah satunya karena videonya bisa diambil dari camera roll, dan bisa gue edit langsung dari iPhone. 15 detik, adalah durasi yang cukup untuk membuat sebuah cerita.

Bulan januari 2014, gue lagi ngumpul sama @moinblog dan @marloernesto, terus marlo ngajakin bikin video (setelah sekian lama kita nggak ketemu, terakhir ketemu itu bikin video Norak The Explorer [inipun shooting bulan Februari 2013, tapi video baru keluar Desember 2013]). Terus gue bilang sama Marlo untuk bikin video Instagram. Dan dia pun mulai ketagihan. Idenya yang begitu banyak dan cepet banget nongol, membuat dia sangat menggebu-gebu, tapi gue bilang sama dia, jangan terlalu napsu buat posting, kita harus bikin video instagram ini konsisten, misalnya tiap hari, atau beberapa kali setiap minggu. Sampai pada akhirnya gue mengajak anak-anak yang lainnya untuk ikutan bikin video Instagram juga (@aulion, @chandraliow, @ardinhai @dhinoharyoo). Lalu Marlo yang mencetuskan untuk upload video setiap jam 7 malam.

Seiring berjalannya waktu, sekitar udah mau sebulan kita bikin dan upload video terus setiap jam 7 malam, antusiasme orang-orang mulai rame. Likes dan Followers kita naik sangat-sangat cepat. Suatu hari saat kita ngumpul, Chandra dan Aulion mencetuskan nama Indovidgram untuk sebuah grup, atau komunitas video instagram ini. Dan.. Ya sampe sekarang deh ada akun @indovidgram yang dalam 1 bulan followersnya udah lebih dari 30.000, dan banyak banget yang udah pake hashtag #indovidgram di video-videonya.

Kelanjutan dari Indovidgram? Tungguin di postingan berikutnya ya! :D

12.
Dari : Abel Mamesah @mamesahh
Pertanyaan : jadi gini bang, kan biasanya gue kalau edit video itu cuma bisa import song dari music itunes, nah kalau mau import song dari "music downloader"(app dowload musik) itu bisa pake app apa utk ios? Thx bang

Jawaban:
Simple aja. Cari lagunya dalam bentuk video, save ke gallery/camera roll, terus pas dibuka dari iMovie, buka aja videonya, tapi cuma ambil Soundnya aja. Bisa kok. Pas pilih video, klik tombol "..." terus pilih yang tombol gambar detak jantung audio gitu. :D

Rata-rata pertanyaan yang lain itu seputar Editing Video Instagram di Android. Okay guys, gue akan coba pelajari dan cari aplikasi yang oke buat editing di Android ya! Semoga gue bakalan sempet update jawaban ini buat kalian semua yang nanya soal Android!

That's it guys, thanks udah ikutan #tanyabena #benasaran edisi Instagram! Sampai ketemu di #tanyabena episode berikutnya!

#################################################

Update:
Pertanyaan yang masuk sudah gue tutup ya! Gue akan jawab minimal 20 pertanyaan dari kalian. Pertanyaan yang ada ternyata kebanyakan hal yang sama. Jadi buat yang nggak kejawab, coba cek jawaban-jawaban dari pertanyaan yang ada ya! Thanks buat semua pertanyaannya, dan semoga jawaban gue bisa bermanfaat buat kalian yang mau berkarya lewat instagram. 

