////////// Benablog - Cerita Si Benakribo \\\\\\\\\\

Belajar di luar negeri?! Mau Mau Mau!!





"Pengen deh belajar di luar negeri"
"Pengen deh temenannya sama yang bule-bule"
"Pengen deh punya pacar bule"
"Pengen deh ngomong bahasa inggris terus setiap hari sama semua orang"
"Pengen deh mempelajari ilmu dari negara-negara luar"

Okay itu beberapa keinginan pelajar. Jangan. jangan cuma pengen doang, jadiin itu sebuah Impian. Dan disini gue sharing tentang salah satu tempat dimana lo bisa ngewujudin impian itu..

DIMANA BENN?!?!?!?


BELANDA.

"kenapa harus di Belanda ben?"
Wets, pastinya karena banyak tempat-tempat belajar yang berkualitas disana, yang ga kalah sama negara laen. Dan buat motivasi, ada banyak lho penemuan hebat yang berasal dari Negara Kincir Angin itu yang membuat kita terinspirasi untuk mempelajari banyak hal yang luar biasa untuk Bumi kita ini. Nah, lo harus tau nih penemuan apa aja sih yang dateng dari Belanda? Sekalian buat nambah ilmu! Jarang-jarang kan blog gue bagi2 ilmu? hehe.. Here goes The Inventions and Innovations :

Mikroskop

Tahun 1590 nih di Belanda, si Hans sama Zacharias (like father like son) nemuin Mikroskop. Juga si Anton Van Leeuwenhoek yang bikin mikroskop mantep dengan menggunakan satu lensa.

Gaul abis men.

Lo bayangin aja kalo ga ada mikroskop, gimana cara kita bisa mempelajari mahluk2 mikroskopis? Bakteri2, virus2 gitu ga kliatan terus banyak penyakit yang ga bisa disembuhin karena ga tau ada apaan di tubuh kita. Atau juga, ntar praktikum biologi di sekolah kita ngapain dong kalo ga ada mikroskop? Kan asik tuh ngeliatin sel bawang atau sel daun pake mikroskop hehe

Teleskop


Nah si gaul Hans Lippershey ini yang bikin terus nyebarin teleskop pertamanya. Pertama kali bisa dipake tahun 1608. Nah bayangin aja tuh kalo ga ada teleskop, mungkin kita ga akan pernah tau apa yang ada di langit sana~ Kalo tiba-tiba ada benda jatoh dari langit, dari jauh kecil, eh pas deket meteor jatuh DUAR! Wah, gua ga ikutan dah..

CD (Celana Dalem) (Compact Disc)

Woh yang ini paling penting men. Tahun 1970an, Philips, Sony sama beberapa perusahaan lain dia ngebentuk tuh prototype CD. Sampe akhirnya tahun 1978 disebarluaskan! Asik abis kan? Nah, ini juga penting banget kan. Bayangin aja kalo sampe sekarang ga ada CD? Mo nonton DiPiDi pake apaaa?? Ga ada lagi tuh yang namanya "Mbak-mbak DVD". Mereka mungkin akan menjadi pengangguran karena ga ada CD/DVD yang dijual. Sungguh tragis.

Setelah baca itu tadi, menurut gue belom cukup alasan gue buat kabur ke Belanda. Gue pasti bakalan liat keindahan-keindahan yang ada di Belanda. Tempat wisata, Tempat hiburan, Restoran yang enyak-enyak, juga ga lupa kemana tujuan gue buat belajar.

Taman bunga di belanda~ asiknya lari-lari disana~ apalagi sama ridho rhoma..
(sumpah jangan dibayangin)


Keindahan kota Amsterdam~


Bisa poto-poto di Kincir Angin juga lho!

Madurodam
Salah satu tempat seru, Madurodam, The world famous miniature-city!

Duinrell
The Splash, the Water Spider, the Toboggan Run, the Sea of Balls, the Tiki Pool...
ga bakalan bosen deh kalo ke Duinrell.

Kayak gue. Salah satu impian gue adalah keliling dunia, dan Eropa adalah salah satu tempat yang pengen gue kunjungin. Bayangin aja kalo gue sekolah/kuliah di Belanda, gue langsung bisa menjelajahi negara-negara di sekitarnya, menebar rambut dan melaksanakan misi "Kribonisasi" gue di negara Eropa.

MISI SEPERTI APAKAH ITU?!


MASTERPLAN KRIBONISASI 2010.

MISI KAMI HANYA SATU
MEMPERKENALKAN BAHWA RAMBUT KRIBO ITU HOT BANGET.

