Loading...

Ada Dinosaurus Minum Teh?!

Udah kira-kira 5 tahun gue hidup di dunia blogging, dan beragam social media lainnya. Bisa dibilang, social media jaman sekarang juga nggak jauh hubungannya sama dunia advertising. Apa sih arti advertising / iklan buat para pekerja industri kreatif seperti Artis, Penyanyi, Influencer, Blogger, dll? Yup, you should know that :D 

Termasuk gue sebagai Blogger. Nah, sekarang gue pengen share nih tentang iklan yang mencakup gimana pesan si brand bisa nyampe dan nempel ke otak si penonton, dan arti iklan untuk Blogger seperti gue. Semoga semua bisa dapet manfaatnya. :)

Me, personally, adalah termasuk orang yang suka merhatiin iklan-iklan yang menarik. Di sisi lain, banyak orang-orang yang sensitiiiff banget sama yang namanya iklan. Ngerusak acara lah, ganggu lah, dan beragam alasan lainnya. Gue keinget sama postingan Alit yang ini. Memang, iklan itu bisa jadi sumber penghasilan dari sebuah media, blogger, influencer, artis, penyanyi dll. Kalo buat gue, meskipun gue menulis tentang iklan, gue akan berusaha membuat materi tersebut menjadi bermanfaat, atau menarik dan ringan dibaca semua orang. Dan dari hasil yang gue dapet, biasanya gue kembalikan lagi ke blog, untuk bikin giveaway gratisan, quiz, kompetisi, atau buat bayarin biaya operasional blog  (domain dan hosting) ini supaya tetep bisa dibuka 24 jam meskipun saat rame pengunjung. Kalo kata Alit, "Karena berbagi, tak pernah rugi" #justlikethispost #bloggerjugabutuhmakanhehe

Gue juga selalu suka liat iklan dari beragam jenis dan produk. Tiap iklan, mau di televisi, youtube, twitter, blog dan media apa aja dibuat dengan persiapan yang sangat matang, nggak bakal asal-asalan. Logikanya, brand nggak akan mempercayakan si media tersebut buat naro iklannya kalo dia asal-asalan kan bikinnya?

Setiap iklan pasti punya tim kreatif. Gimana caranya menyampaikan mau dan maksud dari klien mereka dalam waktu singkat. Iklan kan nggak kayak film yang bisa 2 jam, tapi sebentar banget kan apalagi di televisi. Dan menurut gue, iklan yang keren itu merupakan seni tersendiri.

Masih berhubungan dengan iklan, Negara yang identik punya iklan yang unik dan absurd menurut gue antara Thailand sama Jepang. Tapi gue lebih suka Jepang sih. Gue suka ke-absurd-an mereka yang tak terduga, kita yang nonton juga jadi nikmatin. Karena iklannya jadi hiburan juga buat penonton, bukan sekedar ngiklan.

Gue emang bukan advertising expert disini, tapi gue menemukan beberapa poin yang (menurut gue) bikin sebuah iklan menarik, semoga berguna buat temen-temen yang tertarik dalam dunia advertising, atau kuliah di jurusan advertising :

1. Konsep. Ini jelas ya, konsep lah yang melingkari keseluruhan iklan tersebut. Semakin kreatif konsepnya, semakin iklan itu gampang diinget sama banyak orang.

2. Icon dalam iklan. Nah ini penting sih. Yang namanya iklan yang kita lihat tiap harinya banyak, dan nggak mungkin dong kita bisa inget dengan detail. Maka dari itu, perlu sesuatu yang iconic.

Misal : iklan sampo kuda tapi modelnya gue yang rambutnya kusut. Orang akan langsung keinget : “Itu lho, sampo kuda yang bintang iklannya kribo!”

3. Twist atau sesuatu yang random. Ini juga penting, mungkin iklan dengan alur cerita ada dinosaurus nyerang kota udah biasa, tapi kalo minum bareng dinosaurus nggak kebayang banget kan? random abis kan?

4. Di luar 3 poin di atas, pastinya kalo dalam sebuah produksi sebuah video (termasuk iklan), diperluin orang-orang yang memang sudah berpengalaman dalam bidang ini. Koneksi dan referensi akan orang-orang tersebut sangat diperlukan, seperti memilih sutradara, DOP (director of photography), dan semua crew-crewnya supaya keseluruhan video bisa terealisasikan seperti ide awal.