Jangan lupa juga buat ikutan komunitas video instagram indonesia, @indovidgram dan ikutan InstaMeet with Indovidgram tanggal 18 mei 2014! More info kepoin IG @indovidgram :)
tanyabena 1654226902312775186

Post a Comment

  1. Aaaaak keren ada segmen gini bang ben..
    dari @kurniawankukuh: gimana supaya menarik orang lain tau kalau kita (misalnya) punya konten yang (menurut kita) keren? (selain gabung indovidgram heheheh) kan ig nggak punya fitur retweet bawaan. trus naroh hashtag banyak banyak perlu nggak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you gan bena.. skarang gua tau beberapa editor video.. thx gan

      Delete
  2. Dari: Ade Nuri Dermawan akun twitt & IG gue @adeqyuw
    Pertanyaan gue : kalo misalkan video yang lo buat ternyata lebih/kurang dari 15 detik cara ngatasinnya gimana bang ?
    Bagi tips cara ngatasin video yang lebih atau malah kurang dari 15 detik dong. :malu:

    ReplyDelete
  3. Dari: Ayu
    Pertanyaan: Bang, aplikasi android yg bagus buat edit video apa ya bang? aku udah coba videoshow, tapi kurang bagus karna setiap kita merge video gitu mesti ada jeda hitamnya gitu bang :( kalo video bang bena dkk tuh kan gak ada jedanya kan yaa.. jadi gagal remake mulu deh aku bang gara-gara gak ada aplikasi yg bagus :(

    Jawaban: Jawab ya bang :p

    Twitter & Instagram : ayyuaqilah

    ReplyDelete
  4. Dari: Billy Sinaga
    Twitter / Instagram: billysinaga
    Pertanyaan: Cara lu bisa sisipin tulisan / backsound di video Instagram itu gimana, bang? Apa perlu diedit di pc lagi atau ada aplikasinya di gadget (iOS / Android)? Kalau ada aplikasinya, kasihtau yaaa..

    ReplyDelete
  5. Dari: @muhamadvikky
    Petanyaan: bang ost video loh di instagram apa aja di kasih tau dong.
    Jawaban: *masih menanti yg terbaik*

    ReplyDelete
    Replies
    1. #SoriNyamber

      Kalo yang romantis-romantis gitu setau gue sih lagunya George Michael - Careless Whisper :))

      CMIIW

      Delete
    2. yup betul, biasanya gue sebutin kok kalo emang OST yang terkenal2. Salah satunya Careless Whisper itu :D

      Delete
  6. Dari : @deaashanur (twitter & ig)
    Pertanyaan : Bang, aku #benasaran bgt sama bersin teleportnya. Kok bisa halus bangeeeeet gitu pergantian dari video awal trs "teleport" ke video keduanya? Pengaruh cara pengambilan videonya atau pas ngeditnya?
    Jawaban : Iya... Abang yg jawab dong.. Masa aku..
    Hehehe :haha:

    ReplyDelete
  7. Dari : Karina Rahmania
    Twitter : @KarinaRahmania Instagram : Karinara_
    Pertanyaan : Aplikasi buat edit video buat andoid yang bagus apa bang ? trus gimana caranya bikin video yang geraknya patah patah gitu? foto digabungin jadi satu video atau ada cara laen bang ?
    udeh itu aje bang. wassalam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue tulis juga tuh di artikel, sekarang gue lagi pelajarin soal ngedit video di Android, semoga nanti gue bisa share juga setelah gue cari tau ya!

      Delete
  8. Dari: Hanna Ridha
    Twitter / IG : hannardh


    Pertanyaan:
    Bang sebelumnya makasih banget udah ngadain segmen beginian. Saya mau nanya software yang dipake buat video thank to followers pake apasih? adobe premiere? Kalo boleh ada saran lain ga softwarenya selain itu, terutama buat pengguna windows xp atau 7. Oh iya ide-idenya juga keren, dapat darimana?

    Btw makasih banget bangben kesempatan dan jawabannya! :malu:

    ReplyDelete
  9. :kaget: http://imamabil.wordpress.com :shock:
    username twitter : @imamabilfida
    scandal question : bang, sign up instagram lewat hp java bisa nggak ya bang? :malu: daftar lewat hp? :metal:

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah nggak tau deh gue. belum pernah coba tuh..