Oke maap, ini bukan peta daerah penjajahan gue. Ini cuma mau memperkenalkan rambut eksotis gue kepada dunia. :)


LANJUT!

Salah satu sekolah di Belanda yang gue tau itu ada di Wassenaar. Namanya SIN, Sekolah Indonesia Nederland. Sekolah yang menurut gue tempatnya nyaman banget, banyak orang-orang Indonesianya (pastinya), berbudaya Indonesia, dan pastinya berstandar Internasional.
Ini Sekolah Indonesia Nederland :



Ini Siswa-Siswi SIN :
Ini Murid-Murid SMP-SMA SIN pas Earth Hour 2009 :
Lagi-lagi gue ngeliatin video ini. gue suka banget video ini. Feelnya dapet banget, rasanya seneng banget ngeliat mereka disana :)


lengkapnya kalian bisa liat disini..

================================================

Untuk kampusnya, salah satu Universitas terbaik disana adalah
Universiteit Utrecht (Utrecht University)


- Utrecht University itu Peringkat Terbaik di Belanda, 11 di Eropa dan 52 di dunia oleh Shanghai Akademik bergengsi Peringkat Universitas Dunia 2009.
- Utrecht Universitas menawarkan lingkungan akademik yang fokus pada keunggulan dalam penelitian dan pengajaran.
- Malahan udah ada 12 peraih nobel lho di Utrecht University!!

Tiap tahun, ada lebih dari 2000 siswa internasional yang daftar di Utrecht University ini lho! Pasti rame temen2nya dari seluruh dunia :D

Nah, gimana menurut kalian? Gue jadi pengen kuliah disana deh :3

Bermimpi adalah langkah awal dari niat dan tekad kamu untuk mencapai suatu tujuan. Mimpi itu jangan cuma kalian bayangin, tapi kalian berusaha dan cari cara sebaik mungkin buat wujudin impian itu. Yang penting itu bukan seberapa tinggi mimpi kita, tapi seberapa besar usaha kita untuk mengejar mimpi kita.

Tuntutlah ilmu setinggi-tingginya.
Share pendapat kalian tentang ini yah :)


Beberapa sumber gambar, tulisan dan video :
- http://www.flickr.com/photos/belrobplace/3069872958/
- http://en.wikipedia.org/wiki/Dutch_inventions_and_discoveries
- http://www.holland.com
- http://www.uu.nl
- http://www.sekolahindonesia.nl/
- video : http://www.youtube.com/watch?v=MCeZHZuYbEw
- http://www.google.com
- http://www.deviantart.com

70 comments:

  1. wah ternyata belanda keren ya ka ben . saya juga mau kuliah di luar negri kayak gitu. ilmunya juga lebih dalem kalo belajarnya di luar negri. fasilitas juga oke . dan misi kribonisasinya bisa tuh secepetnya dilaksanain . huehehe

    ReplyDelete
  2. mau ben, tapi gw lbih suka jepang deh. Eh tukeran link dong udah bxk bgt gw pajang linkmu d blogku. Gantian dong. *atas gw cpet bgt

    ReplyDelete
  3. mau jugaa ! dan saya setuju sama Yang penting itu bukan seberapa tinggi mimpi kita, tapi seberapa besar usaha kita untuk mengejar mimpi kita. percuma kan kalo mimpi doang gada usaha. hehe. ayo segera buat benua eropa jadi bentuk rambut kribo ! :D

    ReplyDelete
  4. Mau banget sekolah di Belanda ga boong mau mau mau :(

    ReplyDelete
  5. waaah setuju sama kata2 kak ben yg terakhir "Yang penting itu bukan seberapa tinggi mimpi kita, tapi seberapa besar usaha kita untuk mengejar mimpi kita" !!
    semua orang juga mau kak ben ke luar negeri termasuk aku hahaha :D
    sekolah disana, belajar disana sambil jalan2 :)
    kak ben gamau ke venezuela sm vienna? disana keren loh! ayo kak ben semangat semangat ! pasti bisa keliling eropa !

    ReplyDelete
  6. @afna, iyaaaa keren yaah~ :) iya ga cuma disini, di luar juga banyak ilmu2 baru yang bisa kita pelajarin gituuu~ misinya juga dong hehehe

    @bizwud, hoohoo ya tiap orang beda pendapat.. ntar ya hehe

    @akhira, betul! makanya jangan mimpi doang! hahaha :D

    @nadhira, iyaaaa pengen ya huuhu

    @ochaadeea, iyaa pengen juga keliling dunia keliling eropa pasti seru hehehee :D

    ReplyDelete
  7. Kak....... om om yang baca blog kakak kan di belanda?

