Saturday, January 31, 2015

Recommended Website untuk Download Free Fonts

Percaya nggak percaya, font yang kita pake untuk ngetik skripsi, bikin judul jurnal, poster di mading, dsb, itu punya makna sendiri-sendiri lho. Ada font yang bikin happy ngebacanya, ada juga yang penuh misteri.




Ada yang gampang dibaca, ada juga yang ribet banget ngebacanya.


Semua punya fungsi masing-masing. Nah, setelah nanya sana-sini, gue akhirnya punya kesimpulan kalo 3 website ini penting banget buat nambah koleksi per-font-an kita biar makin kreatif dan 'beda' dari temen-temen yang lain :D

3 website paling recommended buat download free font 
1. Dafont (www.dafont.com)
Dafont ini udah paling the best deh. Kamu bisa tinggal search font sesuai kategorinya, dan kamu juga bisa langsung tes kalimat buatan sendiri. Lumayan lengkap dan user friendly banget.

2. Behance (www.behance.net)
Website ini sebenernya kumpulan portfolio para desainer mulai dari graphic design, typo, sampe photography. Nah, para desainer ini kadang ngebolehin hasil karyanya di-download. Buat yang mau agak repot sedikit, kamu bisa nemu banyak font 'anti-mainstream' di Behance.

3. Google Fonts (www.google.com/fonts)
Agak beda sedikit nih, Google Fonts adalah tempat cari font untuk website kamu. Jadi semua font disini adalah website-friendly. Buat kamu yang punya blog atau website pribadi, bisa cari font pilihan kamu disini, caranya cuma copy-paste kode html aja kok.

Cara install font yang baru di-download
Windows: Klik Start > Control Panel > Appearance and Personalization > Fonts. Lalu klik File > Install New Font > cari dan klik font baru kamu (.ttf atau .otf).

Macintosh: Buka Finder. Di sidebar, klik nama Device kamu (Macintosh HD) > Library > Fonts. Drag font baru kamu (.ttf atau .otf) ke folder Fonts ini.

Cheat sheet
• Ada 2 basic font type, yaitu serif dan sans serif. "Serif" adalah jenis font yang di tiap ujungnya ada garisnya, font jenis serif ini bikin tulisan jadi terlihat formal dan lebih serius. Nah kalo "Sans Serif" kebalikannya, font jenis ini nggak punya garis di ujung-ujungnya. Jenis ini akan bikin tulisan kamu terlihat casual dan lebih santai.


• Suka liat font di judul-judul film terkenal kayak Harry Potter, The Simpsons, atau Twilight? Nah itu semua download-able kok! Langsung search aja "harry potter fonts" di Google!

Trivia!
Saat download font, kamu akan sering banget lihat tulisan " A quick brown fox jumps over the lazy dog" atau "Grumpy wizards make toxic brew for the evil Queen and Jack", kenapa? Nah, kalimat-kalimat ini disebut juga "pangram", yaitu kalimat yang punya semua huruf (dari A sampai Z), gunanya supaya kamu bisa lihat look and feel-nya font yang akan kamu download.

benablog.com - life journal, what's trending and everything youth need to know.
Share:

13 comments:

  1. Kalo gue paling sering donlot di Dafont, Bang. Keren2 soalnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang paling sering sih orang emang download di dafont, soalnya tiap kita cari font biasanya dia nonton di halaman pertama google sih heuheu

      Delete
  2. gue downloadnya di dafont, 1001font, 1001fonts (pake s ama gak pake s beda)

    ReplyDelete
  3. dafont mulai jaman alay sampai tobat gue mah, download nya di situ terus :sip: hehe
    nice info bang bena, terus posting blog nya ya bang biar blogger pemula kayak gue bisa semangat dan termotivasi terus buat ngeblog nya :upil: cau !

    ReplyDelete
  4. mantap nihh, baru tau kalo sans serif itu berarti yang ga gitu formal dan serif itu kebalikannya hahaha..
    makasih bang kribo , semoga semakin kribo ya :p

    ReplyDelete
  5. ane sering ke webnya dafont bang, disana lengkap deh!

    ReplyDelete
  6. bang, kalo blog gw belakangnya masih blogspot.com, bisa ga? hehehe
    -tengkyuuuuhhhh

    ReplyDelete
  7. bang, klao blog gw belakangnya masih blogspot.com, bisa ga? hehehe
    tengkyyuuuhhh..

    ReplyDelete
  8. paling suka download di dafont :D

    ReplyDelete
  9. makasih bang akhirnya ada pencerahan juga masalah font

    ReplyDelete
  10. bang itu font yang paling atas " aku lagi happy" nama font nya apa?

    ReplyDelete

Silakan bebas comment :) No SPAM Please. Thank you!