      Delete
  10. Dari : Acil. Twitter/IG : @accill.
    Pertanyaan : Bang Ben biasanya bikin video buat instagram ngedit di hp / laptop? Pake aplikasi apa yg oke bang? Trus yang video Mekel Jekson Cpirit itu ngeditnya pake aplikasi apa bang?
    Makasih bang benaaa :sip:

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dijawab ya cil, semoga bisa :D

      Delete
    2. Iya bang, makasi bang benaaa :sip:

      Delete
    3. bang, knpa kalau aku buka video dari ig dan path gamabarnya goyang".. tp kalau dari galeri g ada masalah apa"

      Delete
    4. bang, knpa kalau aku buka video dari ig dan path gamabarnya goyang".. tp kalau dari galeri g ada masalah apa"

      Delete
  11. Dari: Bella
    Pertanyaan: Buat bikin video di youtube lo pake kamera apa bang? Terus ngeditnya pake apaan sih? Kalo buat pemula aplikasi yang cocok kira-kira apa ya?
    Makasih, bang~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ini lengkapnya bisa ke bagian "FAQ" di blog gue ini. atau mampir ke youtube gue, youtube.com/benazio di bagian About.

      Delete
  12. dari : gugun twitter : @gegeact

    bang ben, mau nanya tentang blog yaaa..
    di blog ini kapan ada redeem hadiah lagi, point nya udah banyak banget :D
    #bancikuis

    makasih bang.. :cium: :huahaha:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya maaf banget ya, ternyata dari pihak yang menyelenggarakan point2 itu ilang. Udah nggak disupport lagi sama perusahaannya, jadinya langsung ga bisa dipake lagi.. maaf banget ya, gue akan usahain bikin bagi2 gratisan / giveaway lagi secepatnya yaaa

      Delete
    2. yaampuuunnn.. :shock:
      dikira bakalan dapet kaos iwearbanana 2 biji bang .. wihihi..
      yasudah yah..redeem pake aer anget aja..ehhh rendem :..
      :mikir:

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. pengen nanya bang,selama ini lo eksis di instagram di twitter dsb karena video lo,pengen dong di potoin perkakas nya,iphone lo,mac lo,dan sbg blogger gimana cara lo supaya bisa tetep konsisten ngeblog,coz udh banyak orang kabur dari blog karena socmed lain? apa motivasi yang bikin lo tetep ngeblog? Thanks before buat #benasaran visit juga bang www.jerrypanjaitan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. User insta :jerrypanjaitans :D

      Delete
    2. karena blog adalah media paling lengkap buat kita naro semuanya. Text, images, animation, audio, video, semuanya bisa, dan semua orang bisa buka juga dari mobile /non-mobile. so gue tetep ngeblog sampe sekarang.

      Kalo peralatan gue, ada di FAQ. Kalo untuk instagram, gue pake iPhone 5S doang. Hampir Semuanya editing di mobile.

      Delete
  15. Dari : Alya, twitter : @AlyaaN_ , instagram : alyanniisa

    Kak bena, aplikasi yang bagus untuk ngedit di android apa yah kak? Mau bgt ikutan #indovidgram , tp gatau mau pake aplikasi apa ngedit videonya..

    Makasih ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue tulis juga tuh di artikel, sekarang gue lagi pelajarin soal ngedit video di Android, semoga nanti gue bisa share juga setelah gue cari tau ya!

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Dari : talitha elsa
    Ig : @talithaels_
    Bang ben gimana sih bikin video kayak di ignya bang bena,app nya apa sih bang?nambahin lagu sm tulisan gitu,jawab ya bang,mksh

    ReplyDelete
  19. dari : kelly kaori
    ig : kellykaori
    twitter : kekelbabe

    bang gue pengen bikin video gitu, pake imovie.udah liat tutor yg di youtube. itu udah bisa guenya. kalo mau bikin kek ko chandra liow, kak marlo, dll itu pake soundtrack apa ya? terus kalo biasa di iphone ada iMovie, kalo buat di samsung kira2 yg bagus app buat edit video apa ya? thank you bang bena :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa pertanyaan udah terjawab di atas, tapi kalo untuk android, gue pending dulu ya karena gue belum tau banyak soal mobile editing di Android. Thanks!