    ReplyDelete
  8. hohoo.. moga kesampean ben sekolah di belanda..
    kalo jadi, ntar musti kudu harus wajib mampir ke mari.. :p

    ReplyDelete
  9. aku juga pengen banget ke balanda beeen !! penasaran ama jalan RA kartini di belanda ! semoga kita bisa kesana yaaa.. XD

    ReplyDelete
  10. Wah,, seep juga nih negeri Belanda . Saya mah cuman bisa singgah di kota Frankfurt .. Semoga ajaa bisa keliling Eropa dan Amrik .. Hehe .. ^^
    And jgn lupa bsa naik haji .. :)

    ReplyDelete
  11. @arum!

    hahaaa iya biar om om itu bisa ketemu gue yah :P

    @quchie, becul sekali kita harus kopdar di jerman! kopdar terjauh gue! hahaha :D

    @chandri, wehehee.. iya ada jalan kartini..tat gitu deh! :D pengen liat juga! amin! :D

    @abdul, becul! wahhhhh asiknya udah pernah ke frankfurt... :D iyaa semoga yaah, amin amin, betul2 jangan lupa naik haji juga kalo bisa insya Allah hehe :D

    ReplyDelete
  12. wah kalo ini mah saya juga mau dari dulu kak :D Foto kota amsterdam nya bener2 ga nahan.
    dari 2000 siswa internasional yang daftar di Utrecht University, ada info ttg berapa banyak yg diterima rata2 pertahun nya ga kak?
    aku doain semoga kak bena bisa nuntut ilmu di sana, dapet penghargaan nobel, dan sukses melakukan misi krobonisasi! :D

    ReplyDelete
  13. Sekolah di eropa tuh kaya nya emang asik banget deh.
    Kualitasnya udah terbukti bagus,pengalaman bertambah,trus bisa jalan2 ke banyak negara disana!
    Semoga misi kribonisasi nya terwujud ya ka :)

    ReplyDelete
  14. aku pengen ke belanda sama benakribo! :D

    ReplyDelete
  15. Gue juga mau banget ben ke Belanda! Soalnya gue mau jadi koki dan Belanda itu negara ke dua yg punya pendidikan tata boga yg bagus! Yang pertama masih Swiss sih..
    Tapi setidaknya Belanda lebih deket :P
    Ayo ben, entar kita ketemu dibelanda HUAHAHAHA

    ReplyDelete
  16. wooowwhhh... yg taman bunga warna-warni itu mantep bgt deh. Yuk bang, lari-lari sama saya ;D
    Hehe keren gw juga mau keliling dunia... wuih, mantep abis ya Belanda. Eh bang, yg Paris juga dong :D

    ReplyDelete
  17. walah si ben kalo jadi skolah di belanda pulang2 jadi kumpeni nie.. hahaha..
    keren2 ben..

    ReplyDelete
  18. huoh Sekolah Indonesia Nederland, sekolah bokap gua tuh ben hahaha

    ReplyDelete
  19. jadi tambah pengen kuliah diluar eheee ternyata belanda emang keren .. ngebet deeh pengen kuliah disana hueee

    ReplyDelete
  20. @deatomato, haha iyaa keren yah :)
    hmm itu tiap tahun ada lebih dari 2000 yang masuk sanaa.. iya nih, pengen nyobain, bahasa inggris mah ga masalah lah yaa~ sepak sepik aja hehe :D

    @anonymous, iya bener bangettt bisa jalan2 kemana2 karena eropa yaa deket sama negara2 lain.. makasih yaa! :D

    ReplyDelete
  21. @nengratna, nah ini nih. ini impian yang bagus. coba dicontoh ini yang seperti ini hahaha

    @husna, mau! gue juga mau! ahehe.. waaah gue belom tau tuh tentang yang tata boga! kalo mau ke swiss juga deket kan dari sana :) iya yuk mariii

    @denisaroseno, ahaha asik ya pengen hehe.. paris.. aah gue juga mau ke paris.. pasti asik.. *bayangin fashion fashion fail*

    ReplyDelete
  22. kewl !!
    gw juga mauuu.. :D
    ayo kita sama- sama mengejar mimpi..
    eh jangan lupa komen disini juga yaa
    http://bit.ly/gotobelanda

