Loading...

Tutorial Akun Instagram dan Email Kamu Aman Dari Hacker!

Hi Guys, back with your GEEK  @benakribo! Kalo kemaren gue share tips supaya kita nggak kemakan pancingan dari hacker, nah sek...



Hi Guys, back with your GEEK @benakribo!

Kalo kemaren gue share tips supaya kita nggak kemakan pancingan dari hacker, nah sekarang gue mau share caranya supaya akun Instagram kita aman, dan juga email yang kita pake untuk Instagram (atau socmed lainnya) juga aman. Totally secured, 99.9% approved by Benakribo.

Karena social media yang lagi ngehits banget itu Instagram, jadi gue share tips ini yang memang spesifik untuk pengguna Instagram ya. Let's get started!

Ada 2 hal yang harus kita lakukan:
- Amanin Akun Instagram.
- Amanin e-mail.

A. Amanin Akun Instagram!

1. Buat password akun Instagram lo seribet mungkin.
Yang gue saranin adalah minimal 13 karakter dengan campuran huruf gede, huruf kecil, dan angka, malah kalo bisa pake simbol sekalian. Dengan begitu, hacker yang menggunakan teknik 'brute force' atau 'mencoba segala kemungkinan password' bakalan butuh ratusan tahun buat ngebuka akun lo.

Contoh:
- 1nst4gr4mgu3p4l1ng4m4n (Nice)
- M4s1hsayangmantan (Lumayan)
- bena040895 (Bad Password)
- 040294 / tanggal lahir (Bad Password)

2. Aktifin Two-Factor Authentication
Gunanya adalah, jadi saat lo login akun Instagram, bakalan ada code berupa 6 digit yang bakalan dikirim ke nomor HP lo. Lo masukin nomornya, baru deh bisa login. Jadi kalopun passwordnya ketahuan orang lain, dia nggak akan bisa masuk kalo nggak megang HP lo. Jadi, jangan sampe HP nya ilang ya sekarang!

Caranya tinggal ke Settings > Two-Factor Authentication. Lalu pilih Require Security Code, ubah jadi ON. Nanti tinggal masukin nomor HP, terus ditest dulu HPnya aktif apa nggak.






3. Simpen Backup Codes
Nah, kalo-kalo nih amit-amit HPnya juga hilang dan akhirnya lo nggak bisa pake Two-Factor Authentication, lo bisa pake Backup Codes ini.



Isinya adalah beberapa codes yang hanya lo bisa pake 1x / code. Dipakenya juga disaat darurat aja disaat lo nggak bisa akses HP lo untuk nerima security codenya. 


Cara pertama selesai, kalo udah, sekarang dijamin Instagram lo udah lebih aman! :D


B. Amanin E-mail!

Biasanya, kalo hacker berhasil masuk ke dalam akun Instagram lo, dia bakalan langsung ganti password dan ganti email lo.

Kenapa?

Karena kalo emailnya diganti, nanti begitu lo mau login ternyata nggak bisa, dan abis itu lo klik forgot password, email untuk reset password akun Instagram elo akan masuk ke emailnya si hacker, nggak masuk lagi ke email asli lo. Disitulah saat-saat lo hanya bisa pasrah.

Sebenernya masih bisa diselamatin kalo elo bener-bener standby ngeliatin email. Karena begitu ada request ganti password, apalagi ganti email, Instagram pasti akan ngirimin email konfirmasi dulu ke elo. Kalo lo lama nggak respon, email dan password tersebut bakalan keburu diganti sama si hacker.

Okeh, anggep aja kita nggak mau kena skenario di atas tadi, sekarang cara yang paling bener adalah amanin emailnya aja.

Gimana caranya?

1. Gue saranin untuk pake Gmail. Kalo elo pake email lain, coba cari fitur yang akan gue jelaskan di sini ya, karena basically konsep security-nya sama.

Buka email Gmail kalian > klik avatar kalian yang ada di atas kanan > klik My Account.