      Delete
  20. Dari : Ilham Prabaswara
    IG : IlhamP_

    Pertanyaan : Bang, cara bikin #SeriSiri itu pake Text To Speech di Mac? Kalo iya gimana cara nyimpen file audio nya?

    ReplyDelete
  21. dari: arief saputa
    ig: @ariefsaputra tw: @ariefsaputraa
    prtanyaan: simple aja bang, selain ngedit video menggunakan imovie sprti yg bang ben tunjukin tutornya di youtube, apa ada nih aplikasi edit video lain trutama bagi pengguna windows, thx sblmny udh ngadain sesi tanya jawab ini bang

    ReplyDelete
  22. Dari : Rasyida
    ig : rsydaind
    Bang Bena cara bikin instavideo yang Raisa sama Maudy itu dari awal mulai sampe akhir pas efek hitam putih sama backsound beda itu gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks pertanyaannya! udah dijawab ya :D

      Delete
  23. Dari: Rafinaldi
    ig : rafinaldiputra
    Bang bena aplikasi yang mendukung buat bikin indovidgram apa aja ya? thanks bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah lengkap banget tuh gue jelasin di atas, semoga bermanfaat! :D

      Delete
  24. Dari : fadhly pradana
    Ig : @fadhlyaziz
    Dari mana aja sih bang biasanya inspirasi abang saat mau buat video di youtube, ig sampe kebentuknya indovidgram?
    Thanks bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah gue ceritain panjang tuh di atas hahahaha :haha:

      Delete
    2. bang cara edit video dari dua video menjadi satu video caranya gimana? app nya apa?

      Delete
    3. bang cara ngedit video dari 2 video menjadi satu video itu gimana caranya? app nya apa?

      Delete
  25. Dari : Abel Mamesah
    IG : @mamesahh
    Pertanyaan : jadi gini bang, kan biasanya gue kalau edit video itu cuma bisa import song dari music itunes, nah kalau mau import song dari "music downloader"(app dowload musik) itu bisa pake app apa utk ios? Thx bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah terjawab ya bro, thanks udah bertanyaa :D

      Delete
  26. dari: ery
    ig: eryemh
    aplikasi semacam squaready (iOs) atau apalah yang ada di android apa ya bang? soalnya udah cari ga ada.apa emang ga ada atau belum cari dengan teliti?

    ReplyDelete
  27. Dari: Viola Amel
    IG: violamelia
    Bang...cara edit video yang untuk di upliad ke instagram gimana bang bena ??

    ReplyDelete
  28. Dari: Debby Alin
    IG: debbyalin
    Pertanyaan: cara ngasih lagu di video instagram gimana? makasih

    ReplyDelete
  29. IG: shelbianggrn
    Pertanyaan : cara ngedit video yg kaya video kak bena tuh dimana? thank youuu

    ReplyDelete
  30. IG/TWITTER : audiamrts

    bang, aplikasi edit video buat android itu apa sih bang?terus gimana caranya buat upload video ig, udah aku update tetep gbisa huhu;(;(

    ReplyDelete
  31. Dari: Fransisca Octavia
    IG/Twitter: fransizcha
    gue pengguna android pengen banget bisa bikin video keren tapi bingung cari applikasinya dan kayaknya gak ada. Pengen banget bisa gabungin video gitu sama jadi full pas diupload jadi panjang gak kotak seukuran instagram gitu. (ngerti gak maksudnya?) gue nulisnya juga bingung gimana jelasinnya. Sekian. :)

    ReplyDelete
  32. Beberapa pertanyaan dari kalian udah ditanyain sama orang lain, jadi cek dulu jawaban-jawaban yang udah gue tulis di postingan ini ya! thanks semuanya! :sip:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang cara gabungin komunitas kita ke indovidgram gimana?