    ReplyDelete
  23. bence,, i do think u deserve to go there. not just because you're writing is very honest and clever, also because i think u are one of few individual who can actually persuade people with your thoughts!
    i really really feel people (your reader) will be excited to have you sent there to study, and bring home lotsa lots of fun stuffs to read! go bena go!! :)

    ReplyDelete
  24. @gubukmahasiswa, betul! mari sama sama mengejar mimpi, jangan cuma bisa bermimpi, tapi berusaha buat ngewujudin mimpi itu! sip bro! :D

    @bintang, oh wow thank you! yup, i wrote the post not only for the competition, but also to give people motivation about their dreams :)
    anyway thanks a lot for your opinion, im speechless hihi. And yes, i will bring home lots and lots of fun stuffs to read if i got the opportunity to be there! :D

    ReplyDelete
  25. @emond, weeh ga gitu dongg hehee, pastinya gue bakalan belajar banyak dan berbagi disini!

    @anangga, wah gila gaul banget bokaplo lulusan SIN! keren!!!!

    @shahnaz, iyaaa keren yaah.. pengen juga kaaan hehee :)

    ReplyDelete
  26. gilee.. ulasan kamu ben lengkap bener.. hehe

    ReplyDelete
  27. uniknya blog ini :)
    selamat berjuang ya utk kuliah di Belanda ..

    ReplyDelete
  28. mau banget sekolah disana, apalagi saya punya kakek disana.jadi siapa tau kalo bisa sekolah disana punya kesempatan buat ketemu kakek saya yang pertama kalinya dan mungkin terakhir.hehehehe.
    jadi semangat bgt buat belajar rajin biar bisa kesana!

    ReplyDelete
  29. Aduh, ben. Gue sih pengen ya jalan2 ke belanda, tapi kalo di suruh sekolah yaaa... duh.. SEKOLAH gituloh.

    yah semoga kesampean yah, ben. salam buat orang2 belanda dari gue :-p

    ReplyDelete
  30. nice info :)
    thx for the sugesstion.

    Amsterdam makes u 'thirsty' right??
    Woohooo,
    probably the most panned city of northem Europe.
    be there soon, Bena :)

    ayoo.. ayoo kepala jamurr!!
    kamu bisaaa:)
    ^joged joged^

    ReplyDelete
  31. @shizuoka, ahahaaa yeaah!!

    @- H - , iya dongggg biar lengkaap hehee thanks :)

    @unending dreams, wah makasiihh, iyaaa thanks banget :)

    @yona, wah asiknya kakeknya tinggal disana.. iya kesanaa dong biar bisa ketemu kakek :) sippp semangatt belajar biar bisa keliling dunia pastinya ke belanda!! :D

    ReplyDelete
  32. hey aku juga pgn banget ke Eropa buat belajar. kayanya beda banget dan pastinya asik yah belajar sesuatu yang jaauuuuuhh beda dari budaya timur.

    buat bena, hati-hati culture shock yah! hihiii

    ReplyDelete
  33. sepertinya aku tahu apa alasan kamu pengen kesana..
    pasti yang kena coret di awal cerita ini kan..
    hehe

    ReplyDelete
  34. @shintung, yahhhhhhhhh gapapa kan seru biar banyak temennn nambah ilmu juga gimana atuh tung! amin amin hehehe

    @rzqpsptasari, yup! hehehee.. panned itu apa yah? ahahaa.. sip amin amin makasii ehehe

    @mahacakrie, betul pasti beda banget belajar sesuatu yang beda banget dari sini, tapi tetep, ambil sisi positifnya dari perbedaan itu :D sipirili makasi lhoo :D

    @tukang colong, ehm. ssttttt!

    ReplyDelete
  35. kampusnya keren banget yaa.. berasa ke jaman baheula.. aah.. eike jadi pengennnn

    ReplyDelete
  36. gue pengen juga kesana
    tpi susah ya kayanya...

    By the way buat Bena,
    makasih loh udah mampir di blog gue kemaren.

    GUE MAU KOK GAMBARIN LO.

    ReplyDelete
  37. wew.. enak ya ke belanda, ntar ah cari info.. siapa tau gw bisa dikirim studi banding kesana.
    jalan-jalan gratis!

