Tuesday, March 25, 2008

Sharing Ilmu !

Lagi-lagi gw pengen posting tentang sesuatu yang berhubungan dengan dunia IT , alias dunia ikan teri Teknologi Informasi . Gw cuma mau berbagi pengalaman gw dalam dunia IT, dimana gw bisa hidup sedikit-demi-sedikit lebih murah atau pengeluaran gw makin kecil karena memanfaatkan dunia IT .

Mungkin buat para blogger, menurut gw sih ini butuh , tapi bukan berarti gw promosi juga, gw cuma berbagi ilmu hehe .

1. M3 / Mentari
Bukan promosi, tapi di dunia ini, internet udah menjadi fasilitas yang sangat dibutuhkan buat semua orang, dan juga buat blogger pastinya, kalo ga ada internet kita ga bakalan bisa ngeblog ato mungkin ga ada yang namanya blog, selamanya akan cuma berakhir di buku diary yang disimpen dalem kandang dirumah . (cahh sok berat bahasa gw kali ini)
M3/Mentari , yang gw omongin cuma masalah Tarif GPRSnya . Yaitu Rp.1/kb dan itu sangat worth it banget buat kita yang suka internetan pake HP. Ini juga berhubungan dengan poin berikutnya .

2. Morange / E-Buddy / ShMessenger / Slick / Instango / Windows live messenger mobile / etc.
Bukan promosi juga, tapi cuma mau ngasi informasi buat yang sering online ato yang suka banget chatting. MSN/Yahoo ato yang laennya bisa jalan di HP lo semua. Masing-masing punya fasilitas yang berbeda dan kelebihan serta kekurangannya tersendiri.
Kalo gw sih ya, gw pakenya Morange.

'Kenapa pake morange ben ? lo suka warna oren ?'

Gw emang suka warna orange , tapi bukan karena itu, Jadi fasilitas morange yang gw suka itu adalah emailnya . jadi sambil kita online messenger, kita bisa cek email alias kalo ada email masuk bisa langsung keliatan dari syapa dan apa (cocok buat blogger yang pengen tau apa ada yang udah ngasi commeng ama belom). Selain itu, sejauh ini sih, morange yang paling murah, cuma kadang-kadang ada masalahnya sendiri di tiap HP. Ada yang suka disconnect sendiri, ada yg kadang kluar sendiri, meskipun selama ini gw baik2 aja pake morange.
Biar lebih jelas, gw online MSN (dari offline jadi online) itu cuma 8kb alias Rp.8, dan kalo gw tinggal tidur malem, paling paginya jadi 70kb alias Rp.70 . murah kan coy ?

'Boleh juga tuh ben, tapi gimana caranya kalo gw mo make morange ? kaga ngarti ane mah !'

Gampang aja, selama lo punya handphone yang bisa 'JAVA' , lo bisa pake morange. buka www.morange.com, join disitu, Dan kalo bisa sih pas isi form 'invited by' .. isi nama gw 'benazio' hehe supaya gw nambah sebulan status VIP nya ..VIP disini cuma fungsinya cuma biar bisa online lebih dari satu Messenger (misalnya : Yahoo ama MSN).
Abis itu, buka ini, download deh .. terus masukin ke HP dan install ..
Kalo mau buka dari HP, buka wap.getjar.com, trus pilih quick download dan masukin kodenya yaitu '7801' buat morange .


3. Opera Mini
Lagi lagi bukan promosi. Biar cepet, ini adalah software HP juga, buat internet dengan harga yang relatif murah . Menurut gw sih pake opera mini ini sampai saat ini masih yang termurah buat browsing di HP. Featurenya bagus, bukanya cepet ! tetep kalo mau murah pake simcard M3/Mentari


4. Cellity Free SMS
Lo ga punya MSN ato Yahoo ? lo cuma seneng SMS-an ? ini pas buat lo.
Cellity SMS, itu kirim SMS via GPRS. Kira-kira kalo nulis SMS puaanjaaaangggg, ya paling mahal juga cuma beberapa Kb, biasa gw cuma 3kb alias Rp.3 . Syaratnya cuma temen2 lo install Cellity SMS ini juga .
Ada yang seru dari ini, Cellity ini kan program di hp, jadi kan males tuh kalo lo buka terus alias ngabisin RAM di HP lo, jadi kalo lo mo tutup programnya ngga apa apa. Karena kalo lo dapet SMS baru, lo bakal di Miskol dari nomer yang aneh yang cuma ngasitau kalo lo dapet SMS baru, so lo tinggal buka lagi programnya dan liat deh SMSnya ! ^^ Tetep pake simcard M3/Mentari biar murah.


5. Telpon Murah (HP-Rumah/HP-HP)
Sejauh ini, setelah gw research, simcard yang nelpon sama SMSnya paling murah adalah '3'. Iya, Three / 3 , jaringan GSM mu. hhe .

'Ah boong lo ben ! kalo ampe boong lo harus kawin ama kambing ! kan sekarang dah pada banting harga, masa sih 3 bisa paling murah?!'

Yaa kalo ini sih menurut gw ya .. 3 itu ada 2 sistem dalam simcardnya . Yang 'biasa' dan yang 'setengah harga'. Kalo yang biasa, itu dia tetep aktifin bonus isi ulang pulsa 3x lipat . jadi kalo isi minimal 30rb, dapetnya 90rb dengan pulsa yang terbagi-bagi (buat sesama 3, pulsa utama, dan pulsa bonus[bisa dipake ke mana aja])
Yang satu lagi, 'setengah harga' dan INI yang menurut gw paling murah . Sistem yang ini ga ngasih bonus pulsa 3x lipat, tapi dia ngasih setengah harga buat nelpon + sms . Keuntungannya kaya gini :

Remember, rata-rata orang nelpon itu cuma 3 menit . Kecuali pacaran ..

-Nelpon ke sesama 3 : itu Rp.75/menit

-Nelpon ke beda operator : itu Rp.500/menit (dimana M3 500/30 detik, XL 2 menit pertama Rp.3000[seterusnya gratis])
-SMS ke sesama 3 : Rp.50
-SMS ke beda operator : Rp.100

Tarif diatas belom termasuk ppn 10% , so tambahin aja 10% nya sendiri ya hhe .

Edited* : Emang sih sinyal 3 itu belom gitu bagus, tapi beruntung kalo hp lo dah bisa 3G, karena sinyal 3Gnya 3 udah bagus banget . hoho .

Well itu aja yang bisa gw share tentang IT dan tentang Hidup yang hemat . hehe smoga bermanfaat buat semuanya ! Makasii !

NB : Semua Software yang gw sebut diatas bisa dicari dan di download di www.getjar.com
Share:

1 comment:

  1. jadi inget pertama kali chatting masih pk mirc trs mxit , bing , morange , terus beralih ke fb sma twitter :p

    ReplyDelete

Silakan bebas comment :) No SPAM Please. Thank you!