      Delete
  33. Yah, telat ikutan nanya nih. Mau nanya, Bang. Kalau bisa, dijawab, ya, ehehe.

    Kenapa beberapa tipe smartphone yang OSnya Android, video yang di-upload di Instagram, suaranya jadi aneh gitu, ya? Teman-teman saya yang Android user juga punya masalah yang sama, Bang.

    ReplyDelete
  34. Keren, #indovidgram udah nge-tren banget, sampe masuk NET TV waktu itu hahaha. Semoga komunitas ini makin gede dan solid. Keep it up! :D

    ReplyDelete
  35. Bang aplikasi yang dipakai untuk edit video di handphone biasanya apa?
    ig:@putrimelatika

    ReplyDelete
  36. Telat ikutan nih, padahal pengen nanya hehe

    ReplyDelete
  37. Bang judul soundtrack chandra liow yang joget joget (judulnya: ditelpon gebetan) itu apa ya?

    ReplyDelete
  38. bang cara ngedit video dari dua video menjadi satu video gimana caranya? app nya apa?

    ReplyDelete
  39. Dari : Gw(?) Azkiya
    ig : azkiya_67

    bang, gw mau daftar #indovgram. Tapi kayaknya kok susah banget ya, gw udh daftar lebih 5x gabisa terus. atau umur gw yg belum mencukupi? gw masih 12thn bang. dan gw belom ahli buat video, tp gw pengen gabung sama suatu komunitas gt. kebetulan kayaknya #indovgram komunitas yg bagus. gmana caranya gabung bang? makasih :mikir: :haha:

    ReplyDelete
  40. bang bena gue mau tau lagu2 yang kaya soundtrack lucu2an gitu nama soundtracknya apa ya?yg sering dipake di indovidgram juga kok. trs app buat bikin video yang keren versi androidnya ditunggu ya bang! please bgt :( thanks

    ReplyDelete
  41. Dari : pusvita sary
    ig : pusvitasary

    Ka kenapa ya setiap gua upload video ke instagram suaranya jadi aneh gitu, pake samsung galaky tab 3

    ReplyDelete
  42. Dari : Pandya
    Pertanyaan: Bang gue mau nanya, gue mau remake dari v ideo indovidgram tapi buat lagulagu yang dipake itu apa aja ya, yang biasa dipake indovidgram kalo dalam cerita itu tokohnya senang, susah, sedih, bahagia, dll

    ReplyDelete
  43. bang bena aku mau tanya dijawab ya pleaseee~
    aku pakai hp samsung grand duos 1 kok saat upload video ke instagram suaranya kok jadi lambat dan aneh gitu? solusi mengatasinya gimana ya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lu coba deh waktu upload lu jangan keluar dari aplikasi instagram,soalny gua juga pernah waktu upload video trus gua buka app lain,waktu selesai upload gua coba play malah lambat gitu suaranya,so kesimpulannya jangan ganti app waktu upload video di insta..sorry cma mau bantu doang

      Delete
  44. bang bena aku mau tanya dijawab ya makasih
    bang aku pakai HP samsung grand duos yg pertama kok saat upload video ke instagram suaranya jdi lambat dan aneh gitu? gimana cara mengatasinya bang? makasih

    ReplyDelete
  45. Gimana bang kalok mau buat video bukan dari iphone? Aplikasi yang digunakan apa aja. Biar keren waktu dimasukin di instagram . tolong ya bang bena

    ReplyDelete
  46. Bang, #BENASARAN topiknya blogging dongg~ share template dong bang~ makasih

    -imajinasiasha.blogspot.com

    ReplyDelete
  47. Ig : okyjenkin_

    Bang mau nanya, saya pake samsung galaxy ace 3, kenapa waktu upload video ke instagram hasilnya suaranya jadi aneh kaya slowmo gitu suaranya kenapa ya bang? Tolong di jawab makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih man, kenapa ya ? Gue juga gitu suara aneh... gambar lambat gitu..