2. Pilih menu Sign In and Security



3. Di bagian Signing in to Google, ada yang namanya 2-Step Verification. Klik disitu.


4. Lo akan diminta untuk masukin nomor HP, nah ini mirip kayak Instagram tadi, tapi ini versi Email aja. Masukin dan nanti lo akan dikirimin code.


5. Kalo udah, selesai deh, sekarang setiap lo login ke Gmail, bakalan ada code yang dikirim ke HP lo, itu yang bakalan dipake untuk bisa login. Jadi pastiin HPnya selalu dibawa kemana-mana ya.

Kalo misalnya HPnya nggak ada gimana bang? Ilang juga gitu misalnya?

Ya ampun kasian amat sih ilang mulu. Ada beberapa cara sebenernya selain dapetin code tersebut via SMS.

1. Via Google Authenticator App
Ini adalah cara alternatif selain dikirimin code untuk login. Kalo pake aplikasi Google Authenticator App ini, nggak perlu pake sinyal. Tinggal buka appnya, nanti masukin code yang ada disitu yang bakalan ngerefresh setiap 10 detik. Cara pakenya dijelasin langsung kok di situ, tinggal baca aja, download aplikasinya, scan QR-codenya.


2. Via Google App
Ini juga cara alternatif untuk login ke Gmail lo. Cuma butuh sinyal. Jadi caranya tinggal aktifin aja Google Prompt di halaman 2-step verification tadi, terus download aplikasi Google App, lalu Sign In. Nanti begitu udah diaktifin, setiap lo mau login ke Gmail, akan muncul notifikasi di HP lo, terus tinggal klik aja YES untuk login.


3. Backup Codes
Cara kerjanya sama kayak Instagram. Kalo-kalo semuanya nggak bisa diakses, caranya adalah pake Backup Codes ini sebagai pengganti password, lo akan bisa langsung login ke gmail. Tapi inget, backup codes ini cuma bisa dipake sekali, tapi codes yang dikasih sama Google ada banyak kok, dan bisa ditambah juga backup codesnya.


Oiya jangan lupa juga password emailnya harus ribet juga ya, seribet password Instagram tadi.


Yah, kira-kira begitu guys cara untuk mengamankan Akun Instagram dan Email kalian. Semoga setelah ini nggak ada lagi orang-orang yang ke-hack atau kepancing sama hacker. Kalo ada pertanyaan, boleh langsung tulis aja di komen di bawah ya. Kalo ada yang kurang juga boleh banget kalian tambahain di bawah.

Semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat, tolong di-share ke temen-temen kalian supaya nggak kena hack. Hack itu nggak cuma kena ke orang yang followersnya banyak aja, yang followersnya sedikitpun juga bisa kena lho, jadi semuanya harus waspada ya!

Baca juga tulisan gue tentang Instagram di sini:
- Tips Akun Instagram Anti Hack
- Tips Akun Instagram Bebas Spam, Bebas Akun Jualan


Benakribo signing out,
Ha Ha Ha HATCHU!





tech 9164644232920261117

Post a Comment

  1. halo bang bena. keren banget dah blog nya. kebetulan temen2 gue banyak banget yg dihack. nanti bakal gw share tulisan lo disini. btw di android gk ada fitur twi factors authentiaction. gmna ya bang apa ada info lain? thanks

    ReplyDelete
  2. bang, ane punya temen akun ig nya uda ke hack. gimana ya cara balikinnya?

    ReplyDelete
  3. Makasih banyak bang.. serius ini ngebantu banget.. nanti kucoba ��

    ReplyDelete
  4. infonya keren ni,,berguna banget apalagi yg jualan online melalui Ig..
    nanti ku coba deh,,
    serius bank makasi udh di kasih kemudahan,,
    di tunggu infonya yg lain..

    ReplyDelete
  5. THANK YOU :)
    http://mixsciencems.blogspot.co.id & http://understandsick.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Silakan bebas comment :) Promosiin blog sendiri di dalam comment lebih baik daripada nyebar Spam di dalam comment box blog orang. I really appreciate it! Thank you! :D

emo-but-icon

Home item

My Steller Stories

Random Posts

Blog Archive

My Clothing Line

Statistics