Loading...

[TIPS] Menulis Judul Video Youtube yang Tepat dan Efektif!

Hi guys, i'm your GEEK @benakribo. Kali ini gue pengen share sedikit dari pengalaman yang udah gue punya selama bertahun-tahun ...


Hi guys, i'm your GEEK @benakribo.

Kali ini gue pengen share sedikit dari pengalaman yang udah gue punya selama bertahun-tahun di Youtube. Kali ini gue mau bahas soal menulis Judul Video.

Gue akan share beberapa hal basic, dan beberapa contoh kasus.

Basic-basic menulis judul video di YouTube:

1. Tulis judul dengan pemilihan kata yang menarik, supaya semakin membuat orang ingin klik. Tapi jangan sampai misleading content (artinya: yang ditulis di judul tidak ada di dalam konten)

Contoh:
Misalnya lo membuat sebuah video vlog liburan ke bali yang dimana lo kesana bareng sama sahabat-sahabat lo, liburan seminggu ke beberapa tempat wisata yang seru, ke pantai, snorkling, sampai bungee jumping, dengan budget yang minim banget.

Judul yang bagus seperti apa?
- VLOG Liburan Ke Bali Sama Sahabat (kurang menarik)
- BUNGEE JUMPING DI BALI! (menarik, pastiin ini jadi highlight di dalam videonya)
- Seminggu Di Bali Modal 500 Ribu! (menarik, bikin orang penasaran terutama traveler)

2. Beberapa kata pertama di awal itu sangat penting.

Kenapa?

- Kata-kata di awal judul akan more likely to be found in search daripada menaruh kata-kata terpenting di bagian belakang judul.
- Orang-orang nonton YouTube itu dari berbagai device. Ada yang mulai dari layar gede, sampe layar sekecil-kecil jempol. Kalo device kecil gitu, saat dia buka YouTube, bisa jadi judul video kalian itu kepotong dan hanya tampil beberapa kata awal aja, that's why kata-kata di awal judul itu sangat penting.

Contoh:
- Benazio Cover Sorry by Justin Bieber (oke jelas, tapi kata pentingnya di belakang); lebih baik,
- Justin Bieber - Sorry (Cover by Benakribo)

Kenapa gitu?
Karena sudah sangat jelas orang-orang akan search lagunya Justin Bieber dengan keyword pertama yaitu 'justin bieber sorry'.

3. Judul buat video series

Banyak dari Youtuber yang bikin series di channelnya. Mulai dari VLOG, series tutorial dan semacamnya, sampai berepisode-episode. Nah, ini ada tipsnya juga lho, supaya bisa lebih enak dibaca, lebih gampang dicari orang.

Contoh:
- [VLOG #23] Nonton Bareng Sama Mantan
- Nonton Bareng Mantan - VLOG #23

karena kata-kata VLOG akan berulang-ulang terus setiap video vlog yang baru, jadi lebih baik ditaroh di bagian belakang judul. Jadi tetap fokusin judul yang menarik terutama di 2-3 kata pertama.

Contoh:
- Liburan di Jogja - Episode 1
- Liburan di Jogja - Episode 2
- Liburan di Jogja - Episode 3 FINAL

Daripada kayak gitu, akan sangat boring karena judulnya sama semua, yang berubah hanya nomor episodenya doang. Belom lagi kalo yang nonton dari hp dengan layar segede jempol, bisa jadi yang keliatan cuma "Liburan di Jogja - Epi..".

Nah makanya lebih baik untuk memberi judul yang berbeda setiap video. Kalo ada nama seriesnya, taro di bagian paling belakang aja, begitu pula dengan nomor episodenya.

Tips tambahan:
- Banyak banget Youtuber yang sering pake CAPSLOCK buat judul videonya. Sepertinya ini halal diaplikasiin di YouTube, dan menurut gue memang most of the time kalo emang judul/kontennya menarik banget, akan sangat ngena banget ke penonton yang ngeliat judul tersebut dengan CAPSLOCK.

Kesimpulan:
Judul itu penting banget, perlu dipikirin bener-bener, jangan asal taro judul. Jangan sampe kalian udah bikin konten niat banget, bagus banget, tapi judul dan thumbnailnya nggak oke. Sayang banget. Menurut gue ini mempengaruhi juga isi konten kalian, that's why menurut gue STORYTELLING sangat penting. Kalo video yang kalian bikin (misalnya vlog) yang Storytellingnya sudah sangat oke, jelas, apalagi visualnya bagus. Bisa langsung aja taro highlight story dari videonya untuk dijadiin Thumbnail dan Judul.

Sepertinya segitu dulu aja sharing dari gue, ternyata lumayan panjang juga ya, hehe, nggak kerasa ini udah mau jam 12 malem dan masih mau lanjut ngedit video dulu hehe. Semoga next time bisa sharing tips lagi di forum ini.

Tips ini sesuai dengan pengalaman gue ya, kalo dirasa bermanfaat silakan dicoba, kalo ada yang kurang, yuk kita diskusiin lebih lanjut :smileyhappy:

Follow social media accounts gue supaya nggak ketinggalan update baru:
Twitter/Snapchat: @benakribo

Benakribo signing out,
Ha Ha Ha HATCHU!





youtube 1003462388688081403

Post a Comment

  1. Youtube tuh ada SEOnya kah? Terus gimana cara punya iklan di Youtube channel kita? bahas dong dong dong

    ReplyDelete

Silakan bebas comment :) Promosiin blog sendiri di dalam comment lebih baik daripada nyebar Spam di dalam comment box blog orang. I really appreciate it! Thank you! :D

emo-but-icon

Home item

My Steller Stories

Random Posts

Blog Archive

My Clothing Line

Statistics