      Delete
    2. Sama man, knp ya...gue juga kayak gitu...samsung galaxy ace 3 jugaa

      Delete
  48. Ig: okyjenkin_

    Bang mau nanya saya pake samsung galaxy ace 3 waktu upload video ke instagram ko hasil suaranya jadi aneh ya? Kaya slowmo gitu bang. Tolong di jawab ya bang makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry nimbrung gan.. Pertanyaan nya sama ky ane gan,, klo uda nmu jawaban nya,, forward ane ya gan.. indahnya berbagi.. @hendrabudiman67@gmail.com
      IG @hendra_budiman19

      Delete
  49. Bang bena kan saya sudah share video stop motion pake hashtag ivg sama indostopmotion trus sama video made by nya habiss itu kok di indovidgram gk ada caranya gimana bang bena agar di indovidgram bisa masuk trus saya sudah jadi anggota indovidgram saya sudah daftar truss gimana yaa agar video saya dapat masuk di indovidgram thanks

    ReplyDelete
  50. Bang bena saya sudah buat video stopmotion di instagram trus sudah pake hashtag ivg dan indostopmotion habiss itu kok di ivg gk ada video saya saya sudah jadi anggota indovidgram kok trus saya di ig sudah follow ivg habiss itu cara mau video saya masuk ke ivg gimana saya buat nya baru sekrang jadi anggota ivg saya nge share nya sebelum jadi anggota ivg apa karena itu jadi gk bisa di mohon jwban nya yaa bang bena thanks

    ReplyDelete
  51. IG: davesianipar

    Bang mau nanya, gue makenya samsung galaxy ace 3. Tapi tiap gue upload video instagram suaranya aneh, videonya juga jadi slowmo gitu. Mohon pencerahan bang thanks hehehe

    ReplyDelete
  52. bang bena kan saya buat video.lalu saya edit lewat komputer dengan app sony vegas.nah kan saya render pake tipe internet hd 720 p lalu saya customize resolusinya jdi 640x360.saya copy ke android saya di play gabisa trs kalo di pindah hp andro s4 bisa tapi kalo mau share ke instagram gabisa tulisannya not support.kira kira harus di render atau di convert kemana ya bang??thx sebelumnya

    ReplyDelete
  53. Bang ada ga aplikasi android buat remake video dari instagram,mohon jawabannya ya bang soalnya dapet tugas dari sekolah

    ReplyDelete
  54. Oh iya bang saya yang tadi nanya aplikasi androdi apa yang buat remake video dari instagram,twitter @muhammshandy

    ReplyDelete
  55. Kak, aku mau bikin slowmotion video di imovie, caranya gimana?
    Yang kedua' aku mau filter di videoku berubah di tengah tengah, caranya gimana dan pake app apa?
    Twitter : raflyedogawa
    Instagram : raflyatthariq

    ReplyDelete
  56. Bang benaa kalo mau masukin judul di video buat cover video instagram itu gimana yaaa?

    ReplyDelete
  57. Hai bro bena.. mau tanya kalo mau bikin video instag dengan bentuk landscape gimana caranya ya??
    Thanks.
    Ig : kenjahizkia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hpnya iphone sih intasize bro kalo andro sih gue gk tau ya

      Delete
  58. Bang bena kalau edit video tuh pakai apa ? iMovie ya ? aku ada iMovie tapi gk tau tuh cara motong lagunya gimana sih ya ? >_<

    ReplyDelete
  59. Bang mau nanya, supaya hasil uploud video di instagram bisa HD gimana ya bang?pake app apa cocoknya. Thanks bang :D

    ReplyDelete
  60. mau tanya kalau mau buat video di editor youtube buat nyari musik indonesia itu gimana kok keluar ny musik manca semua

    ReplyDelete
  61. bang mau tanya cara buat video di editor youtube trus mau nambah musik indo tp kok gx kluar yaa ada ny manca semua gmn itu ?