Dari 4 poin itu, gue menemukan iklan lokal yang menurut gue sesuai sama pendapat gue barusan. Coba liat video-video mereka, ini tvc mereka siih :

1. Sebagai sesama bro kribo, gue mau kasih contoh ini :

2. Yang ini absurd sih, ya kali dinosaurus ngeteh. :))))

Gimana menurut kalian, apa yang menarik dari iklannya Ichi Ocha? Share di comment yuk! Buat kalian yang kuliah di jurusan periklanan, boleh nih share ilmunya juga. Gue kan hanya bicara di mata seorang blogger dan video creator aja hehe. Maaf-maaf kalo ada salah nih. Yuk, belajar bareng! :D
iklan 6195815995296785773

Post a Comment

  1. "Berbagi tak pernah rugi" :3 wehehe
    Dino nyaaa bang :huahaha:

    ReplyDelete
  2. Artikel bermanfaat namun dibawakan dengan ringan :siip: :salut: http://imamabil.wordpress.com

    ReplyDelete
  3. Ternyata yang ngakak dan absurd itu banyak peminatnya bang. *Cara masang emot kek gitu gimna sih*__-?

    ReplyDelete
    Replies
    1. zaman sekarang gitu ya. kalo mau pake emoticon itu pas nulis comment ada caranya kok, pake misalnya : haha : (tanpa spasi antara titik dua) :haha:

      Delete
  4. IMHO, iklan yang berhasil adalah iklan yang bikin yang nongtonnya jadi keinget terus (bisa karena konsep iklannya yang gokil) dan bisa menarik kita untuk beli produk itu (karena dari konsep iklannya yang gokil tadi yang bikin penasaran sama produknya). Itu menurut gue sebagai konsumen dan orang yang gak tau sama sekali dunia advertising.

    ReplyDelete
  5. salut ma blogger yang satu ini :cium: hahaha :D

    ReplyDelete
  6. Pemakain kata yang ringan namun berbuah sesuatu yang bermanfaat

    www.iqbalfauzan.com

    ReplyDelete
  7. membuat iklan dengan waktu singkat memerlukan kreatifitas yang tinggi, saya kasih jempol buat sutradara iklan ini, icon dinonya kuat sekali, pasti anak kecil minta minuman teh yg ada dinonya he he

    ReplyDelete
  8. ajib bangat dah kelakuan lo bro...kualitas iklannya oke lah...menarik dan perlu dihargai lebih nih kreatifitas beginian.

    ReplyDelete
  9. Semoga kualitas iklan di indonesia bisa lebih baik ya, bang biar yang nonotn juga ga kesel tapi malah tambah kehibur hehe 'o')9

    ReplyDelete
  10. Itu iklan teh yang ada Dinosaurusnya di tipi, wkakakakaka konyol abis, merhatiin aja bang iklannya, sebentar lagi si komo yang jadi bintangnya

    ReplyDelete
  11. masih banyak yg lebih gak bermutu... wkwkkw

    ReplyDelete
  12. Lucu iklannya Bang Bena.
    Gue jadi terbuka pandangan tentang advertising/iklan.

    Minta tolong ya readersnya Bena Blog dan Bena untuk membuka postingan ini. Semoga mengerti dan terhibur: http://brainlessimperial.blogspot.com/2014/05/5km-2-semoga-kau-mengerti-by-olan.html
    Selamat membaca

    :haha:

    ReplyDelete
  13. Absurd emang iklannya. Tapi nggak tau kenapa, nyantol gitu di ingatan. Yah, itu menurut gue misi dibalik iklan absurdnya jadi tersampaikan. :)

    ReplyDelete
  14. Postingan yang bagus. Main juga ya ke azizkerenbanget.blogspot,com.

    ReplyDelete
  15. lulu tuh yang dino , apa berasa dino segede gitu minum sebotol teh .hehehe bisa begituhh yah.

    ReplyDelete
  16. :mikir: :kaget: :shock: :cium: :bengong: :upil: :ngantuk: :haha: :huahaha: :metal: :nangis: :sip: :malu:
    http://amar-esa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  17. Iklan itu sebuah kabar gembira lhooo... Sekarang lagi jaman-jamannya iklan mastin.

    athallara.blogspot.com:D

    ReplyDelete

Silakan bebas comment :) Promosiin blog sendiri di dalam comment lebih baik daripada nyebar Spam di dalam comment box blog orang. I really appreciate it! Thank you! :D

emo-but-icon

Home item

My Steller Stories

Random Posts

Blog Archive

Follow My Twitter

My Clothing Line

Statistics