    ReplyDelete
  38. wiii makasih udah mampir ke blog ku kak!

    i like this post about belanda, fotonya keren2 hihi

    ReplyDelete
  39. rencana kribonisasi lo terlihat menyeramkan bang -___- dengan foto lo yang menganga di peta tujuan masterplan kribonisasi, sumpah ngeliatnya degdegan berasa akan datang pertanda buruk..
    btw belanda selalu menarik ya :)

    ReplyDelete
  40. @hellga, ayooo ayooo :D

    @ridu, iya bener, bangunannya emang kayak gitu hohoho yukk ksanaaa kopdar haha

    @andudei, yaa kita harus berjuang meraih mimpi2 kita!!! :D sippp gambarin ya! :D hahehaheh ditunggu! kabarin oke hehee

    ReplyDelete
  41. waaaahh..mantap mantap.. selamat ben, anda telah berhasil menghipnotis saya untuk menyukai belanda juga. hahaha.. kacau dah...

    ReplyDelete
  42. aaah semoga kesampaian ya, ben buat studi ke sana.
    gue bakal nungguin undangan kopdar di belanda deh. hhahaha :D
    pengen banget ke taman bunga tulipnyeeeeeeee :o

    ReplyDelete
  43. semoga misinya kak bena kesampean, sambil belajar tebar benih rambut :)

    ReplyDelete
  44. http://goo.gl/l6sy yang aku juga ada bang benaaaaa

    ReplyDelete
  45. jadi pengen sekolah dibelanda juga deh.... vidio nya dapet banget tuh waaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  46. walah ben, ada ada aja kamu, sekolahnya oke, yang lain lain bikin ngakak haha

    ReplyDelete
  47. waaah , kenapa engga sekalian ngejajah aja bang ? kan sebagai bales dendam orang tua kita , jadi kalo uda menang , trus bang bena jadi pemimpinnya jadi gampang tuh mengkribonisasi masyarakatnya hahahah

    ReplyDelete
  48. manteeeep. ayo kak, berjuang raih cita cita tinggi ke utrecht! jadi orang pinter sukses trus berguna buat indonesia *ea* semoga aku bisa kesana juga aaamin

    ReplyDelete
  49. sambil kuliah enaknya coba kerja sendiri..
    jualan es cendol di duinrell kayaknya lumayan tuh!
    :)

    ReplyDelete
  50. @presyl, naaah ayo ayo kita sama2 cari tahu biar bisa ke belanda! hore! :D

    @dhia, iyaaa sama sama hehee.. yup keren2 yah! :D

    @ocky fajzar, terlihat menyeramkan kayak mau perang ya hahahaa .. kan bcandaan sok serius aja hehee.. iya belanda menarik! :)

    @tir, amin amin hehee. iyaaaaa seru rame2 kopdar disana terus jalan2 gitu asik hehee

    ReplyDelete
  51. saya juga maauuu, klo saya pengen di tetangganya Belanda, JERMAN :D

    sejak SMA, wktu kelas 3 belajar Deutch pula jadi making mupeng.. hehehhh

    ReplyDelete
  52. gue juga mau ben ke belanda. pasti asik deh! :D

    ReplyDelete
  53. @anonymous, makasii banget :) iya dong hehe

    @nengratna, siapp! :D

    @anonymous, iyaaa seneng banget ya rasanya.. feelnya dapet banget :)

    @inuel, ahahaa.. tapi dapet kan maksudnya? hehe :)

    @achiell, ahahaha, kan itu cuma becandaaa maksudnya biar gue bisa mengeksplorasi semua negara eropa nanti sembari nyebar pesona rambut ehehe

    ReplyDelete
  54. kirain cuma india ja yg punya taman bunga
    mau juga ksana
    *ngumpulin ongkos dulu hahahaha*

    ReplyDelete
  55. gw lebih memperhatikan rambut lu daripada tulisannya hihi...

    ReplyDelete
  56. kuliah di luar negeri mang keren yach... eh dah tw blm, ada bukaan tu ke Belanda. beasiswa apa y namanya kemaren? duh lupa lagi. selain nufic ada satu lagi yang lagi buka. ga riber syarat nya. toefl jg cuma minta 500. aduh apa y namanya lupa....
    Qt ketemuan disana ya...

    ReplyDelete
  57. @chyntiaaryanti, haha iyaaa dongg semoga kesampean amin ;) wah harus berguna dong buat semuanya :) iyaa amin amin

    @momod, wuih bener tuh kerja juga dong jadi makin nambah banyak pengalamann aheheh wahaha cendolssss segerrr

    @diah, jerman juga manteppp, eropa lah yaa eksperimen disanaa :D

    @fizela, yukkk!!! pasti asik! :D

    ReplyDelete
  58. XD enak bgt kalo sekolah di belanda.
    jir, di singapore gua cuma ngomong bahasa inggris itu doang.