    ReplyDelete
  62. Bang Bena, makasih atas informasinya ya soalnya sekarang saya bisa upload video di IG saya hehe. Bang bena bantu promosiin blog wordpress saya dong, soalnya untuk tugas kuliah nih bang :haha

    ReplyDelete
  63. Bang cara gabungin komunitas kita ke @indovidgram gimana bang?

    ReplyDelete
  64. makasih bang doain ya gw bisa buat video2 yang dapat menghibur masyarakat :D

    ReplyDelete
  65. ka bena,boleh gak minta daftar soundtrack" dari video yang udh pernah diupload di indovidgram...thx banget ya ka,acc saya(ig:forbesfebryanto)boleh lewat dm ya ka...thx banget

    ReplyDelete
  66. Bang bena,saya mau nanya kalo abang bena bikin video di ivg,biasanya pake apa kalo di iphone? Yg free ya bang

    ReplyDelete
  67. Bang bena.. maaf kalau agak melenceng.. gimana sih bang caranya bikin website kayak punya bang bena ini? Sudah cari lewat google, cuman tetep gabisa (ga sesuai yg kita mau) tolong bagi cara :D thx

    Ig : my.post

    ReplyDelete
  68. kak beno... minta sound effect.a dong......

    ReplyDelete
  69. kak beno ..... minta sound effect.a dong kak.......

    ReplyDelete
  70. kak beno minta sound effect.a dong kak.....

    ReplyDelete
  71. Bang.. sya udah download applikasi Repost for Instagram nih, tp kenapa ga bisa d buka ya ?

    ReplyDelete
  72. IG @wahyudion17
    Bang mau tany ni setiap aku uploud video di IG ko suara nya kaya robot terus ya. Terimkasih bang mohon dijawab.

    ReplyDelete
  73. Bang aplikasi slow motion yg bagus apa ya namanya ?

    ReplyDelete
  74. Tanya dong bang, kalau bang bena (instagramer/youtuber lain) di ajak join bikin video (misal parody CJR kemarin) itu ada itung-itungan fee ngga?
    Thanks

    ReplyDelete
  75. bang app iphone buat ngedit video yg free apa aja?
    Twitter: Sayudhaa
    Ig: Sayudaa :upil:

    ReplyDelete
  76. Ig: Sayudaa/Twitter: Sayudhaa
    bang bena saya masih newbie nih app ngedit video buat iphone yg free apa aja ya??

    ReplyDelete
  77. Bang bena plis jawab, penting nih! Kenapa kalo saya upload video di instagram kualitasnya berubah, misalnya HD jadi kurang bagus gitu.. Oh iya ig: @yogaramaditya , sebelumnya makasih bang bena..

    ReplyDelete
  78. Ig/twitter :BimaNugraha93 . Bang Bena, saya mau tanya nih , lagu yang biasa dipakai di video instagram lagu apa sih? Sama musik nya juga, yang di pake musik apa sih?

    ReplyDelete
  79. Bang, gua kok tiap upload video ke instagram suaranya aneh kyak suara sapi. Mohon solusinya donk bang. Gua pake andro nih.

    ReplyDelete
  80. bang,gimana sih cara bikin stop motion lirik lagu biar jadi nge pas antara lirik dan lagu nya, (android)?

    ReplyDelete
  81. bang, gimana sih caranya bikin stop motion lirik lagu biar jadi nge pas antara lirik dan lagu nya?

    ReplyDelete
  82. Makasih banget atas segala informasi yang udah abang bena kasih ^^

    ReplyDelete
  83. Makasih banget atas informasi yang udah bang bena kasih ^^

    ReplyDelete
  84. Nama aku cinta bisa di panggil caca juga aku #Benasaran bgt nih kak
    Cara buat emot foto sendiri gimna dan app nya apa namanya buat andro sma iPhone?
    Lagu yg kakak pke pas sad ending sma funny ending judulnya apa aja bagi dong judulnya ?
    App buat bikin stopmotion di andro sma iPhone apa namanya?
    Terus judul sma penyanyi lagu ini apa dan siapa "sudah terlalu lama sendiri...sudah terlalu lama aku asik sendiri.....?

