////////// Benablog - Cerita Si Benakribo \\\\\\\\\\

Earth Hour


Om Bumi.

Pada suatu hari ...

Bena : 'om, bagi airnya om, dikit aja, dikiit'
Om Bumi : 'yah, ben, gw aja udh kering begini, lu masih minta..'
Bena : 'yaah si om, buat cebok nihhh..'
Om Bumi : 'gausah cebok sekali2 gpp kok ben..'
Bena : 'eh buset, ini masi ada choki-chokinya om! bole ya om yaa??'
Om Bumi : 'pasrah aja om, mah.. yaudah dahh ni dikit aje yee, cepet eh bau'

----------------------------------------------------------------------

Om Bumi : 'beeeenn.. benchaayy toloong!!'
Bena : 'knp om? om? '
Om Bumi : 'om kepanasan, benn.. aduuuh gerah deh eike'
Bena : 'ya sama om, gue juga'
Bena : 'trus gimana dong? kipasin? sini2.. uuu om cayaang.. '
Om Bumi : 'ngga ben, matiin doong itu listrik2 yg ga kepake..'
Om Bumi : 'aduuh eike berasa mo metoong deh (mati) saking gerahnyaa'
Bena : 'yah.. om.. jgn doong.. jgn tinggalkan daku..'
Om Bumi : '------------------------------------------'








NAH!




Sebelom mulai, liat dulu nih
video gue buat semua orang yang baca :


Naah, tapi bukan berarti itu aja yang bisa kita lakuin buat Si Om Bumi. Masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan, dimulai dari kebiasaan kita sehari-hari, yang gue tunjukin tadi cuma sebagian kecil dari yang bisa kita lakukan buat Si Om Bumi.

Ngerasa ga sih, blog gw tiba2 jadi orange memanas gitu? knapa ga ijo?
Ijo itu saat bumi masih ijoo, masih suburr.. Sekarang si Om Bumi udah mulai berumur, udah makin keringg, makin keriputt ..

Kita semua tau keadaan om bumi semakin lama semakin memburuk, hal utama yang hampir semua orang tau adalah masalah Global Warming atau Pemanasan Global.

Okay, kali ini gue mau ngomong agak serius dikit, tapi it's okay, santay aja boy, ga semua hal yang serius itu ngebetein, semua bisa dibikin fun kok. :D

Global Warming, itu kata-kata yang sering banget kita denger dimana-mana.

'Apaan sih global warming? gue belom pernah denger tuh!'

Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan om Bumi. Selain meningkatnya suhu global di bumi ini, global warming juga bikin perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, punahnya berbagai jenis hewan, dan tentunya kalo es di kutub mencair, bisa-bisa kita kelelep semua.

Gue yakin pasti kalian semua ngerasa kan kalo cuacanya lagi panas, bakalan panasssss banget! baru jalan bentar di terik matahari aja bisa langsung keringetan.

Kali ini, gue hanya bisa mengharapkan sebuah perubahan, sebuah langkah kecil yang bisa dilakukan oleh setiap individu untuk bersama-sama memelihara dan mencintai tempat tinggal kita.. Om Bumi.

Ini dia ..




Liat video ini yah, sebentar aja kok :D



'apaan tuh earth hour? jamnya om bumi?'

Yup. 60 menit untuk si Om bumi, itu lebih tepatnya. Earthhour awalnya adalah sebuah kampanye penduduk Sydney, Australia, untuk matiin lampu di tempat mereka dalam rangka mengatasi Global Warming. Earthhour udah berkembang menjadi salah satu kegiatan terbesar bagi perubahan iklim.

Earth hour pertama kali dijalanin tanggal 31 Maret Tahun 2007 di Sydney, Australia dengan partisipasi 2,2 juta orang yang matiin lampu mereka untuk 1 jam aja.

'apa sih yang kita dapetin dengan matiin lampu 1 jam aja?'

Dari hasil research yang mereka lakukan, dengan mematikan lampu 1 jam saja, itu bisa memotong konsumsi energi sebanyak 10,2% dan itu sama dengan tidak adanya 48.000 mobil dijalan untuk satu hari (di Sydney).

Satu tahun setelah Earth Hour pertama tahun 2007, Earth Hour udah ngga lagi jadi event local, tapi udah jadi global, yaitu dengan lebih dari 50 juta orang di 35 negara ikut berpartisipasi di Earth Hour 2008. Simbol-simbol dunia seperti Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Colosseum di Roma, bahkan Bill Board Coca Cola di Times Square, semua berdiri dalam kegelapan, sebagai simbol harapan bagi global warming yang semakin memburuk tiap jamnya.

Di tahun 2009, tanggal 28 Maret, orang-orang di seluruh dunia bakalan matiin lampu untuk satu hari. Target mereka adalah untuk mencapai 1 miliar orang dan lebih dari 1000 kota yang ikut dalam aksi global ini untuk menunjukan bahwa tidaklah mustahil untuk melakukan aksi terhadap global warming. Lebih dari 64 negara akan berpartisipasi di Earth Hour 2009.

Earth Hour adalah pesan untuk sebuah harapan dan pesan untuk sebuah aksi. Setiap orang bisa membuat perubahan.

.
.
uhh so sweet, jarang-jarang gua bisa ngomong gini nih.

Dari video dan tulisan yang udah kalian liat diatas, gue berharap kalo Indonesia, terutama kota Jakarta bisa serius untuk ikut Earth Hour ini. Emang sih, mungkin bisa berbahaya kalo di Jakarta, lampu mati semua dalam 1 jam, maling-maling pasti bakalan berkeliaran dimana-mana, tapi apa salahnya mencoba? Matiin lampu bukan berarti ga ngejaga keselamatan kan? Tetep harus hati-hati dong demi hal yang kita lakuin buat Om Bumi kita tercinta ini ^^

Mau jalanin Earth Hour kalian sendiri?

Ini ada petunjuknya gimana cara kita bisa ikutan Earth Hour di tempat kita sendiri. Gampang kok! Run your own Earth Hour.

bukan berarti ini dijalanin kalo waktunya Earth Hour aja, tapi justru dengan langkah awal earth hour ini, seharusnya gaya hidup kita berubah dengan menjadi lebih hemat listrik, dan lebih hemat segala-galanya. Gue berdoa semoga Om bumi baik-baik aja. :)

Aku Cinta m Bumi.


Kompetisi Website Kompas MuDA - IM3 - www.mudaers.com
Images and References : Google Wikipedia www.EarthHour.org
Potograper ama kameramen : Enad
Supported by : Fairfax Media - WWF - Kompas Muda

2 comments:

  1. Tumben loe pintar Ben. Btw: "choki-chokinya" masih nempel gak???

    ReplyDelete

Silakan bebas comment :) Promosiin blog sendiri di dalam comment lebih baik daripada nyebar Spam di dalam comment box blog orang. I really appreciate it! :D | Pake code seperti :mikir: :kaget: :shock: :cium: :bengong: :upil: :ngantuk: :haha: :huahaha: :metal: :nangis: :sip: :malu: untuk memakai #Benamoticons!