    -_- ketemu org vietnam yg ngeselin lagi (dan harus hidup setahun di kamar yg sama, mampus ga tuh -__-)

    bleh

    great blog anyway :))
    keep it up. :))

    ReplyDelete
  59. xixixixi...baru liat sekilas blog maz ben ajah si daku udah ngakak, aseli lutchu ples unik pisan, pas baca isinya, seett daah nambah ngakak gue...btw selamat yaah jadi salah satu nominator pemenang kompetiblog :D

    keep on writing kriwil bro :D

    ReplyDelete
  60. hooiii, sesama kribo...(kalo rambut gw dipanjangin)

    keren bro tulisannya, pantas masuk 15 besar di kompetiblog2010, selamat ya...

    salam kenal, dari sesama peserta kompetiblog2010

    ReplyDelete
  61. lucu banget!!!!!!!!!!! suka deh sama tulisannya. sesama kribooo saya doakan anda bisa ke belanda.. kalo bisa saya ikut heeh

    ReplyDelete
  62. @kachy mara, haha iya donggg disana juga adaaa :) ayo ayo ayo :D

    @suci, owohh terlalu mengalihkan perhatian ya? hahaha

    @study, waah belom tauuu, yuk yuk kita ketemuan disana ajaa haha :)

    @noppi, ya kan sama disana juga pake bahasa inggris kok.. di kampusnya sih gatau di sekitarnya hehe.. wah, kakak gue juga pernah kayak gitu tuh hahaaa take care ya! :) thanks anyway :D

    @naota, ahahaa yang bener niih ahh masa siihhh hehehe.. makasi lho yaaaa :D

    @ramadoni, sippp mabrooo :D sama samaaaa goodluck :D

    @rizky amelia, ahaha makasi banyak yaaaa gimana tertarik donggg pengen ke belanda juga hehee.. amin amin yuk mariii :D

    ReplyDelete
  63. wahh,,,honestly saya ngakak2 baca postingan ini,,sukaaaaa.. :)
    hmm,,coba kalo bisa ke Belanda ber-15..,,pasti seru banget y?hehe//gud luck!
    btw..sekalian,,saya maniak Mr Sherlock nih,suka ngamatin orang dari ujung rambut mpe ujung kaki,,^^ n analisis lo di postingan ttg SherlHolm boleh jugaa,kpan2 kita diskusiin ya! siapa tau bisa nerbitin tutorial jd detektif/;p

    ReplyDelete
  64. asik euy ke belanda

    apalagi ladang kincirnya itu.beuh

    ReplyDelete
  65. gue di belanda skarang. .dan merasakan ggimana kehidupan pelajar di belanda lho. .

    Mostly yg lo tulis bener, tapi banyak juga aspek2 yg minus yg bkin mahasiswa indo kangenn skali buat pulang lho

    Buat yg tertarik kuliah di belandaa, pkirin uang kuliah nya juga lho. .nggak lagi ditanggung sm pemerintah. .minimal 8ribu euro stahun buat bachelor. .huu ngeri yaa. .tapi buat yg mau kerja keras dan part time abis2an, dijamin hidupnya cukup!

    Buat yg s2, bisa contact NESO, buat s1, sayang di neso mereka kurang ngurusin, jd kita mesti jungkir balik sendiri daftar2 dan kontek2an skolah


    caiioo pelajar indonesia!!
    :)

    ReplyDelete
  66. utrecht....pengen banget gw ksana :3

    ReplyDelete
  67. hmm,, belanda kereen kaa,,..
    aq doa in biar misinya berhasill,, chayooo #gayacherr :D

    aq juga punya misi lulus kuliah nanti pengen nyari beasiswa untuk kuliah s2 keperawatan disina,, doain juga yach ka

    ReplyDelete
  68. Buat yg tertarikDiablo 3 Itemskuliah di belandaa, pkirin uang kuliah nya juga lho. .nggak lagi ditanggung sm pemerintah. .minimal 8ribu euro stahun buat bachelor. .huu ngeri yaa. .tapi buat yg mau kerja keras dan partGW2 Gold time abis2an, dijamin hidupnya cukup!

    ReplyDelete

Silakan bebas comment :) Promosiin blog sendiri di dalam comment lebih baik daripada nyebar Spam di dalam comment box blog orang. I really appreciate it! :D | Pake code seperti :mikir: :kaget: :shock: :cium: :bengong: :upil: :ngantuk: :haha: :huahaha: :metal: :nangis: :sip: :malu: untuk memakai #Benamoticons!