    Makasih kak bena...,tolong dijawab dong walaupun kebanyakan
    Aku mah gitu urangnya !!! Hihih cerewet

    :mikir:

    Instagram : @kwlcinta

    ReplyDelete
  85. Bang .? Aplikadi edit foto untuk android yang bagus apa ya bang .? :mikir: (Yang kaya iMovie) . Terus aplikasi buat nyatuin semua gambar time lapse untuk android apa ya bang .?

    ReplyDelete
  86. gmn cara pake imovie di iphone?

    instagram : diky_aventador

    ReplyDelete
  87. bang gue mau nanya... lagu yang sering dipake di indovidgram lagu apa aja yee bang, gue cuma pengen tau judulnya aja. thanks...

    ReplyDelete
  88. Bang Bena, buat pic atau video jadi sederet di Instagram caranya bagaimana ? Thanks before

    Ig : malvinjstsz

    ReplyDelete
  89. Bang mau nanya..
    ak kan pake samsung galaxy grand neo, kalau mau video di ig pasti suaranya aneh gtu , jadi serem gtu, kenpa ya bang ....
    jawab ya bang...mohon bantuan thanks bang...

    ReplyDelete
  90. Bang aku kan nyoba aplikasi dubsmash..
    videonya udah jadi, aku upload ke ig.. yg ada malah suaranya jd slowmotion gitu dan ga jelas. Nge-repost video pun jg gitu bermasalah sama suara. Agar suaranya tetep sama dan jelas gimana ya bang? Mohon infonya.. makasih :)

    ReplyDelete
  91. path gue goyang-goyang kalo buka video, aya naon ya kang bena??

    ReplyDelete
  92. Bang gimana cara add location di IG? Padahal aku udah nyalain locatednya, pas aku search location di menu add location yang di IG gak nongoooolll... Padahal di HP temen Kakakku bisaaa 😭

    ReplyDelete
  93. mau tanya nih. galery di instagram saya kok warna hitam smua ya. udh di unninstal, di clear cache, clear data, force stop, tetep ga bisa. minta solusinya agar gambarnya muncul. thanms

    ReplyDelete
  94. mau tanya nih. galery di instagram saya kok warna hitam smua ya. udh di unninstal, di clear cache, clear data, force stop, tetep ga bisa. minta solusinya agar gambarnya muncul. thanms

    ReplyDelete
  95. Bang app buat bikin video kya kita lgi chatt/sms itu gmna ya . Tlg jwb ya bang . Mksih 😊

    ReplyDelete
  96. Bang, sy dr kmunitas tnjvidgram mau nanya, bagaimana tips2 membuat video yg keren, mnrut abg....
    Trus biasa backsound ngakak yg bgs itu yg mn ? Thanks....

    ReplyDelete
  97. Kak kamera yang kakak pake pas ke rumah kak radit apa namanya? Semacam digital tapi kameranya kaya gopro? Jawab ya kak?

    ReplyDelete
  98. ka bena kan aku beres upload video youtube tapi suara nya di bisukan gara gara hak cipta lagu gituu kan aku pake lagu barat, sedangkan temen aku yang lain pake lagu barat tuhh ga kenapa napa.. ada tips ga?

    ReplyDelete
  99. ka bena kan aku beres upload video youtube tapi suara nya di bisukan gara gara hak cipta lagu gituu kan aku pake lagu barat, sedangkan temen aku yang lain pake lagu barat tuhh ga kenapa napa.. ada tips ga?

    ReplyDelete

Silakan bebas comment :) Promosiin blog sendiri di dalam comment lebih baik daripada nyebar Spam di dalam comment box blog orang. I really appreciate it! Thank you! :D

emo-but-icon

Home item

My Steller Stories

Random Posts

Blog Archive

Follow My Twitter

My Clothing Line

Statistics